10 Alasan Sales Training Wajib Diikuti

Sales training dapat menguntungkan bisnis perusahaan melalui berbagai cara. Tujuannya agar perusahaan bisa mendapatkan keunggulan dari SDM marketing mereka yang terlatih. Dalam banyak kasus, produk dan layanan dapat tampak mirip di mata pelanggan dan seringkali ketika hal ini terjadi, perusahaan mencoba bersaing dalam harga.

Cek Disini Sales Training Terlengkap untuk Perusahaan Anda

Namun, alih-alih mencoba bersaing dalam harga seperti memaksakan diskon, banyak pihak yang justru memilih untuk membeli berdasarkan kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Masalahnya, produk berkualitas sering tidak diketahui oleh pelanggan dan kegiatan periklanan yang telah dilakukan tidak efektif, sehingga membutuhkan pendekatan pada para pelanggan di tingkat mikro. Oleh karena itu, berikut ini merupakan 10 alasan mengapa sales training perusahaan harus ada:

1. Pengembalian Investasi

Bisnis lintas sektor menginvestasikan sejumlah besar uang ke dalam pelatihan penjualan setiap tahun, melihat pengembalian yang luar biasa atas investasi mereka. Sebagian besar perusahaan mendapatkan kembali biaya pelatihan antara 1 bulan hingga 6 bulan setelah selesai. Dalam hal ini, waktu sangat akan mengakumulasi profitabilitas per-produk dan volume yang unik untuk setiap bisnis.

2. Mengubah Cara Pemasaran

Internet telah dan terus menciptakan perubahan besar dalam proses jual beli antara konsumen dengan perusahaan yang membuat peningkatan keterampilan tenaga penjualan perusahaan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Semua pasar pada dasarnya dinamis dan pelatihan adalah bagian penting untuk menjaga tenaga penjualan tetap up to date. Perubahan teknologi, undang-undang, kebutuhan pelanggan, semuanya membuat perusahaan kurang relevan kecuali jika perusahaan tersebut mengubahnya. Tenaga penjualan membentuk saluran penting antara pelanggan dan bisnis yang memberi umpan balik terhadap perubahan ini pada bisnis. Sebagai contoh sederhana, penggunaan Media Sosial dalam penjualan kini telah menjadi keterampilan penjualan yang penting dalam penjualan modern.

3. Membangun Loyalitas Merek

Sebagian besar sales profesional akan terhubung dengan pelanggan dan kliennya tidak hanya di tingkat bisnis tetapi juga di tingkat pribadi. Mereka dapat membantu memperkuat kredibilitas dan memposisikan perusahaan menjadi nomor 1 di mata pelanggan. Sales training membantu tim penjualan perusahaan secara akurat karena pelatihan ini mengajarkan cara untuk mendiagnosis akar penyebab kesulitan dan kondisi keuangan konsumen sebelum menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka secara sempurna.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Tidak mungkin menumbuhkan bisnis apapun kecuali perusahaan menumbuhkan orang-orang dalam bisnis tersebut terlebih dahulu. Sederhananya, setiap bisnis memiliki strategi untuk berkembang. Sebagian besar dari strategi itu akan melibatkan salesman untuk menjalankan strategi yang dicanangkan. Sebagai contoh, bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan adalah penjualan suatu produk ke perusahaan besar. Strategi, taktik, dan keterampilan penjualan yang diperlukan untuk ini bisa sangat berbeda dengan menjual ke UKM atau ke konsumen di tingkat paling bawah. Pelatihan atau sales training yang berkualitas dapat memberi tim sales pengetahuan yang mereka butuhkan untuk menjalankan strategi pertumbuhan perusahaan dan membawa bisnis ke tingkat berikutnya yang lebih menguntungkan.

5. Mengoptimalkan Pengalaman Pelanggan

Pelanggan cenderung memberi tahu orang lain jika mereka memiliki pengalaman yang sangat positif saat berurusan dengan merek yang dibelinya. Ini dapat menghasilkan lebih banyak minat pada situs web, produk dan layanan perusahaan. Pelatihan penjualan penting untuk setiap merek yang ingin meningkatkan dan memperdalam hubungannya dengan pelanggannya karena dengan sales training ini, sales akan mengetahui apa saja yang diinginkan para pelanggannya secara mayoritas dan menghadirkan fitur baru yang sesuai dengan permintaan para pelanggannya.

