10 Cara Meningkatkan Skill Public Speaking

Leadership & Soft Skills May 7, 2023

Public speaking adalah hal yang harus dikuasai oleh orang-orang yang ditunjuk sebagai pemimpin. Tujuannya adalah untuk membawa audiens ke dalam suasana yang menyenangkan, edukatif, atau bahkan kampanye yang dapat mempengaruhi para audiensnya agar mengikuti apa yang disampaikan pembicara.

Dengan skill public speaking yang baik, maka seseorang akan memperoleh beragam manfaat khususnya kesempatan untuk mempengaruhi audiens yang terdiri dari masyarakat umum, investor, konsumen, pemegang saham, bahkan para pesaing. Untuk itu, pada penulisan artikel ini pasartrainer.com bermaksud untuk membagikan 10 cara efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum agar mendapatkan tujuan yang diinginkan.

1. Tuliskan Hal-Hal yang Ingin Disampaikan

Langkah pertama untuk meningkatkan skill public speaking adalah dengan membuat garis besar pidato Anda untuk mengatur konten. Meskipun pidato singkat satu atau dua menit, menuliskan titik fokus di bagian awal, tengah, dan akhir dapat membantu Anda mengasah ide-ide kunci yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda dapat menulis seluruh pidato, lakukanlah. Anda mungkin akan berimprovisasi pada bagian-bagian tertentu, tetapi semakin banyak yang dapat Anda persiapkan, pidato Anda akan semakin lancar.

2. Lakukan Latihan

Latihan berjalan seiring dengan tip pertama di atas dapat meningkatkan skill public speaking secara perlahan. Alasannya karena apa yang dipikirkan dengan apa yang terucap, seringkali tidak terintegrasi sehingga membutuhkan persiapan yang lebih matang seperti dengan melakukan pelatihan. Berlatih pidato memungkinkan Anda untuk:

·     Mengatur penguasaan tempat dan jeda (timing) untuk dampak optimal.

·     Menguasai intonasi dan artikulasi.

·     Merasa lebih nyaman dengan pesan yang Anda sampaikan.

Berlatihlah di depan cermin dan di depan teman jika memungkinkan. Jika Anda perlu menghafal pidato Anda, pisahkan menjadi beberapa bagian dan berusahalah untuk menghafal satu bagian pada satu waktu. Chunking adalah prinsip kognitif yang menyatakan bahwa suatu informasi lebih mudah disimpan ketika dipecah menjadi beberapa bagian. Untuk pidato yang berdurasi beberapa menit, gunakan chunking untuk menangani satu bagian pada satu waktu, lalu susun menjadi satu dalam persiapan Anda.

3. Rekam Proses Pelatihan

Anda mungkin akan takjub dengan apa yang Anda temukan saat melihat diri Anda sendiri ketika mempraktikkan pidato Anda. Hal itu normal untuk memiliki tingkah laku yang unik saat berbicara, apakah itu menggunakan tangan secara ekspresif atau melihat ke atas secara acak.

Siapkan kamera video Anda di ponsel dan rekam diri Anda saat Anda berlatih berpidato. Kemudian tinjau ulang untuk memastikan kecepatan, kontak mata, dan gerakan fisik Anda sesuai dengan nada bicara Anda dan tunjukkan kepercayaan diri.

4. Bersiaplah Untuk yang Terburuk

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi membayangkan skenario terburuk yang dapat terjadi selama pidato Anda dapat membantu menenangkan Anda. Pelatihan inokulasi adalah cara yang efektif untuk skill public speaking khususnya dalam mengatasi rasa takut bagi seseorang yang akan berbicara di depan umum. Untuk mencoba pelatihan inokulasi, pikirkan kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi dan kemudian pikirkan tanggapan terbaik Anda. Melakukan hal ini memiliki efek meminimalkan rasa takut, yang dapat meningkatkan ketenangan Anda saat berbicara.

5. Jelajahi Ruangan yang Akan Digunakan Terlebih Dulu

Jangan biarkan tata letak tempat yang mengejutkan menggagalkan pidato Anda. Penyiapan yang melibatkan podium, platform, atau panggung mungkin tampak baru dan menggelegar jika sangat berbeda dari tempat Anda berlatih.

Sebelum berpidato, cobalah untuk menguasai tempat dengan cara berjalan-jalan di sekitar tempat acara yang akan Anda gunakan jika Anda bisa. Sentuh mimbar. Jika Anda akan memegang mikrofon, pegang dan berjalanlah dengannya sebelum pidato. Lihatlah ke beberapa baris pertama sehingga Anda memiliki gagasan ke mana harus bepergian saat menyampaikan pidato.

