10 Cara Efektif Menentukan Aspek Pemasaran

Selling & Distribution Jul 3, 2023

Jika Anda berpikir untuk mengembangkan program pemasaran, Anda perlu memulai dengan rencana pemasaran. Terlepas dari ruang lingkup aspek pemasaran Anda, Anda harus ingat bahwa itu adalah dokumen fleksibel. Setiap bisnis harus dimulai dengan rencana terstruktur dengan baik yang didasarkan pada penelitian menyeluruh, posisi kompetitif, dan hasil yang dapat dicapai. Rencana Anda harus menjadi dasar aktivitas Anda selama beberapa bulan mendatang. Namun, Anda harus selalu bersedia untuk menyempurnakan atau mengarahkan kembali rencana Anda berdasarkan apa yang terbukti berhasil. Di bawah ini, pasartrainer.com telah menyiapakan 10 cara untuk menentukan aspek pemasaran yang efektif:

1. Riset Pasar

Langkah pertama untuk menentukan aspek pemasaran yaitu dengan mengumpulkan, mengatur, dan menuliskan data tentang pasar yang saat ini membeli produk atau layanan yang akan Anda jual. Beberapa area yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Dinamika pasar, pola termasuk musiman.
  • Pelanggan - demografi, segmen pasar, target pasar, kebutuhan, keputusan pembelian.
  • Produk - apa yang ada di luar sana sekarang, apa yang ditawarkan kompetisi.
  • Penjualan saat ini di industri.
  • Tolok ukur dalam industri.
  • Pemasok - vendor yang perlu Anda andalkan.

2. Sasaran Pasar

Temukan ceruk atau target pasar untuk produk Anda dan jelaskan dengan detail apa saja yang menjadi pertimbangan untuk penetapan sasaran pasar Anda tersebut. Sasaran pasar adalah aspek pemasaran yang sangat penting untuk ditentukan, karena dengan adanya sasaran pasar akan membantu Anda dalam mengatur strategi pemasaran yang tepat.

3. Produk

Deskripsikan produk Anda. Bagaimana produk Anda berhubungan dengan pasar? Apa yang dibutuhkan pasar Anda, apa yang mereka gunakan saat ini, apa yang mereka butuhkan selain penggunaan saat ini?

4. Persaingan

Pesaing termasuk dalam aspek pemasaran karena mereka juga dapat menjadi faktor kesuksesan maupun kegagalan bisnis Anda. Jelaskan pesaing Anda. Kembangkan "proposisi penjualan unik" Anda. Apa yang membuat Anda menonjol dari pesaing Anda? Apa yang dilakukan pesaing Anda tentang branding?

5. Pernyataan Misi

Tuliskan beberapa kalimat yang menyatakan:

  • Pasar utama - kepada siapa Anda menjual.
  • Kontribusi - apa yang Anda jual.
  • Perbedaan - proposisi penjualan unik Anda.

6. Strategi Pasar

Tuliskan strategi pemasaran dan promosi yang ingin Anda gunakan atau setidaknya pertimbangkan untuk digunakan. Strategi untuk dipertimbangkan:

  • Jaringan - berkaitan dengan di mana saja pasar Anda berada.
  • Pemasaran langsung - surat penjualan, brosur, selebaran.
  • Periklanan - media cetak, direktori.
  • Program pelatihan - untuk meningkatkan kesadaran.
  • Tulis artikel, beri saran, dikenal sebagai ahli.
  • Penjualan Langsung/Perorangan
  • Publikasi/Siaran Pers
  • Situs web

7. Penetapan Harga, Pemosisian, dan Branding

Dari informasi yang telah Anda kumpulkan, buatlah strategi untuk menentukan harga produk Anda, di mana produk Anda akan diposisikan di pasar dan bagaimana Anda akan mencapai kesadaran merek.

8. Anggaran

Aspek pemasaran juga membutuhkan ketersediaan anggaran yang cukup supaya bisnis Anda dapat dijalankan. Dalam hal ini, renungkanlah beberapa pertanyaan berikut: Strategi apa saja yang Anda mampu lakukan? Apa yang dapat Anda lakukan di rumah, apa yang Anda butuhkan untuk melakukan outsourcing adalah pertanyaan mendasar yang harus direnungkan.

9. Tujuan Pemasaran

Tetapkan tujuan pemasaran yang terukur. Ini berarti tujuan yang dapat Anda ubah menjadi angka. Misalnya, tujuan Anda mungkin untuk mendapatkan setidaknya 30 klien baru atau menjual 10 produk per minggu, atau meningkatkan penghasilan Anda sebesar 30% tahun ini. Tujuan Anda mungkin termasuk penjualan, keuntungan, atau kepuasan pelanggan.

10. Pantau Hasil Anda

Untuk memantapkan aspek pemasaran dalam bisnis Anda, lakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Uji dan analisis.
  • Mengidentifikasi strategi yang bekerja.
  • Survei Pelanggan
  • Lacak penjualan, prospek, pengunjung situs web Anda, persentase penjualan hingga tayangan.

Dengan meneliti pasar Anda, pesaing Anda, dan menentukan posisi unik Anda, Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan Anda. Dengan menetapkan tujuan untuk kampanye pemasaran Anda, Anda dapat lebih memahami apakah upaya Anda membuahkan hasil atau tidak melalui peninjauan dan evaluasi hasil yang berkelanjutan. Pastikan untuk menggunakan rencana Anda sebagai dokumen hidup. Pemasar yang sukses terus-menerus meninjau status kampanye mereka terhadap tujuan yang telah mereka tetapkan. Ini memastikan peningkatan berkelanjutan untuk inisiatif pemasaran Anda dan membantu perencanaan di masa mendatang.

Jika Anda berminat untuk menggali ilmu tentang cara menentukan aspek pemasaran strategis lebih dalam, kunjungi pasartrainer.com dan temukan berbagai pelatihan yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan Anda!

Referensi

Fawsi, M. G. H. F., dkk. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/83

Qiscus. 6 Aspek Pemasaran yang Penting untuk Kesuksesan Bisnis. Insight. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://www.qiscus.com/id/blog/aspek-pemasaran/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.