10 Cara Jitu Untuk Menguasai Digital Marketing

Digital Marketing May 21, 2023

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menyadari manfaat digitalisasi bagi keuntungan mereka. Dan ada peningkatan permintaan untuk para profesional yang sangat terampil di bidangnya yang harus mengetahui 10 cara jitu untuk mempelajari dan menjalankan digital marketing/pemasaran digital untuk mengiklankan layanan mereka.

Pemasaran digital adalah salah satu dari sedikit industri, di mana Anda dapat memadukan ekspresi artistik Anda dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Untuk bersaing sebagai pemasar digital, seseorang tidak memerlukan gelar di bidang tertentu namun Anda dapat memperoleh sertifikasi pemasaran digital setelah memperoleh gelar sarjana dan mengembangkan portofolio yang kuat dengan berbagai proyek. Mari kita simak 10 cara jitu untuk menguasai digital marketing versi pasartrainer.com.

1. Buat Blog Anda Sendiri

Salah satu cara belajar digital marketing yang efektif adalah dengan praktek langsung dan mencoba-coba. Mulai blog Anda sendiri dan kumpulkan data dari pengalaman Anda. Anda akan belajar tentang teknik SEO, Periklanan Online, WordPress, dan beberapa elemen pemasaran digital lainnya. Meskipun awalnya sulit, ketika Anda menginvestasikan usaha & waktu, Anda akan menghargai proses dan menerima hasilnya. Blog juga bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk bekerja dari mana saja, hidup tanpa perlu bos, dan mulai menghasilkan uang.

2. Mendaftar Pada Kursus Digital Marketing

Selain blogging, Anda bisa menjadi ahli dalam pemasaran digital dengan mendaftar di kursus berbayar. Ada beberapa kursus pemasaran digital yang ditawarkan saat ini dan tersebar luas di internet.

Kursus Pemasaran Digital ditawarkan oleh lembaga seperti pasartrainer.com, yang mendidik Anda tentang semua keterampilan inti, alat, dan prosedur yang diperlukan untuk berkembang menjadi digital marketer profesional. Anda juga dapat membuat proyek untuk dimasukkan ke dalam portofolio Anda, memperlengkapi Anda untuk perubahan karier. Pasartrainer.com akan memberi Anda program pemasaran digital dan bantuan dalam penempatan kerja. Anda bahkan akan memenuhi syarat untuk menerima berbagai sertifikasi digital marketing setelah menyelesaikan program, yang dapat menyempurnakan resume Anda.

3. Buku dan Blog Pemasaran Digital

Cara belajar digital marketing selanjutnya adalah belajar dari buku dan blog yang membagikan konten-konten seputar pemasaran digital. Pengetahuan tentang praktik terbaik penulis dan pengetahuan domain diungkapkan secara luas dalam buku pemasaran digital. Buku-buku ini dapat membantu strategi periklanan Anda karena berisi metode dan tip praktis. Sementara itu banyak blog yang menangani sektor pemasaran digital yang mencakup bidang-bidang seperti teknologi AI, pemasaran online, dan SEO.

4. Tonton Video YouTube

Jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan Anda tentang pemasaran digital, tidak diragukan lagi cara belajar digital marketing melalui YouTube adalah sumber daya terbaik yang tersedia dan efisien. Ada sejumlah besar saluran YouTube yang berfokus hanya pada pemasaran digital. Saat mencari di YouTube tentang digital marketing, Anda dapat dengan cepat menemukan beberapa seminar dan video yang bagus.

5. Belajar Dari Para Profesional

Banyak profesional pemasaran digital dapat diikuti di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Di halaman media sosial mereka, mereka sering memperbarui konten segar yang berkaitan dengan kegiatan atau cara belajar digital marketing. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran digital.