6. Tunjukkan Diri Anda dengan Tampil Percaya Diri

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol setiap detail pidato, Anda dapat mengontrol kepercayaan diri melalui penampilan Anda. Kenakan pakaian yang nyaman yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Ini membantu Anda dalam meningkatkan rasa percaya diri yang sangat dibutuhkan. Berbagai penelitian di dalam dan di luar negeri menemukan bahwa cara berpakaian yang baik akan mempengaruhi cara pandang Anda, seberapa percaya diri Anda, dan bahkan seberapa baik Anda dalam berpikir secara abstrak.

7. Senyum

Salah satu cara untuk langsung rileks adalah dengan tersenyum karena dengan tersenyum dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres. Tersenyum juga bisa membuat audiens lebih reseptif terhadap Anda. Selain itu, tersenyum membuat orang tampak lebih menarik bagi orang lain. Jika pidato Anda tidak sepenuhnya khidmat atau serius, cobalah tersenyum di awal dan sepanjang pidato.

8. Dapatkan Perhatian Audiens

Jika Anda ingin mempertahankan audiens Anda untuk mendengarkan setiap kata, libatkan mereka sejak awal. Caranya yaitu dengan membuat pidato efektif agar audiens langsung memahaminya. Beberapa cara untuk melakukannya antara lain:

·     Menggunakan diksi yang tepat.

·   Mengajukan pertanyaan yang tricky untuk dipikirkan audiens.

·     Menceritakan kisah yang menarik perhatian mereka.

·     Memberikan pratinjau tentang apa yang akan dipelajari audiens.

Anda dapat mempertimbangkan untuk meminta gerakan fisik, seperti mengacungkan tangan jika orang mengidentifikasi sesuatu, agar audiens berpartisipasi dalam pidato Anda sejak awal.

9. Tinggalkan Kesan Dan Pertanyaan

Jadikan pidato Anda lebih berdampak dengan meninggalkan audiens dengan sesuatu untuk dipikirkan atau tindakan yang mungkin dilakukan. Ini memperkuat konten yang Anda sajikan dan menciptakan koneksi dengan anggota audiens saat mereka terus merefleksikan pidato Anda. Salah satu cara terbaik untuk membuat pidato menjadi efektif adalah dengan membuatnya dari perspektif apa untungnya bagi audiens. Biarkan mereka dengan sumber daya yang dimiliki dalam genggaman untuk mempelajari lebih lanjut tentang subyek atau dengan tip praktis yang dapat mereka gunakan untuk mempraktikkan pesan pidato Anda.

10. Minta Umpan Balik

Jadilah lebih baik ketika berbicara di depan umum yaitu dengan meminta umpan balik dari audiens Anda. Bergantung pada pengaturannya, permintaan ini dapat dilakukan secara formal, seperti survei email singkat setelah pidato berlangsung, atau secara informal, dengan menanyakan pendapat orang yang Anda percayai tentang pidato Anda.

Jangan kewalahan oleh umpan balik. Identifikasi area yang Anda tahu dapat Anda tingkatkan, dan buat perubahan kecil di setiap pidato. Jika Anda serius untuk menyempurnakan skill public speaking Anda, bergabunglah dengan kelompok yang terafiliasi dengan pasartrainer.com, yang dapat memberi Anda kesempatan untuk berlatih berbicara secara fasih di depan umum dan mendapatkan umpan balik dalam suasana yang mendukung.

Referensi

Adams, S. (2022). Lancar Berbicara, Mahir Berdebat, Terampil Menaklukan Lawan. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Citra Tubuh Dan Kepercayaan Diri Pada Remaja Perempuan. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7). 194-203. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/42611

Maimunah, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berkomunikasi (Public Speaking) Pada Alumni Kahfi Motivator School Tangerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

Mudiawati, R. (2019). Penggunaan Outfit Terhadap Rasa Percaya Diri Mahasiswa Semester 7. Jurnal Psikologi Islam, Al-Qalb, 11(1). 1-5. https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i1.1093

Sainte Anastasie. (2023). Bagaimana Pelatihan Inokulasi Stres Dapat Membantu Anda. Diakses pada 18 April 2023 dari: https://id.sainte-anastasie.org/articles/psicologia/cmo-te-puede-ayudar-el-entrenamiento-de-inoculacin-de-estrs.html

Spencer, L. (2021). What Is Public Speaking? & Why Is It Important? (Definition + Tips). Evantotuts+. Diakses pada 18 April 2023 dari: https://business.tutsplus.com/tutorials/what-is-public-speaking--cms-31255

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.