10 Alasan Mengapa Calon Pemimpin Perlu Ikut Training & Development

Human Capital Mar 3, 2023

Pepatah mengatakan, "belajar tidak mengenal usia," hal ini berarti semua orang dapat belajar tidak peduli berapapun usianya saat ini, baik untuk orang umum dari golongan apapun atau seorang karyawan dengan gaji yang tinggi sekalipun. Di jaman sekarang, semua orang sepakat bahwa pemimpin hanyalah status, sedangkan kepemimpinan adalah sifat atau keterampilan yang diasah secara terus menerus oleh seseorang guna memberikan proses dan hasil yang positif untuk kepentingan bersama.

Cek Disini Daftar Training & Development untuk Perusahaan Anda

Bagi seorang karyawan yang memiliki prestasi kerja yang baik, tentu memiliki peluang lebih besar untuk naik jabatan dibandingkan dengan karyawan yang prestasi kerjanya standar. Akan tetapi, karyawan dengan prestasi kerja yang baik ini harus mampu mempersiapkan dirinya sebelum ia benar-benar menjalankan tugas baru di jabatan yang berbeda. Persiapan ini tentunya mencakup berbagai aspek kemampuan untuk mengontrol kinerja bawahan agar lebih produktif sebagaimana dirinya dulu. Untuk itu, berikut ini merupakan 10 alasan mengapa calon pemimpin perlu mengikuti program training & development sebelum menduduki kursi kepemimpinan.

1. Menerapkan Gaya Kepemimpinan yang Paling Efektif

Pelatihan kepemimpinan akan membantu seseorang dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat dalam pekerjaan yang dilakukannya. Ada beberapa gaya kepemimpinan, semuanya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelatihan kepemimpinan dapat membantu pemimpin individu mengidentifikasi gaya kepemimpinan yang dapat memastikan mereka memiliki pengaruh positif pada orang lain dalam hal menyelesaikan pekerjaannya.

2. Membantu Dalam Memperjelas Visi Pribadi

Pemimpin yang sukses memiliki visi yang jelas dan sehat tentang ke mana mereka ingin membawa organisasi. Pelatihan memberi calon pemimpin kesempatan untuk berfokus pada kepentingan bersama, untuk memeriksa organisasi secara menyeluruh, dan memikirkan tentang bagaimana masa depan akan terungkap. Dengan mengikuti training & development yang relevan, maka calon pemimpin akan dapat mengkomunikasikan visi yang ingin diraih dengan cara yang benar-benar memotivasi orang-orang di sekitarnya.

3. Meningkatkan Prospek Karir

Setiap perusahaan tentu mencari seseorang dengan keterampilan dan prestasi yang jauh melebihi semua kandidat lainnya, dan mereka akan mencari keterampilan kepemimpinan untuk bersinar selama wawancara kerja. Training & development bagi calon pemimpin memberi seseorang gambaran menyeluruh tentang kualitas seorang pemimpin yang baik, sementara juga memungkinkan orang tersebut untuk mempraktikkan keterampilan ini di ruang kelas dan lingkungan bisnis.

4. Memberdayakan Calon Pemimpin Untuk Berhasil

Training & development bagi calon pemimpin menggunakan berbagai teknik dan contoh yang menekankan bahwa kerjasama adalah kunci dari keberhasilan suatu perusahaan. Kerjasama yang harmonis dan terintegratif tentu bukan hal yang bisa dilaksanakan dengan mudah, karena membutuhkan arahan yang jelas dari seorang pemimpin. Di sisi lain, salah satu kebutuhan dari bawahan adalah berkomunikasi dengan pemimpinnya. Oleh karena itu, dalam training & development bagi calon pemimpin diajarkan bagaimana cara seseorang dapat mengasah kemampuan persuasifnya melalui pendekatan personal, menyeluruh atau gabungan dari keduanya.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya diri adalah keterampilan penting, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan sosial. Melalui training & development bagi calon pemimpin, berbicara di depan umum, kegiatan kelompok, dan latihan serupa akan mendorong seseorang untuk percaya pada diri sendiri dan mengungkapkan pendapatnya, bahkan saat menghadapi tantangan atau perdebatan. Selain itu, training & development dapat membantu mengajari seseorang untuk mengasah kebijaksanaan dalam mengambil keputusan dan teknik penting yang dibutuhkan untuk melihat tantangan dari perspektif yang berbeda.

