10 Alasan Mengapa Perusahaan Wajib Mengadakan Training Manajemen

Office Management Jul 21, 2023

Manajer adalah pilar bisnis perusahaan. Kinerja mereka sangat penting untuk membangun perusahaan yang kuat dan sukses dengan masa depan yang cerah. Karyawan lain sering bergantung pada manajer dan atasan mereka untuk bimbingan dan saran mengenai pekerjaan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, pelatihan manajemen dianggap sebagai salah satu aspek terpenting dalam mempertahankan organisasi. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa perusahaan wajib mengadakan training manajemen versi pasartrainer.com.

1. Membuat Manajer Anda Cerdas Teknologi

Sebelum munculnya digitalisasi, para manajer dievaluasi berdasarkan pendidikan dasar dan keahlian inti mereka. Namun di dunia yang melek teknologi saat ini, hanya pengetahuan akademik atau pengalaman langsung saja tidak cukup. Perusahaan semakin mengandalkan teknologi digital untuk bertahan dan tetap terdepan dalam persaingan. Bekerja dari kantor bukan lagi satu-satunya pilihan. Dengan teknologi yang tepat, Anda dapat membuka cabang di mana saja di dunia tanpa harus berpindah dari kantor. Tetapi agar itu berhasil, Anda memerlukan manajer yang paham teknologi yang mengetahui semua tentang perangkat lunak terbaru dan cara menggunakannya dengan bijaksana. Training manajemen memberikan pemaparan dan wawasan yang berharga kepada manajer Anda dan meningkatkan keterampilan digital mereka.

2. Meningkatkan Keterampilan Manajerial

Saat bisnis Anda berkembang, manajer Anda juga perlu meningkatkan keterampilan mereka. Keterampilan ini termasuk berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam mengubah skenario; mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi darurat; meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara karyawan dan inovasi dan kreativitas. Manajer adalah ikatan yang mengikat semua karyawan Anda untuk kinerja yang efisien. Training manajemen yang sesuai mempersiapkan mereka untuk mengambil keputusan yang tepat dalam situasi sulit dan menghasilkan solusi inovatif. Ini membuat seluruh tim Anda lebih produktif, mudah beradaptasi, dan efisien.

3. Membantu dalam Kemampuan Beradaptasi

Saat Anda mempekerjakan manajer, mereka datang dengan pengalaman yang cukup untuk menangani situasi apa pun. Namun, setiap perusahaan memiliki masalah yang unik dan manajer baru mungkin tidak dapat menanganinya dengan benar. Alih-alih mendapat masalah yang tidak diinginkan, berinvestasilah dalam training manajemen. Dengan pelatihan yang tepat, manajer baru akan belajar bagaimana beradaptasi dengan kebutuhan khusus organisasi Anda. Mereka akan mahir dalam menetapkan tujuan yang jelas, mengevaluasi kinerja karyawan dengan benar dan memastikan saluran komunikasi yang terbuka dan jujur antar karyawan.

4. Memastikan Keseragaman

Tidak semua manajer memiliki kompetensi yang sama dalam menangani karyawan. Beberapa dari mereka hebat, beberapa baik-baik saja sementara yang lain benar-benar tidak kompeten. Mereka mungkin memiliki gelar yang tepat tetapi tidak tahu apa-apa dalam mengelola bawahan. Ini semakin benar bagi manajer baru. Pelatihan manajemen memastikan manajer di semua tingkatan memiliki konsistensi yang sama dalam menangani tim mereka.

5. Mengurangi Pengurangan Karyawan Berprestasi

Manajemen yang buruk adalah salah satu alasan terbesar tingginya pengurangan karyawan. Manajer yang tidak simpatik terhadap masalah karyawan, tidak mampu menjalin ikatan antar karyawan atau mempermalukan atau mengkritik bawahannya di depan umum jelas bukan yang Anda cari. Dalam kasus terburuk, selain kehilangan karyawan yang berharga karena kepemimpinan yang buruk, Anda mungkin akan menghadapi tuntutan hukum. Pelatihan manajemen mengajarkan penanganan situasi dan pemecahan masalah. Ini juga mengajari manajer Anda cara menanamkan kepuasan kerja dan rasa bangga serta memiliki pada karyawan Anda sehingga dapat mengurangi tingkat resign di perusahaan.

