10 Alasan Mengapa Lembaga Pelatihan Mesti Diikuti

Office Management Feb 19, 2023

Persaingan untuk memperoleh pekerjaan semakin ketat, bahkan di zaman dengan informasi yang serba terbuka sekalipun, tidak semua orang dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah meskipun pesaingnya sedikit. Hal ini tentunya memiliki alasan yang rasional, seperti kurangnya pengetahuan, pengalaman dan bekal sertifikat yang memiliki kredibilitas baik. Untuk itu, berbagai lembaga pelatihan kerja bagi para pencari kerja dan para pekerja didirikan untuk bekal yang lebih baik.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Corporate Training Harus Diadakan Secara Berkelanjutan

Meskipun tidak ada jumlah pasti mengenai jumlah keseluruhan masyarakat yang sukses setelah mengikuti pelatihan di berbagai lembaga pelatihan, setiap orang tentu sepakat bahwa untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan karirnya membutuhkan pelatihan kerja yang relevan. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan dibahas 10 alasan mengapa banyak orang mengikuti lembaga pelatihan.

1. Kesadaran Bahwa Belajar Itu Penting

Salah satu kebiasaan buruk manusia adalah malas belajar dan cenderung memasrahkan segala hal pada Yang Maha Kuasa. Hal tersebut jelas sulit untuk dibantahkan mengingat bahwa kepercayaan adalah isu yang sangat sensitif untuk ditentang. Namun, sebagian orang sadar bahwa Tuhan adalah milik semua orang, dan semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk dikabulkan permohonannya. Mereka yang memiliki kesadaran ini kemudian mencari cara agar memiliki peluang yang lebih besar untuk dikabulkan permohonannya, yaitu dengan tekad untuk belajar. Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara mandiri atau mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. Jika mengikuti kegiatan pembelajaran atau pelatihan, maka mereka akan lebih diarahkan untuk mempelajari berbagai hal sekaligus sehingga akan memiliki arah yang lebih jelas.

2. Untuk Mengasah Keterampilan Guna Menghadapi Tugas Baru

Jika seseorang sadar tentang adanya peluang yang selalu beriringan dengan persaingan kerja, maka orang tersebut akan melakukan pekerjaan dengan baik dan sukses. Mereka yang memiliki kesadaran ini akan terdorong untuk mengikuti program pelatihan sehingga mereka dapat lebih memahami tugas, persyaratan dan cara menyelesaikan suatu pekerjaan dengan sukses.

3. Untuk Lebih Memahami Tentang Bidang Pekerjaannya

Ada banyak lembaga pelatihan yang menawarkan program pelatihan yang disesuaikan pada berbagai bidang tertentu. Semua program pelatihan ini berfokus pada pemberian pengetahuan yang diperlukan individu dalam bidang pekerjaan yang relevan. Tujuannya adalah untuk lebih memahami hal yang dibutuhkan di tempat kerja dan meningkatkan tingkat keberhasilan mereka.

4. Untuk Mengetahui Trend Terbaru

Tren pasar terus mengalami perubahan di setiap bidang, terutama dengan integrasi teknologi. Perubahan ini membawa praktik yang berbeda dan membuat beberapa hal atau keterampilan kerja yang lama menjadi usang atau tidak lagi digunakan. Agar tetap relevan di bidang apapun, seorang profesional harus menyadari perubahan tren di lapangan. Informasi tersebut sudah tersedia dalam program sebuah lembaga pelatihan yang dirancang untuk mengajarkan tentang tren spesifik dan efek serta pengaruh selanjutnya.

