10 Cara Jualan Online Untuk Pemula

Digital Marketing May 21, 2023

Jaman sekarang internet telah tersebar luas hampir di seluruh pelosok tanah air, begitu juga dengan jasa kirim yang ada di mana-mana. Sosial media, website, dan E-commerce dapat diakses oleh siapa saja, melalui jaringan komputer maupun smartphone yang harganya pun semakin terjangkau. Adanya jaringan dan kemudahan yang ditawarkan membuka peluang baru bagi siapa saja untuk menjangkau potensi pasar yang teramat luas. Untuk itu, pasartrainer.com bermaksud untuk membagikan 10 tips atau cara jualan online untuk pemula sebagai berikut:

1. Buat Strategi SEO

Saat berjualan online, Anda tidak memiliki kemewahan ruang yang dapat dirasakan oleh orang-orang sebagaimana di toko fisik untuk melakukan pembelian secara impulsif. SEO atau search engine optimization merupakan alat canggih yang dapat mengarahkan seseorang ke suatu toko baik toko yang telah terkenal secara online atau bahkan toko yang masih tergolong baru. Ketika SEO dilakukan dengan benar dan strategi yang ditetapkan tepat, konsumen secara organik dapat menemukan toko online. Kedengarannya menakutkan, tetapi SEO adalah cara jualan online untuk pemula yang sangat baik untuk memastikan target pasar Anda dapat menemukan Anda di mesin pencari.

2. Pilih Platform E-commerce yang Tepat

Platform e-commerce adalah tulang punggung perusahaan ritel online mana pun, yang memungkinkan front-end dan back-end toko online bekerja sama secara efisien. Platform e-commerce harus memberi Anda semua fitur yang Anda butuhkan untuk memulai, menskalakan, dan mengelola bisnis online Anda. Luangkan waktu untuk meneliti pilihan Anda dan menemukan yang paling cocok untuk Anda dan bisnis Anda. Semakin banyak e-commerce yang digunakan, maka akan semakin baik dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Kurangi Gesekan Dengan Pelanggan Dan Buat Suasana Harmonis

Meminimalkan friksi atau perdebatan dengan pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan apakah Anda akan berhasil menjual produk secara online dan konsisten. Lakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan pelanggan Anda mendapatkan pengalaman terbaik dimulai dengan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk melakukan pembelian, seperti deskripsi produk yang kuat dengan posisi yang tepat, gambar, video hingga testimoni dan ulasan pelanggan, hingga detail tentang pajak, pengemasan, dan pengiriman. Jika Anda menjelaskan dengan jelas bagaimana produk Anda dan memecahkan keraguan pelanggan Anda dan memudahkan mereka untuk melakukan pembelian, maka Anda akan bisa memiliki peluang 90% keberhasilan dalam menjual barang secara online.

4. Buat Pelanggan Merasa Dihargai

Salah satu cara agar bisa memperoleh pelanggan tetap atau pelanggan setia adalah dengan membuat mereka merasa sangat dihargai. Dalam berbagai kasus, seringkali ditemui penjual tidak membalas chat dan terkesan menyepelekan para pelanggannya. Hal ini membuat pelanggan marah dan memberikan rating yang tidak maksimal atau bahkan terburuk meskipun produk yang diterima sesuai dengan deskripsi produk. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat pelanggan merasa dihargai, salah satunya dengan membalas chat mereka sesegera mungkin.

5. Investasikan Produk/Jasa di Situs Web Anda

Dalam dunia belanja online, orang tidak akan mengetikkan nomor kartu mereka ke situs web yang menampilkan gambar jelek dan deskripsi produk yang ditulis dengan buruk. Untuk itu salah satu cara jualan online untuk pemula yaitu berinvestasi dalam pengembang web terkemuka untuk membantu membangun situs web Anda yang bekerja secara kohesif dengan platform e-commerce pilihan Anda. Pastikan mereka meluangkan waktu untuk menemukan gambar produk yang profesional, menulis beberapa konten hebat, dan mengunggahnya ke situs web Anda dengan cara yang estetis dan ramah pengguna. Namun, jika tidak ingin menggunakan jasa pengembang website karena biayanya terlalu mahal, maka Anda dapat melakukan pelatihan program website dan keamanan untuk diri Anda atau karyawan Anda melalui mitra yang bisa diandalkan dalam urusan pelatihan dan pengembangan keterampilan karyawan.