6. Memperoleh Keterampilan Baru yang Berharga

Seorang calon pemimpin tentu harus membuat perubahan atau meningkatkan program bermanfaat yang telah ada. Oleh karena itu, mereka harus memiliki keterampilan baru yang dapat merangsang kreativitas dan inovasi dari pikiran mereka. Dalam training & development bagi calon pemimpin dapat memperluas kemampuan berpikir untuk membantu mereka berpikir dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui dinamika pelatihan yang tentu bervariasi. Hal ini diperoleh bukan hanya dari materi yang disampaikan oleh pemateri saja, namun juga dari diskusi kelompok dan pertukaran gagasan-gagasan baru yang yang diutarakan oleh masing-masing peserta.

7. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi menjadi salah satu kemampuan vital yang harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin. Hal ini dikarenakan komunikasi berfungsi untuk menyampaikan visi dan misi pada para bawahan secara efektif. Selain itu, dengan menguasai kemampuan berkomunikasi, maka seseorang akan lebih bisa memahami dan menangkap perspektif orang lain secara lebih luas dan bijaksana.

8. Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah salah satu ciri kepribadian utama yang menjadikan seorang pemimpin hebat. Memahami bagaimana emosi mempengaruhi orang lain memastikan bahwa orang memimpin secara efisien dan bijaksana. Dalam training & development bagi calon pemimpin, mereka akan dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki pemikiran dan karakter yang berbeda. Hal ini akan mengakibatkan perbedaan pendapat dan aksi yang akan dijalankan pada saat program tersebut berlangsung. Namun, perbedaan inilah yang sering membuat seseorang emosi karena sifat keegoisan yang murni ada dalam diri manusia. Program training & development yang baik tentu akan mengajarkan bagaimana cara untuk mengendalikan emosi dengan pendekatan yang inovatif seperti pelajaran tentang negosiasi untuk menghasilkan win-win solution.

9. Memiliki Kemampuan Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Seorang pemimpin yang baik tentunya harus bisa mempengaruhi orang lain untuk bekerja lebih produktif dan mengeluarkan potensinya sehingga dapat menggerakan organisasi ke arah yang lebih baik. Untuk itu, seseorang perlu dilatih secara intens melalui training & development bagi calon pemimpin di masa yang akan datang dengan berbagai metode pembelajaran dan percontohan yang ada di dalamnya.

10. Mengajarkan Cara Menghindari Kesalahan

Training & development bagi pemimpin akan memberi seseorang gambaran tentang kesalahan terburuk yang dapat dilakukan sebagai seorang pemimpin. Hal ini juga akan mengajari calon pemimpin cara membantu memetakan rencana untuk menghindari jebakan dan resiko terburuk yang dapat mengakhiri karier kepemimpinannya.

Referensi:

GBS Corporate Training. (nd). Top 10 Reasons How You Will Benefit From Leadership Training. Situational Leadership. Diakses dari:

https://www.gbscorporate.com/blog/top-10-reasons-to-take-a-leadership-course

Hasibuan, M. (2018). Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pangestu, D. E., Eprilianto, D. F. (2022). Analisis Penerapan Pelatihan Dalam meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lamongan. Publika, 3(2022), 777-788. https://doi.org/10.26740/publika.v10n3.p777-788

Prameswari, Y., Chaylaurent, C. (2022). Penyusunan Modul pelatihan Dan Pengembangan Kepemimpinan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 4(3), 49-57.

http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikologi/article/view/993

Rosalin, S., dkk. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Kompetensi Dasar Leadership Bagi Calon Leader "Kan Jabung Syariah Malang" Menggunakan metode Problem Solving. Jurnal Aplikasi Dan inovasi Ipteks SOLIDITAS, 5(1). 120-127. https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3039

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.