10 Cara Belajar Digital Marketing

Digital Marketing Mar 25, 2023

Digital marketing adalah bidang yang berkembang pesat dengan tren baru yang muncul setiap hari. Jadi, jika seseorang ingin mencoba memulai karier di bidang pemasaran digital, sering kali orang tersebut merasa seperti mencoba mencapai target yang bergerak.

Dilema yang dihadapi sebagian besar calon pemasar saat ini adalah bagaimana seseorang itu dapat menyeimbangkan kebutuhan untuk mempelajari perkembangan terbaru digital marketing tanpa harus ketinggalan fundamental bisnisnya? Ada banyak subset digital marketing (yang akan kami jelaskan di bawah), tetapi inti dari setiap subset adalah keinginan untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui saluran digital. Karena apapun platformnya, digital marketing bergantung pada promosi merek secara online sambil terlibat secara pribadi dengan pelanggan. Berikut ini adalah 10 cara belajar digital marketing.

1. Memahami Apa yang Dilakukan Digital Marketer

Cara belajar digital marketing yang pertama adalah dengan memahami cara kerja pemasar digital yang memanfaatkan internet untuk menghasilkan arahan dan meningkatkan visibilitas merek secara online. Mereka menggunakan berbagai saluran untuk melakukan digital marketing, termasuk situs web perusahaan, pemasaran email, media sosial, mesin telusur, dan blog. Dalam hal ini, para pakar digital marketing menggunakan strategi dan pemikiran kreatif untuk mengidentifikasi cara terbaik bagi perusahaan mereka untuk mencapai tujuan ini, dengan mengandalkan pengetahuan mereka tentang tren dalam teknologi dan pemasaran.

2. Tentukan Spesialisasi

Digital marketing adalah bidang luas yang memiliki beberapa spesialisasi berbeda. cara belajar digital marketing adalah memilih salah satu spesialisasi yang menarik bagi Anda. Berikut ini adalah opsi yang dapat dipilih:

A. Spesialisasi Media Sosial

Spesialisasi digital marketing ini yaitu dengan menggunakan jejaring sosial untuk terlibat dengan pelanggan dan mempromosikan suatu merek. Contohnya adalah dengan menjadi content creator yang berfokus pada digital marketing.

B. Spesialisasi SEO (Search Engine Optimization)

Spesialisasi digital marketing ini yaitu dengan memanfaatkan mesin telusur seperti Google, Bing, Yahoo! dan lain sebagainya untuk tujuan optimasi SEO dan mengarahkan pada website tertentu.

C. Spesialisasi PPC (Pay Per Click)

Spesialisasi digital marketing ini yaitu dengan menciptakan/memanfaatkan fitur iklan dengan model bayar untuk setiap klik. Dengan cara ini, seorang digital marketer akan lebih mudah menjangkau pasar yang paling relevan karena PPC diiklankan berdasarkan minat konsumen yang terdeteksi SEO.

3. Membangun Fundamental Bisnis

Untuk membangun fundamental bisnis yang kuat, Anda dapat menemukan banyak sumber daya online gratis. Banyak pakar pemasaran digital menawarkan webinar, artikel, dan tutorial yang dapat diakses kapan saja yang membuat Anda tidak akan pernah punya alasan untuk tidak mendapat informasi terkait trend terkini dan teknik digital marketing yang update. Dengan mengikuti webinar tentang digital marketing, rajin membaca artikel yang berkaitan dengan digital marketing, dan menonton tutorial cara belajar digital marketing di berbagai platform yang tersebar di internet, maka akan dapat menguatkan fundamental bisnis Anda.

4. Mengikuti Influencer Digital Marketer

Cara belajar digital marketing yang keempat adalah dengan mengikuti orang-orang di bidang Anda yang ahli dalam bidang itu. Anda dapat menemukan influencer digital marketing melalui saluran media sosial seperti Twitter atau LinkedIn. Orang-orang ini pandai membagikan apa yang telah mereka pelajari, kegagalan mereka, dan bagaimana mereka mencapai posisi mereka sekarang.

