10 Cara Berjualan di Tik Tok Paling Update!

Digital Marketing Apr 17, 2023

Tik tok merupakan sebuah situs media sosial yang banyak digunakan oleh 1,6 miliar manusia di seluruh dunia atau 109,90 juta manusia di Indonesia di awal tahun 2023 ini. Oleh karena itu, Tik Tok menjadi pasar yang sangat basah bagi siapa saja yang memiliki bisnis dengan teknik pemasaran digital marketing. Meskipun demikian, untuk dapat menggapai pasar dengan jumlah yang sangat banyak ini tidak dapat dilakukan dengan sembarang cara tetapi membutuhkan cara-cara tertentu untuk dapat menarik perhatian audiens. Berikut ini adalah 10 kiat sukses berjualan di Tik Tok.

1. Jadilah Otentik Untuk Membangun Komunitas Anda

Banyak orang salah memahami bahwa menjadi content creator berarti memiliki banyak followers, views, likes dan juga komentar hanya dengan membuat konten yang sangat serupa dengan yang lainnya. Padahal, content creator adalah mereka yang benar-benar mengawali sebuah trend dan ciri khas tertentu. Sebagai orang yang ingin sukses berjualan di Tik Tok, hal ini bisa saja dilakukan. Namun, untuk suatu hal yang sama, tentu saja pesaingnya juga berjumlah sangat banyak. Oleh karena itu, gaya Anda atau ciri khas perusahaan Anda yang dapat membuat semua orang teringat pada bisnis Anda. Kemudian, pada saat trafik pengguna Tik Tok mulai ramai, Anda dapat membuat komunitas seputar konten unik Anda sehingga pada saat yang tepat untuk mempromosikan produk/layanan Anda, karena Anda sudah memiliki basis penggemar yang bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda.

2. Bagikan TikTok Story Dan Berikan Nilai

Akun Tik Tok yang paling sukses adalah yang menunjukkan kepada orang-orang cara menggunakan produk yang mereka sukai. Oleh karena itu, fokuslah untuk bercerita dan/atau menyediakan konten-konten berkualitas dan mendidik khususnya melalui Tik Tok Story. Sebagai contoh, jika Anda seorang pemilik bisnis kecil, Anda dapat membagikan konten Tik Tok tentang pengalaman khusus dalam perjalanan kewirausahaan Anda, keseharian Anda, atau hal-hal yang paling Anda sukai dari apa yang Anda lakukan. Apapun cerita yang Anda putuskan untuk diceritakan, pastikan konten cerita tersebut pendek dan ringkas serta membangkitkan emosi penonton. Dengan cara ini juga, Anda dapat meningkatkan traffic pada akun Tik Tok Anda sekaligus dapat meningkatkan performa akun dalam berjualan di Tik Tok.

Video Tik Tok yang menggunakan tagar yang sedang tren lebih mungkin ditemukan dan memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada yang tidak. Namun, ingatlah bahwa teks Tik Tok Anda dibatasi hingga 100 karakter. Itu berarti keterangan plus tagar – jadi Anda harus strategis dengan yang Anda gunakan. Gunakan kombinasi tagar luas dan khusus untuk meningkatkan keterlibatan Anda. Misalnya jika Anda adalah pebisnis makanan ringan, maka tagar yang cocok adalah #cemilan #cemilanenak #snack atau lain sebagainya yang relevan dengan konten atau produk yang sedang Anda tawarkan.

Sama seperti tagar, menggunakan lagu yang sedang tren adalah taktik cerdas untuk meningkatkan kesuksesan konten Tik Tok Anda. Awasi lagu-lagu yang digunakan di halaman Untuk Anda karena ini akan menunjukkan kepada Anda musik mana yang memberi Anda peluang terbaik untuk ditampilkan. Simpan lagu apapun yang ingin Anda gunakan di video mendatang ke favorit Anda. Untuk melakukan ini, cukup klik lagu di bagian atas dan di bawah namanya Anda akan melihat bookmark dengan "tambahkan ke favorit Anda".