5. Untuk Mendapatkan Perspektif Orang Lain

Dalam bidang bisnis apapun, penting bagi seseorang untuk mendapatkan masukan dari berbagai sumber profesional. Masukannya bisa berkaitan dengan proyek yang sedang dikerjakan, arah bidangnya, dan banyak topik menarik lainnya. Namun, mendapatkan masukan profesional yang netral tentu tidak mudah. Maksud dari masukan yang netral adalah masukan yang sebenar-benarnya tanpa ada maksud untuk sekedar menyenangkan (membela argumen klien) atau menyalahkan, namun lebih kepada pembicaraan yang membangun atau pemberian kritik sekaligus saran yang positif meskipun harus ada bantahan atau perdebatan. Dalam hal ini, program pelatihan menyediakan platform di mana seseorang dapat mendengar perspektif orang lain yang berbeda tentang masalah yang serupa maupun masalah yang sangat berbeda. Informasi ini seringkali berasal dari fasilitator dan peserta. Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin mendapatkan informasi yang awalnya tidak dicari, yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis orang tersebut.

6. Membangun Networking Dengan Peserta Diklat Lain Dari Perusahaan Lain

Jaringan menciptakan hubungan baru yang dapat menguntungkan pihak-pihak yang terlibat. Namun, karena faktor-faktor seperti jadwal bisnis yang panjang, mungkin sulit bagi seseorang untuk mendapatkan paparan pakar industri yang dapat diajak berjejaring. Para profesional mendapatkan kesempatan untuk berjejaring dengan peserta dari bisnis dan perusahaan lain saat menjalani program pelatihan, yang merupakan alasan lain mengapa beberapa profesional memilih untuk terlibat di dalamnya.

7. Untuk Melakukan Tanya Jawab yang Relevan dengan Pekerjaan Mereka

Program lembaga pelatihan menyediakan platform yang sangat dibutuhkan bagi para awam maupun profesional untuk mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan mereka dan mendapatkan jawabannya. Fungsi utama dari platform ini adalah memfasilitasi orang-orang yang mencari solusi atau mencari pengetahuan atas hal-hal yang tidak mereka ketahui dengan baik dengan memberikan jawaban yang solutif atas pertanyaan para peserta pelatihan.

8. Untuk Meningkatkan Nilai Pasar Mereka

Nilai pasar seseorang akan meningkat apabila mereka memiliki sertifikat yang kredibel dan dapat menunjang karir mereka. Sertifikat ini dapat diperoleh setelah seseorang lulus dari suatu lembaga pelatihan. Dalam hal ini, semakin besar dan berkredibilitas program dan lembaga pelatihan yang diikuti, maka akan semakin menunjang pula sertifikat keahlian yang dimilikinya pasca lulus dari tempat pelatihan.

9. Untuk Mempersiapkan Pensiun Atau Usaha Sendiri

Lembaga pelatihan kerja tidak melulu diciptakan untuk mendidik seseorang agar memperoleh pekerjaan atau menunjang karir di perusahaan. Lembaga pelatihan kerja juga dapat dimanfaatkan untuk melatih seseorang dalam membuka usaha dengan bekal ilmu yang diberikan. Misalnya, lembaga pelatihan usaha mikro sesuai minat dan lembaga pelatihan manajemen investasi.

10. Mereka Hanya Ditugaskan Oleh Perusahaan Mereka

Alasan terakhir seseorang mengikuti pelatihan di suatu lembaga pelatihan kerja adalah karena perintah atasan atau tugas perusahaan. Tujuannya yaitu supaya orang yang ditugaskan dapat meningkatkan keterampilannya sehingga mendukung kinerjanya di tempat baru atau dengan jabatan baru yang akan diberikan.

Referensi:

Akmalja, R. C., & Salsabila, B. L. (2016). 9 Reasons Why People Join A Training Program. Dcolearning.

https://www.dcolearning.com/9-reasons-why-people-join-a-training-program/

Pandey, S. (2021). Top 7 Reasons To Join A Corporate Training Institute In 2021 For Career Growth. Dice Academy.

https://www.diceacademy.in/top-7-reasons-to-join-a-corporate-training-institute-in-2021-for-career-growth/

Reston, I. M. (2022). 5 Reasons Training Programs Will Benefit Individual. Prokect Cub!cle. https://www.projectcubicle.com/5-reasons-training-programs-will-benefit-individual/

Todd, S. (n.d.). 7 Reasons Employees Should Attend Seminars and Other Trainings. Open Sourced Workplace.

https://opensourcedworkplace.com/news/7-reasons-employees-should-attend-seminars-and-other-trainings


Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.