6. Menciptakan Pemimpin Masa Depan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat perekrutan manajer baru adalah dengan mengembangkan manajer internal. Alasannya karena dengan mengembangkan keterampilan manajer internal, maka perusahaan Anda lebih berdedikasi dan ingin berbaur dengan organisasi. Mengingat suasana kerja dan insentif yang tepat, mereka cenderung bertahan selama bertahun-tahun. Namun, mereka membutuhkan pelatihan yang tepat untuk mengembangkan diri mereka saat mereka tumbuh bersama organisasi Anda. Training manajemen menciptakan pemimpin masa depan yang mengetahui semua tentang visi Anda dan berkomitmen untuk membantu Anda mencapainya.

7. Meningkatkan Produktivitas

Manajer yang terlatih dengan baik selalu dihormati oleh bawahan mereka dan karyawan lainnya. Mereka tahu bagaimana meningkatkan moral karyawan dan mengekstraksi hal-hal yang terbaik dari karyawan bahkan dalam situasi terburuk sekalipun. Training manajemen memberikan wawasan yang lebih dalam untuk memahami setiap karyawan dan cara menangani orang tertentu secara efektif. Pelatihan membantu mereka menggabungkan fleksibilitas dan disiplin secara mulus tanpa terlalu berwibawa. Pekerja di bawah manajer terlatih lebih bahagia dan lebih terlibat dalam pekerjaan mereka yang tentunya mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi.

8. Meningkatkan Kompetensi

Untuk bertahan dan berkembang di sektor Anda, Anda memerlukan manajer yang cukup kompeten untuk memberikan keunggulan ekstra tersebut. Mereka harus tahu bagaimana berinovasi dan beradaptasi dengan situasi yang berubah sehingga keberuntungan bisnis Anda tidak berfluktuasi. Training manajemen mencakup sesi ekstensif tentang dinamika pasar dan ekonomi terkini. Mereka mengajari manajer Anda untuk mengidentifikasi peluang yang tepat, menghindari jebakan yang akan segera terjadi, dan menawarkan saran yang tepat.

9. Memastikan ROI Maksimum

Seperti disebutkan sebelumnya, manajer Anda adalah pilar organisasi Anda. Di pundak mereka yang cakap terletak keberadaan, ekspansi, dan profitabilitas organisasi Anda. Manajer yang cakap yang telah dilatih dengan baik memahami peran khusus mereka dan bekerja untuk mencapainya. Terlepas dari sektornya, baik itu departemen SDM, akun, atau administrasi, manajer yang baik selalu memastikan Anda mendapatkan ROI (Return On Investment) maksimum dan mempertahankan grafik laba yang stabil.

10. Memperluas Kumpulan Bakat Manajer Anda

Orang bebas meninggalkan perusahaan Anda untuk alasan apapun, namun manajer terbaik mungkin tidak akan tergantikan. Atau Anda mungkin ingin mengganti manajer lama yang menganggap remeh pekerjaannya dan menjadi sombong. Melatih seluruh tim manajemen Anda meningkatkan kumpulan bakat Anda dan memberi Anda lebih banyak opsi untuk mengganti manajer tertentu. Oleh karena itu, pelatihan manajemen memungkinkan Anda melanjutkan bisnis dengan lancar tanpa harus mencari manajer baru. Itu selalu lebih baik untuk bersiap daripada menghadapi situasi di mana proyek kritis macet karena manajer Anda tiba-tiba berhenti.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan keterampilan karyawan di perusahaan Anda atau mengembangkan diri Anda sebagai manajer, pasartrainer.com dapat membantu Anda dalam memberikan training manajemen dan pelatihan-pelatihan lain yang relevan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Referensi

Pasar Trainer. (2023). 10 Manajemen Training yang Cocok Untuk Menjadi Profesional. Human Capital. Diakses pada 19 Juni 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/10-manajemen-training-yang-cocok-untuk-menjadi-profesional

Pasar Trainer. (2023). Pentingnya Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan. Human Capital. Diakses pada 19 Juni 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/pentingnya-program-pelatihan-dan-pengembangan-karyawan

Pasar Trainer. (2023). Program Sertifikasi Kompetensi Di Era Digital. Human Capital. Diakses pada 19 Juni 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/program-sertifikasi-kompetensi-di-era-digital

Utama, P. P., Arifin, Z., & Prastyaningtyas, E. W. (2022). Analysis of Training Management in Improving the Quality of AF Basketball Schools in Kediri. IJHESS: International Journal of Health, Economics, and Social Sciences, 4(4), 284-290. https://doi.org/10.56338/ijhess.v4i4.2584

Yuda, A. A. N. A. D. P., Suratman, B., & Riyanto, Y. (2021). Validation of The Mobile Training Management to Improve The Quality Results Training. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(6), 635-645.

https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.167

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.