6. Hidup Dan Mendalami Dunia Digital

Anda harus berada di semua tempat dan diketahui keberadaan atau status onlinenya. Anda perlu hidup dan bernapas secara digital, artinya Anda harus mengetahui segalanya di luar sana ketika menjalankan bisnis online. Cara jualan online untuk pemula ini berarti Anda harus memiliki situs web dan halaman media sosial. Anda harus menjalankan iklan, menulis blog, membuat video YouTube, atau memposting produk Anda di pasar online. Ini mungkin terdengar luar biasa pada awalnya. Tetapi ada banyak artikel cara untuk membantu Anda dengan bisnis online Anda.

7. Temukan Nilai Jual Unik Anda

Untuk menjadi penjual online yang sukses, temukan nilai jual unik Anda. Apa pun industri Anda, sudah ada ribuan bisnis lain yang melakukan persis seperti yang Anda lakukan. Beberapa dari bisnis ini telah menjual secara online selama bertahun-tahun dan telah mengumpulkan jenis cap yang tidak Anda miliki sebagai bisnis yang baru dimulai. Jadi, bagaimana Anda bersaing? Analisis pesaing Anda dan temukan apa yang tidak mereka miliki dari Anda.

8. Pastikan Situs Website Anda Memiliki Keamanan Tinggi

Ketika berbicara tentang cara jualan online untuk pemula, khususnya tentang aspek jualan onlinenya, maka aspek terpenting adalah keamanan. Kemungkinan besar, Anda akan menggunakan metode pembayaran online untuk memungkinkan orang melakukan pembelian dengan cara yang sederhana dan efisien. Karena Anda akan berurusan dengan informasi keuangan pelanggan, Anda perlu memastikan bahwa keamanan situs web Anda sangat baik. Ambil semua tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi data pelanggan. Bagaimanapun, kepercayaan merekalah yang ingin Anda pertahankan. Bahkan jika itu sedikit mendorong pengembangan aspek lain dari situs web Anda, Anda perlu memastikan bahwa keamanan berada di urutan teratas daftar prioritas Anda ketika berurusan dengan penjualan online.

9. Jangan Mencoba Menemukan Kembali Roda

Tip terbaik untuk penjualan online adalah memperhatikan margin Anda. Konsumen sangat menyukai pengiriman gratis seperti yang dilakukan pengecer besar, tetapi ketika Anda melakukannya, biaya pengiriman yang dikombinasikan dengan persediaan pengemasan benar-benar melemahkan margin Anda. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa benar-benar kehilangan uang.

10. Pertimbangkan Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan Anda

Dengan pasar yang saat ini berubah, penting bagi bisnis untuk berubah juga. Saran kami adalah terus memikirkan keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda, dan mengevaluasi apa yang berhasil dan apa yang tidak. Pikirkan cara untuk memodifikasi produk Anda atau berinovasi untuk melayani kebutuhan pelanggan Anda dengan lebih baik.

Kini, Anda telah mengetahui cara jualan online untuk pemula. Jika Anda tertarik untuk mendalaminya, Anda dapat mengunjungi situs pasartrainer.com untuk mengetahui pelatihan yang paling cocok untuk berjualan online.

Referensi

Dwi, R. (2022). Cara Jualan Online Shop Di Instagram Bagi Pemula. Campus Digital. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://campusdigital.id/artikel/cara-jualan-online-shop-di-instagram-bagi-pemula?ref=farisfanani

Farmiloe, B. (2023). 12 Online Selling Tips For Beginners. Score. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://www.score.org/resource/blog-post/12-online-selling-tips-beginners

Hadijah, S. (2022). Tips Jualan Online Dan Cara Mendapatkan Modal Untuk Pemula. Cermati. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://www.cermati.com/artikel/tips-jualan-online-dan-cara-mendapatkan-modal-untuk-pemula

McCarthy. (2023). 20 Tips And Tricks For Selling Your Stuff Onilne. Yardbarker. Diakses pada 3 Mei 2023 dari:

https://www.yardbarker.com/lifestyle/articles/20_tips_and_tricks_for_selling_your_stuff_online/s1__35553122

Rahmanda, R. (2022). Marketplace Spesialis: Menjadi Ahli Dalam Jualan Online. Yogyakarta: Deepublish.

Ryan, E. (2023). How To Sell Online in 2023 : Start Making Money Today. Website Builder Expert. Diakses pada 3 Mei 2023 dari:

https://www.websitebuilderexpert.com/building-online-stores/how-to-sell-online/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.