5. Gunakan Ulang Konten Anda yang Ada

Investasikan waktu dan energi untuk membangun kehadiran merek Anda dan membangun komunitas di sekitar produk atau layanan Anda. Mulailah dengan hal yang sederhana. Lihat jenis konten lain yang sudah Anda buat dan temukan cara untuk menggunakan kembali dengan kemasan deskripsi yang berbeda agar bisa mendapatkan audiens yang lebih banyak. Hal ini tentunya dapat mendukung performa akun Tik Tok Anda yang bahkan ditujukan secara khusus untuk berjualan di Tik Tok.

6. Buat Video Anda Singkat

Salah satu cara untuk mencapai jangkauan besar dan berpotensi menjadi "viral" di TikTok adalah membuat orang menonton video Anda berulang kali. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat video ringkas yang mengemas banyak nilai dalam waktu singkat. Dengan membuat beberapa video TikTok dengan durasi sekitar 15 detik (panjang yang sama dengan Instagram Reel) akan meningkatkan peluang Anda untuk menang dengan algoritma.

7. Promosikan Lintas Konten Tik Tok Anda

Mungkin Anda sering melihat konten yang ada di Tik Tok dibagikan di Instagram, Twitter atau bahkan Facebook oleh satu akun atau lebih. Ini adalah salah satu teknik yang digunakan oleh para pebisnis yang sukses dalam berjualan di Tik Tok. Anda juga dapat berbagi ke Instagram Stories, feed, atau bahkan reels dengan konten yang telah Anda buat di TikTok. Jangan lupa untuk menambahkan ajakan bertindak yang jelas, mendorong audiens Anda untuk melihat akun Tik Tok Anda supaya bisa meningkatkan traffic dan menarik minat para konsumen.

8. Konten Buatan Pengguna

Jika Anda bukan pembuat konten, tetapi hanya sekedar merek atau bisnis, temukan cara untuk mendorong komunitas Anda agar membagikan video mereka sendiri menggunakan produk atau layanan Anda. Konten semacam ini cenderung mendorong keterlibatan yang jauh lebih baik daripada konten yang dibuat oleh akun official suatu merek dan akan meningkatkan kesadaran merek secara lebih efisien dan efektif.

9. Posting Secara Teratur

Jika Anda telah terbiasa membuat konten di Tik Tok, kini tugas Anda adalah menyiapkan konten dan menguploadnya di waktu-waktu tertentu dengan menjadwalkan kegiatan posting secara rutin. Dengan cara ini, maka para audiens Tik Tok akan mengetahui kapan bisnis Anda akan memposting konten baru. Namun, supaya tidak mengganggu aktivitas akun dan aktivitas Anda dalam berjualan di Tik Tok, jangan pernah melakukan spam karena hal tersebut dapat merusak algoritma akun Anda sendiri.

10. Terlibat dengan Orang Lain

Langkah terakhir yang dapat menunjang akun Tik Tok Anda adalah dengan selalu  berinteraksi dengan orang lain – terutama siapa pun yang terlibat dalam konten Anda. Bangun hubungan dan tunjukkan konten Anda kepada orang baru dengan menyukai video dan memberikan komentar yang bijaksana.

Setelah mengetahui teknik-teknik dasar tentang cara berjualan di Tik Tok, kini Anda dapat memulai usaha Anda di Tik Tok. Namun, jika Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang cara berjualan di Tik Tok, Anda dapat mengakses pasartrainer.com untuk bisa mendapatkan pelatihan digital marketing yang beragam sesuai dengan kebutuhan Anda!

Referensi

Agatha, N. (2021). Ide Konten TikTok Menarik untuk Bisnis. Qwords. Diakses dari: https://qwords.com/blog/ide-konten-tiktok/

Leah. (2022). Top 10 Ways To Get 1 Million Followers on TikTok. Help Fix That. Diakses dari: https://helpfixthat.com/how-to-get-1-million-followers-on-tiktok/

Pasar Trainer. (2023). Semua Digital Marketing. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/digital-marketing

Twelverays. 10 Ways to Use the TikTok Ad Library to Make Better Ads. Diakses dari: https://twelverays.agency/blog/10-ways-to-use-the-tiktok-ad-library-to-make-better-ads

Webcare.id. Tiktok Ramai? Ini 8 Tips Jualan Online Lewat TikTok! Diakses dari: https://webcareidn.com/tiktok-ramai-ini-8-tips-jualan-online-lewat-tiktok/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.