10 Alasan Mengapa Corporate Training Harus Diadakan Secara Berkelanjutan

Office Management Feb 19, 2023

Corporate training adalah proses melatih karyawan melalui sistem kegiatan yang mendidik karyawan dengan menggunakan berbagai bentuk program pelatihan dan pembelajaran. Kegiatan dan pelatihannya bervariasi, dan memakan biaya yang relatif bagi setiap perusahaan yang mengadakan corporate training. Meskipun demikian, corporate training akan memberikan nilai lebih bagi perusahaan karena bagaimana pun juga, mengembangkan keterampilan karyawan yang ada sama saja dengan mengembangkan aset perusahaan. Semakin sering dilakukan, maka kualitas para karyawannya pun akan semakin meningkat. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa corporate training harus memiliki berkelanjutan.

1. Mengembangkan Aset

Meskipun pada mulanya tujuan dari corporate training adalah untuk mempersiapkan calon karyawan mereka menjadi karyawan yang handal, namun perubahan-perubahan internal dan eksternal tidak pernah berhenti pasca pelatihan yang dijalankan. Ada banyak tantangan dan permasalahan baru yang membutuhkan perhatian lebih dan kemampuan yang sesuai. Permasalahan yang dimaksud merupakan masalah-masalah teknis yang berhubungan dengan perubahan kebijakan, penciptaan produk baru, perubahan layanan dan lain sebagainya yang belum pernah dilatihkan pada karyawan sebelumnya. Sebagai aset perusahaan, karyawan wajib untuk dikembangkan agar menunjang daya saing perusahaan melalui corporate training.

Baca juga: Inhouse Training: Pengertian, Tujuan, dan Waktu Pelaksanaan

2. Mempertahankan Dan Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Meskipun dengan corporate training para karyawan tidak secara langsung memberikan dampak finansial bagi perusahaan, namun melalui pengembangan yang terjadi pada mereka akan meningkatkan kinerja secara individu maupun per divisional yang mengakibatkan peningkatan produktivitas. Produktivitas tidak sekedar peningkatan penciptaan produk namun juga peningkatan pelayanan, etos kerja, sinergi antar karyawan maupun divisi, dan hal-hal lain yang pada akhirnya membuahkan hasil yang maksimal.

3. Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan

Di perusahaan manapun pasti ada persaingan internal. Namun karakteristik seorang pemimpin sejati adalah bersaing secara sehat dengan kemampuan yang dimilikinya saat ini. Melalui corporate training, para karyawan akan dilatih untuk menjadi seseorang dengan karakter pemimpin yang hebat sehingga mereka mampu mengerjakan tugas-tugas individu maupun kelompok dengan sinergi yang positif.

4. Memberdayakan Karyawan

Tujuan utama perusahaan di seluruh dunia adalah mendapatkan profit atau keuntungan yang maksimal. Namun, untuk dapat mencapainya mereka membutuhkan banyak faktor pendukung termasuk karyawan. Karyawan yang nyaman dan merasa dimanusiakan di perusahaannya bekerja, tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kinerjanya bagi perusahaan, sebaliknya jika karyawan tidak merasa nyaman dan dimanusiakan maka akan membuat kinerja mereka menurun. Oleh karena itu, sebagai manusia yang memiliki hasrat untuk mengasah kemampuan diri, perusahaan wajib untuk memberikan fasilitas tersebut melalui kegiatan corporate training yang berkelanjutan bagi mereka.

5. Membuat Karyawan Betah Dan Berinovasi

Prinsip untuk terus memperbarui karyawan secara terus menerus agar mendapatkan karyawan dengan biaya yang konsisten rendah sudah menjadi rahasia umum. Namun, prinsip semacam ini hanya akan menguntungkan perusahaan secara finansial dan mungkin tidak akan membuat perusahaan mencapai keberlanjutan di masa depan. Hal ini dikarenakan setiap karyawan perusahaan yang direkrut secara periodik memahami apa saja kekurangan dan kelebihan perusahaan serta solusi terbaik untuk mengeliminasi kekurangan tersebut. Jika karyawan merasa dihargai, mereka dapat menginformasikan pada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut sehingga perusahaan dapat segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengeliminasi kekurangan dan meningkatkan kelebihan yang sudah ada. Dalam corporate training, selain melatih dan mengembangkan karyawan, perusahaan juga dapat menggali informasi dari para karyawan dengan menanyakan pendapat mereka mengenai kondisi dan kebijakan perusahaan saat ini.