5. Mulai Lakukan Internship

Tidak ada cara belajar digital marketing yang lebih baik untuk mendapatkan pendidikan yang komprehensif selain melalui program internship. Ini memberi Anda pengalaman langsung di dunia digital marketing dan menawarkan Anda kesempatan untuk bekerja bersama para profesional berpengalaman. Plus, magang memberi Anda pengalaman hebat untuk ditambahkan ke resume Anda saat Anda mencari pekerjaan pemasaran digital tingkat pemula.

6. Membangun Atau Terlibat Dalam Program Digital Marketing

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari mencoba berbagai hal di waktu luang Anda. Mulailah pekerjaan sampingan Anda atau lakukan pekerjaan sampingan. Skenario kasus terbaik adalah dengan meluncurkan atau menjalankan proyek yang menghasilkan cukup banyak uang, tetapi bahkan jika Anda tidak berhasil, Anda akan memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan sepanjang menjalani cara belajar digital marketing..

7. Ambil Pekerjaan Terkait untuk Menyempurnakan Keterampilan

Sangat penting untuk mendapatkan pengalaman di bidang terkait sebelum terjun ke digital marketing sehingga Anda dapat memahami apa yang membuat jenis pekerjaan ini unik dan mempelajari bagaimana keterampilan Anda dapat diterjemahkan menjadi sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya. Misalnya, jika Anda seorang pengembang perangkat lunak, libatkan diri Anda ke dalam SEO teknis dan pelajari tentang algoritma mesin telusur. Jika Anda berasal dari latar belakang desain web, pelajari prinsip-prinsip persuasi dan cari tahu apa yang membuat orang membeli. Cara belajar digital marketing yang terbaik tentu memiliki keselarasan dengan latar belakang Anda.

8. Menyelesaikan Kursus

Jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan atau keterampilan pemasaran digital, pertimbangkan untuk mengikuti kursus digital marketing online gratis. Kursus adalah cara belajar digital marketing yang efisien untuk mendapatkan pelatihan praktis, membuat koneksi baru di industri, dan belajar tentang tren terkini. Bagi Anda yang tertarik dengan kursus pemasaran digital untuk pemula, tersedia banyak kursus online gratis. Ada pilihan bagi mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman juga. Anda bahkan dapat menemukan MOOC di platform seperti Coursera atau EdX yang memungkinkan Anda mengambil kursus pemasaran digital dari universitas ternama secara gratis.

9. Mendapatkan Sertifikasi

Salah satu cara terpenting untuk membedakan diri Anda di pasar kerja adalah memiliki sertifikasi pemasaran digital. Jika Anda mencari pekerjaan di pemasaran digital, kemungkinan besar Anda hanya salah satu dari banyak pelamar dengan pengalaman serupa. Semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk membedakan diri Anda, semakin besar peluang Anda untuk menemukan posisi yang bagus dan mendapatkan gaji yang bagus. Contohnya adalah Springboard yang menawarkan Sertifikat Digital Marketing Profesional yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman pemasaran online langsung. Program ini dirancang untuk siswa yang tertarik untuk belajar tentang dunia digital dan mendapatkan pijakan atau pembelajaran tentang cara belajar digital marketing di bidang ini dalam waktu sekitar 8 Minggu. Profesional juga dapat mengambil jalur sertifikat untuk memajukan karir pemasaran digital mereka.

10. Implementasi

Setelah memahami cara belajar digital marketing dan cara menjalankannya, tugas terakhir adalah mengimplementasikannya dalam bisnis Anda. Jangan khawatir dengan kegagalan, karena dengan kegagalan maka Anda akan bisa mengetahui faktor penyebab sekaligus cara untuk memperbaiki teknik digital marketing yang lebih baik.

Referensi:

Ariata, C. (2023). Panduan dan Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula. Hostinger Tutorial. Diakses dari: https://www.hostinger.co.id/tutorial/belajar-digital-marketing

Benefita. (2022). Panduan Belajar Digital Marketing (Bonus Tips Lengkap). Niagahoster. Diakses dari: https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-digital-marketing/

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Haque, M. G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10(1), 233-243. https://doi.org/10.26858/jiap.v10i1.14336

Muntean, M. (2022). How To Learn Digital Marketing [Guide to Getting Started]. Springboard. Diakses dari:

https://www.springboard.com/blog/business-and-marketing/how-to-learn-digital-marketing/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.