6. Ikuti Magang

Jika Anda berniat untuk bekerja di perusahaan, Anda harus melakukan magang di bagian digital marketing. Secara global, ada banyak perusahaan pemasaran digital yang handal dan jujur. Anda harus memutuskan beberapa perusahaan sebelum mengajukan aplikasi magang. Dengan mengikuti magang, Anda mungkin menemukan cara kerja lingkungan pemasaran online. Selain itu, Anda mungkin memperoleh pengalaman praktis. Pakar pemasaran digital juga akan memantau aktivitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan magang Anda, Anda mungkin diberi tawaran pekerjaan yang signifikan.

7. Dengarkan Podcast Tentang Pemasaran Digital

Podcast semakin populer, tidak peduli Anda setuju atau tidak. Banyak orang mendengarkan podcast di seluruh dunia, terutama yang menekankan motivasi, pendidikan, dan peningkatan. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang digital marketing, Anda harus benar-benar mendengarkan berbagai podcast pemasaran supaya cara belajar digital marketing yang sedang Anda jalankan memiliki referensi yang luas dan relevan.

8. Hadiri Webinar

Cara belajar digital marketing selanjutnya adalah dengan menghadiri webinar bertajuk digital marketing/pemasaran digital. Para ahli melakukan webinar untuk memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan pengetahuan dan keterampilan. Bagian terbaik tentang webinar adalah Anda dapat mempelajari area kompleks yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Keuntungan lain dari menghadiri webinar adalah terdiri dari PPT, yang membuat pemasaran digital lebih menyenangkan dan sederhana.

9. Pertimbangkan Freelancing

Menjadi pekerja lepas atau freelancing juga sama efektifnya seperti menjadi praktisi sesungguhnya. Anda juga dapat terlibat dalam berbagai proyek aktif dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perusahaan yang sesuai dengan kepribadian, kemampuan, dan keterampilan Anda. Beberapa profesional independen teratas dalam pemasaran digital memiliki bidang keahlian tertentu sesuai keahliannya.

10. Berpartisipasi Dalam Konferensi Dan Seminar Tentang Pemasaran Digital

Cara belajar digital marketing yang terakhir adalah berpartisipasi dalam seminar dan konferensi baik secara online maupun offline. Konferensi semacam ini diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahun yang memungkinkan Anda dapat mendaftar untuk acara semacam itu dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Profesional, pemimpin bisnis, dan pengusaha digital berbagi pengetahuan mereka di konferensi dan seminar ini. Jadi belajar dari para ahli ini akan sangat baik.

Digital marketing menerima lebih banyak perhatian dari perusahaan daripada sebelumnya yang mengandalkan pemasaran konvensional. Pada tingkat ini, akan ada kebutuhan yang meningkat akan pemasar digital yang terampil dan berpengetahuan luas, yang akan mengarah pada peningkatan peluang karir. Juga, ada begitu banyak manfaat mengejar Kursus Sertifikasi Pemasaran Digital seperti meningkatkan keterampilan, mengikuti tren terkini, dan mendapatkan posisi teratas di pasar kerja.

Anda juga dapat mendaftar ke kursus sertifikasi pemasaran digital untuk mempelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip bidang ini dan mempelajari spesialisasinya lebih jauh. Ada berbagai kursus pemasaran digital yang tersedia baik online maupun offline terutama di pasartrainer.com. Fokus pada tujuan Anda dan pilih apa yang ingin Anda pelajari. Lihat kursus pelatihan online yang kami sarankan, lalu lanjutkan perjalanan digital marketing Anda!

Referensi

Muntean, M. (2022). How To Learn Digital Marketing [Guide to Getting Started]. Springboard. Diakses pada 4 Mei 2023 dari: https://www.springboard.com/blog/business-and-marketing/how-to-learn-digital-marketing/

Pasar Trainer. (2023). 10 Cara Belajar Digital Marketing. Diakses pada 4 Mei 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/10-cara-belajar-digital-marketing

Putri, A. M. A., Sanica, I. G. (2022). Digital Marketing Strategy To Survive During COVID-19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 6(1), 27-33.

https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/4084/1842

Yulianto, A., Setiadi, R. (2022). Digital Marketing: Revolusi Pemasaran Tradisional Menuju Masa Depan. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.