6. Memotivasi Karyawan

Corporate training dapat membantu karyawan untuk lebih memahami bagaimana pekerjaan yang harus mereka kerjakan sesuai dengan visi, misi dan pencapaian perusahaan. Akibatnya, karyawan dapat menjadi lebih termotivasi dan bersemangat tentang pekerjaan mereka karena mereka memahami bagaimana apa yang mereka lakukan penting bagi keberhasilan perusahaan tersebut.

7. Mengeliminasi Kelemahan

Corporate training diadakan jelas bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan para karyawan. Melalui kegiatan ini, para karyawan tidak hanya diajarkan tentang bagaimana cara bekerja namun juga memberikan pemahaman mereka mengenai akibat dari suatu kesalahan yang mungkin diperbuat secara sengaja maupun tidak sengaja. Semakin sering suatu perusahaan mengadakan corporate training, maka para karyawan juga akan semakin memahami cara kerja yang tepat dan menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan perusahaan dan mereka secara individu maupun kelompok.

8. Mempermudah Urusan Perusahaan Jika Terjadi Perubahan Kebijakan

Di era yang semakin maju ini, perubahan terus terjadi. Baik dari perubahan kebiasaan konsumen maupun perubahan kebijakan pemerintah. Melalui corporate training yang terus menerus dilakukan, maka akan membuat perusahaan lebih mudah beradaptasi dengan kebijakan baru atau perubahan-perubahan lain yang bersifat fundamental.

9. Mengurangi Resiko Kebangkrutan

Ada banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan karena tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain. Namun faktor-faktor yang membuat perusahaan bangkrut tidaklah selalu dikarenakan faktor mutlak seperti peraturan pemerintah yang meminta perusahaan tertentu berhenti beroperasi karena ada persyaratan yang kurang lengkap. Faktor lain seperti pelayanan buruk pada para pelanggan, produk cacat yang dipaksakan untuk keluar dari perusahaan dan dijual pada konsumen, dan faktor-faktor teknis lain yang dilakukan oleh karyawan perusahaan merupakan salah satu penyebab terjadinya kebangkrutan bagi perusahaan. Melalui kegiatan corporate training yang dijalankan terus menerus, perusahaan akan mengajarkan bagaimana para karyawan bekerja dengan profesional, tulus dan berintegritas sehingga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan merugikan yang sering terjadi.

10. Memenangkan Pasar

Dengan karyawan yang terlatih dan profesional, maka output yang dihasilkan perusahaan akan lebih maksimal dan berkualitas lebih baik dari para pesaingnya. Apalagi mengingat teknologi yang semakin canggih, perusahaan dapat mengekspos segala informasi yang berkaitan dengan produk/jasa serta pelayanan yang mereka tawarkan pada para pelanggan secara luas. Selain itu, perusahaan yang memiliki karyawan handal tentu berani memberikan nilai manfaat berupa jaminan kualitas dan garansi jangka panjang yang memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi para konsumen yang membeli produk atau jasa mereka. Konsumen yang merasakan nilai manfaat ini, pada akhirnya akan merasa beruntung dan merekomendasikan produk/jasa perusahaan pada orang lain dengan berbagai cara. Atau secara tidak langsung, perusahaan mendapatkan pengiklanan secara gratis namun juga masif yang menguntungkan pihak mereka.


Referensi:

Admin G2. (2022). Ketahui 6 Manfaat Corporate Training Sekarang! G2 Academy. Diakses dari: https://insights.g2academy.co/educational/6-manfaat-corporate-training/

EDX. (2022). What is Corporate Training and Why is it Important to Train Employees. Diakses dari:

https://edly.io/blog/what-is-corporate-training-and-why-is-it-important-to-train-employees/

Fajri, J. (2019). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. BPR. BDW. Yogyakarta. Jurnal Publikasi, 1-20.

https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14501

Hacktiv8. (2021). Corporate Training, Solusi Bagi Perusahaan Untuk Transformasi Digital. Hactiv8 Blog. Diakses dari:

https://blog.hacktiv8.com/corporate-training-solusi-bagi-perusahaan-untuk-transformasi-digital/

IMD. (2022). Corporate Management Training Programs. Diakses dari: https://www.imd.org/reflections/corporate-management-training-programs/#:~:text=A%20key%20value%20of%20corporate,talent%20and%20understand%20their%20needs.

Soenawan, A. D., & Malonda, E. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D'Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 395-409.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.