10 Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses

Leadership & Soft Skills Apr 16, 2023

Semua orang tentunya menginginkan kebebasan finansial di usia yang relatif sesuai dengan targetnya masing-masing. Dengan kebebasan finansial, maka mereka tidak akan mengkhawatirkan urusan-urusan yang menyangkut keuangan dan kebutuhan pokok yang berbeda-beda untuk setiap individunya. Namun, untuk dapat mencapai kebebasan finansial yang sesungguhnya memerlukan perjuangan yang tidak main-main dan harus bersungguh-sungguh. Persiapan ini mulai dari menyiapkan keterampilan teknis, manajerial dan yang paling utama adalah mindset yang positif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan 10 cara menjadi wirausaha yang sukses.

1. Mengatasi Rasa Takut

Ingin tahu mengapa menjadi sukses dalam usaha bisnis dianggap sebagai hal yang menakutkan oleh masyarakat? Meskipun ada rintangan yang jelas harus dihadapi, salah satu tantangan terbesar adalah mengatasi rasa takut terjun ke bisnis sejak awal. Kebanyakan orang bermimpi sepanjang hari tentang meluncurkan bisnis yang sukses sambil menonton jam berdetik di pekerjaan sehari-hari mereka. Alasan mereka tidak pernah keluar dari keamanan gaji adalah karena mereka terlalu takut dengan ketidaktahuan yang muncul saat memulai bisnis. Sementara itu, bisnis dapat membuahkan hasil yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan bekerja di bawah orang lain.

2. Memahami Keuangan

Memulai bisnis selalu membutuhkan biaya lebih dari yang diperkirakan dan membutuhkan manajemen keuangan yang baik untuk mengelola aspek-aspek keuangan yang sangat penting dan sensitif pada suatu usaha. Dalam hal ini, seorang wirausahawan harus dapat mengalokasikan sebagian dari pendapatan yang diperolehnya ke dalam dana darurat untuk mempersiapkan diri menghadapi keadaan darurat keuangan yang tidak terduga. Sebagai upaya terakhir, Anda mungkin harus mengambil pinjaman atau menyuntikkan uang Anda sendiri ke dalam bisnis. Namun, selalu tunjukkan akar penyebab masalah keuangan dan selesaikan jika itu berada dalam lingkup kendali Anda.

3. Menumbuhkan Kepemimpinan

Setelah ketakutan teratasi dan Anda membuat lompatan untuk memulai bisnis, Anda telah memulai perjalanan menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang hebat akan menemukan cara menjadi wirausaha yang sukses dengan tepat sekaligus mengetahui di mana letak kelemahan mereka. Selain itu, pemimpin yang cerdik tahu siapa yang harus ditempatkan di posisi tertentu untuk memastikan bahwa perusahaan mereka adalah perusahaan yang mencapai kesuksesan nyata.

4. Gunakan Leverage Anda

Salah satu cara menjadi wirausaha yang sukses adalah memahami apa yang "harus dilakukan" dengan peluang yang ada di sekitar mereka. Konsep penting yang perlu dipahami oleh orang yang terjun ke bisnis, dan dibutuhkan pemikiran tertentu untuk berpikir "di luar kotak" dalam situasi untuk menemukan nilai dalam hubungan atau keadaan baru. Orang yang sama yang terlalu takut untuk keluar dari pekerjaan hariannya juga adalah orang yang sama yang tidak tahu cara memanfaatkan aset dan hubungan dalam hidup mereka. Pengusaha sukses, di sisi lain, terus mencari cara untuk menciptakan keuntungan dan peluang baru setiap hari.

Pepatah sederhana "ketika hidup memberi Anda kopi, buatlah minuman kopi" adalah contoh yang bagus untuk menggunakan leverage untuk memajukan bisnis Anda. Banyak orang akan membuat kopi dan meminumnya sendiri, sementara pengusaha sejati akan membuat minuman kopi dan menjualnya kepada mereka yang tidak memiliki kopi, dan menggunakan keuntungannya untuk membeli lebih banyak kopi atau pindah ke bisnis lain.

5. Dapatkan Mitra

Kita telah berbicara sebelumnya tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin adalah salah satu kualitas terpenting yang dibutuhkan seseorang untuk "menggerakkan rantai" dalam permainan bisnis. Untuk mencapai kehebatan sebagai seorang pemimpin, seseorang harus memiliki tim individu yang percaya pada misi untuk maju. Mengumpulkan tim mitra yang hebat memainkan peran penting dalam bisnis yang menguntungkan. Banyak yang memulai sendiri dan memakai banyak topi, tetapi bisnis hanya dapat berkembang sejauh ini jika hanya ada satu sumber energi, inspirasi, dan ekuitas keringat yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga agar lampu tetap menyala.