6. Meningkatkan Pengetahuan Tim Penjualan

Sales training juga dapat memberi tim penjualan tentang pemahaman yang lebih kaya yang berkaitan dengan produk, layanan, dan industri mereka. Semakin banyak tim penjualan tahu tentang kegiatan perusahaan dan apa yang dijual secara detail, maka akan semakin efektif mereka dalam memberi tahu orang lain dan memposisikan merek perusahaan secara tepat. Calon pelanggan tidak mungkin terpengaruh jika perwakilan penjualan yang mereka ajak bicara tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang perusahaan, produk, dan layanan yang ditawarkannya.

7. Belajar dari Kesalahan

Setiap profesi dan keahlian lainnya dalam bidang penjualan dapat mengalami kesalahan. Kesalahan ini bisa menyakitkan dan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan. Pelatihan dan pembinaan penjualan ada untuk mengurangi tingkat kesalahan dan membantu tenaga penjualan yang ada untuk mengantisipasinya. Pelajaran mengenai satu kesalahan yang sering diulang sebulan sekali dan dalam setahun adalah hal yang mahal untuk dipelajari, namun seorang pelatih sales training yang berpengalaman dapat membantu tim penjualan menghindari kesalahan sebelumnya. Sebagian besar program pelatihan akan membantu tim penjualan mengembangkan panduan praktik terbaik yang dapat dibagikan untuk memastikan kesalahan yang sama tidak terulang di seluruh organisasi.

8. Fleksibilitas dan Keserbagunaan

Tidak ada dua bisnis yang benar-benar sama, dan bahkan ketika bisnis tampak serupa, kebutuhan bisnis dan pembeli bisa sangat berbeda. Pelatihan penjualan membantu profesional penjualan menyesuaikan pendekatan mereka saat bekerja dengan berbagai jenis industri, bisnis, dan pembeli. Pelatihan penjualan meningkatkan keterampilan komunikasi dengan cara yang membantu tim penjualan meningkatkan hubungan mereka saat bekerja dengan orang-orang baik di dalam maupun di luar perusahaan. Pelatihan juga dapat membantu tim penjualan mengubah pelanggan yang tidak senang menjadi pelanggan yang puas, memungkinkan mereka mengatasi hambatan dengan lebih efektif dan fleksibel.

9. Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan

Sales training juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dalam perusahaan karena membantu orang menjadi komunikator yang lebih efektif dan mengajarkan mereka untuk berpikir lebih strategis. Pelatihan semacam ini membantu tim penjualan untuk memahami kebutuhan kolega yang merupakan bagian penting dari kerja sama tim. Kursus pelatihan penjualan terbaik memungkinkan delegasi mengembangkan keterampilan komunikasi berkualitas tinggi yang penting untuk peran kepemimpinan.

10. Membangun Ketahanan di Tim Penjualan

Penjual yang telah menjalani sales training lebih cenderung menjadi lebih tangguh dalam menghadapi kesulitan. Meskipun penolakan konsumen dapat menghambat kinerja, profesional penjualan yang terlatih dapat mengatasi penolakan dan menjadi lebih efektif dalam memenangkan hati pelanggan. Dalam penjualan, tim salesman akan selalu menerima lebih banyak TIDAK daripada YA dan untuk bertahan, apalagi berhasil dalam penjualan, penting untuk memiliki keterampilan dan strategi jitu dalam rangka mengatasi hal ini. Pelatihan penjualan adalah bagian penting dalam membangun ketahanan yang akan terbayar berkali-kali lipat ketika bisnis dihadapkan pada resesi yang tak terelakkan, penguncian atau krisis lain yang pasti akan datang pada tahap tertentu di masa depan.

Referensi:

Audina, N. (2022). Sales Training: Arti, Manfaat, dan Komponen Programnya. Sales. Diakses dari: https://glints.com/id/lowongan/sales-training-program/#.Y-Xl1HZBy3A

Hernanto, Y., Hidayat, N. K. Basbeth, F. (2022). The Influence of Sales Training and Sales Experience through Adaptive Selling Behavior on Salesperson Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5(3), 28169-28183.

https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6896

RobertMcKernan. (2023). 10 Benefits Of Sales Training. Diakses dari: https://robertmckernan.com/project/10-benefits-of-sales-training/

Romdonny, J., and Rosmadi, M.L.N. (2019). Factors Affecting Customer Loyalty in Products. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 2(1), 337-343.

Sales1crm. (2018). Tips Untuk Sales Training Yang Efektif: Pelatihan yang Baik Untuk Tim Sales. Diakses dari:

https://www.sales1crm.com/blog/tips-untuk-sales-training-yang-efektif

Swanston, L. (2023). 10 Reasons Why Sales Training is Important. Klozers. Diakses dari: https://www.klozers.com/why-sales-training-is-important/