6. Memiliki Sikap yang Benar

Sejauh ini kita telah membahas beberapa konsep terpenting yang perlu Anda pahami untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis - tetapi bagaimana Anda benar-benar mencapai kesuksesan sejati? Apakah itu hanya sekedar mendapatkan uang, atau penjualan, atau pengaruh tindakan Anda terhadap lingkungan di sekitar Anda? Pada akhirnya kesuksesan nyata dalam bisnis hanya penting jika itu juga sama dengan kesuksesan dalam hidup, dan itu semua dimulai dengan memiliki sikap yang benar terhadap segala tantangan di depan mata.

7. Bersyukur Dan Menjaga Kerendahan Hati

Kita hidup di dunia yang berubah setiap hari, dengan kecepatan yang benar-benar dapat kita rasakan. Selama 30-50 tahun terakhir, teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi tidak hanya dengan tetangga dan orang yang kita cintai, tetapi juga kontak bisnis kita di seluruh dunia. Generasi yang tumbuh dengan teknologi ini sering menerima begitu saja, tidak pernah berhenti untuk terus menikmati kemajuan teknologi tanpa diiringi dengan rasa syukur dan kerendahan hati sehingga membuat banyak orang menjauh dan pergi begitu saja.

8. Temukan Mentor

Memiliki mentor yang dapat Anda percayai adalah aset berharga. Apakah Anda berada dalam kelompok dalang atau tetap berhubungan dengan mantan guru Anda atau rekan bisnis lainnya, bimbingan para ahli berpengalaman selalu berharga. Bekerjalah dengan seseorang yang telah sukses di bidangnya untuk mempersingkat kurva belajar Anda.

9. Menjaga Teman yang Tepat

Jika telah memulai sebuah usaha dan teman (mitra) bisnis yang selalu siap mendukung, maka cara menjadi wirausaha yang sukses dan awet adalah mempertahankan teman yang ia miliki tersebut dan menjaga hubungan yang baik. Jika terdapat perbedaan pendapat atau suatu kejadian yang dapat mendatangkan perselisihan, tugas Anda adalah memahami perspektif mereka dan membuat keputusan cerdik untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut. Meskipun terdengar sepele, namun kehilangan mitra yang solid bisa jadi mengguncang bisnis secara hebat hingga menjatuhkannya ke titik nol atau titik semula.

10. Terus Menerus Mendidik Diri Sendiri

Jadilah pembelajar yang rakus. Anda dapat menghadiri pelatihan khusus, seminar langsung atau kelas online. Membaca buku yang ditulis oleh pengusaha sukses yang Anda kagumi sangat direkomendasikan. Bahkan jika mereka tidak berada di bidang yang sama dengan Anda, Anda bisa belajar banyak hal dari kesuksesan dan kegagalan mereka. Mengamati bagaimana mereka memecahkan masalah dapat memberi Anda tip untuk menyelesaikan kesulitan Anda.

Untuk mengetahui cara menjadi wirausaha yang sukses dan lengkap, Anda dapat mengikuti program pelatihan kewirausahaan secara mendalam dengan berbagai subtema yang beragam di pasartrainer.com, marketplace pelatihan berbagai macam profesi untuk menunjang profesionalitas anda.

Referensi

CIMB Niaga. (2023). 7 Tips Jitu untuk Menjadi Pengusaha Sukses. Diakses dari: https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/7-tips-jitu-untuk-menjadi-pengusaha-sukses

Get Educated. (2023). How to Become a Businessman & What It Takes to Succeed. Diakses dari: https://www.geteducated.com/careers/how-to-become-a-businessman/#/

Kuncie. (2023). 10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Di Usia Muda. Diakses dari: https://www.kuncie.com/posts/tips-menjadi-pengusaha-sukses

Rampton, J. (2023). 10 Things You Must Do to Be Successful in Business (and in Life). INC. Diakses dari:

https://www.inc.com/john-rampton/how-to-be-successful-in-business-and-be-successful-in-life-too.html

Wynnberg, W. (2022). 10 Tips For Becoming A Successful Entrepreneur. Forbes. Diakses dari: https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/12/28/10-tips-for-becoming-a-successful-entrepreneur/?sh=2e5a341d483f

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.