10 Cara Tepat Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Kantor

Office Management Feb 22, 2024

Produktivitas kerja dari semua karyawan sangat menentukan hasil kinerja dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, tentu saja hal ini sangat patut menjadi perhatian bagi setiap perusahaan.

Ada berbagai cara tepat untuk meningkatkan produktivitas tersebut, selengkapnya akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Jadi, jika kamu memiliki perusahaan yang ingin hasil kerja maksimal, jangan abaikan berbagai cara berikut!

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Setiap perusahaan tentunya memiliki strategi tersendiri untuk mencapai tujuannya. Namun, mungkin saja masih ada perusahaan yang kurang memperhatikan tentang produktivitas dari para karyawannya.

Di bawah ini adalah cara jitu yang bisa kamu lakukan supaya produktivitas tersebut bisa meningkat dengan optimal:

Buat Suasana Kerja yang Baik

Produktivitas karyawan dapat ditingkatkan dengan membuat lingkungan dan suasana kerja yang baik dan kondusif.

Ini bisa berkaitan dengan berbagai hal, misalnya kondisi ruangan kerja, kebersihan, fasilitas, hingga pola komunikasi dari setiap elemen di kantor.

Manfaatkan Teknologi dengan Optimal

Perkembangan teknologi belakangan ini terjadi dengan sangat cepat. Tentunya, hal ini dapat menjadi angin segar untuk perusahaan, karena kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan kerja.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan jenis aplikasi tertentu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Komunikasi dan kerjasama juga bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Buat Daftar Pekerjaan Harian

Supaya berbagai pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan teratur, maka penting bagi kamu untuk membuat daftar pekerjaan harian. Jika tidak ingin membuatnya secara manual, saat ini sudah banyak teknologi yang bisa mendukung pembuatan daftar tersebut.

Hal ini menjadi penting untuk membuat setiap karyawan menjadi lebih disiplin dan produktif dalam melakukan pekerjaannya.

Tentukan dan Taati Deadline

Masih berkaitan dengan daftar tugas, hal yang tidak kalah penting yaitu menentukan deadline atau tenggat waktu dari setiap daftar pekerjaan. Tenggat waktu ini bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan kisaran waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Bisa jadi, tenggat ini dalam durasi jam, hari, minggu, bahkan bulan. Selanjutnya, pastikan tenggat tersebut ditaati dengan baik oleh setiap komponen perusahaan.

Atur Prioritas dengan Baik

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu kamu perlu mengatur prioritas dengan baik. Ini juga masih berkaitan dengan membuat dua poin pembahasan yang sudah dijelaskan tepat sebelum ini.

Ketika kamu membuat daftar pekerjaan beserta tenggat waktunya, perlu dipertimbangkan tentang prioritas dari setiap pekerjaan. Aturlah pekerjaan mulai dari yang paling penting dan pertimbangkan kapan pekerjaan tersebut perlu diselesaikan. Dengan mengatur prioritas, maka produktivitas kerja pun dapat ditingkatkan.

Bangun Komunikasi yang Efektif

Selanjutnya, penting bagi kamu untuk membangunn pola komunikasi yang efektif. Sebaiknya hal ini dilakukan secara dua arah, yaitu dari atasan ke bawahan dan sebaliknya.

Dengan adanya komunikasi yang tepat dan efektif, maka setiap informasi bisa disampaikan secara maksimal dan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan komunikasi.

Selanjutnya, terjalinnya komunikasi yang baik juga bisa meningkatkan semangat dari para karyawan. Hal ini bisa membuat produktivitas mereka semakin tinggi.

Mengadakan atau Mengikuti Program Pelatihan

Untuk meningkatkan produktivitas, cara selanjutnya yang terbilang cukup efektif untuk berbagai jenis bidang yaitu mengadakan atau mengikuti pelatihan. Ada banyak jenis pelatihan kerja yang bisa diadakan atau diikuti, tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan kerja.

Meski akan membutuhkan biaya, namun hal ini memang perlu diadakan untuk peningkatan berbagai macam skill karyawan. Dengan begitu, mereka bisa bekerja sesuai bidangnya dengan lebih optimal.

Hindari Multitasking

Cara selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah sebisa mungkin menghindari multitasking atau mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu. Hal ini memang bisa efektif untuk sebagian orang, bahkan bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Namun, bagi kebanyakan orang, fokus kerja dapat berkurang jika melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Hal ini akan semakin terasa jika pekerjaan tersebut cukup berat dan rumit.

Pantau Kinerja dan Lakukan Evaluasi

Setiap pekerjaan karyawan perlu dipantau supaya dapat berjalan dengan tepat dan sesuai tenggat waktu. Selanjutnya, diperlukan juga evaluasi secara berkala supaya kinerja dapat ditingkatkan pada kemudian hari.

Pastikan Karyawan Cukup Beristirahat

Cara penting selanjutnya yaitu memastikan karyawan memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini berkaitan dengan jam kerja kantor, pastikan jam kerja tersebut ditepati sehingga tidak mengganggu waktu istirahat karyawan.

Itulah berbagai langkah atau cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin meningkatkan produktivitas karyawan. Pada dasarnya, jika perusahaan memberikan berbagai fasilitas dan perlakuan yang tepat pada setiap karyawannya, maka peningkatan tersebut akan lebih mudah untuk dicapai.

Cara di atas dapat menjadi referensi yang tepat bagi setiap perusahaan yang ingin mendapatkan peningkatan produktivitas secara signifikan. Selanjutnya, hasil yang maksimal juga bisa dilakukan dengan berbagai pelatihan office management.

Apabila perusahaan kamu memerlukan pelatihan tentang bidang ini, berbagai pelatihan office management dari PasarTrainer dapat menjadi solusi tepat. Efisiensi dari pekerjaan kantor pun dapat lebih mudah untuk dicapai keberhasilannya dengan pelatihan tersebut.

Selain itu, program ini juga cocok untuk kamu yang merupakan fresh graduate dan ingin belajar lebih banyak dalam tentang produktivitas kerja. Jadi, mari segera klik di sini untuk mendapatkan berbagai informasi selengkapnya dari Pasar Trainer!


Referensi

www.kahfeveryday.com - 10 Tips Meningkatkan Produktivitas di Kantor yang Wajib Kamu Coba
www.ekrut.com - 5 Cara Tepat Meningkatkan Produktivitasa Karyawan
adminpublik.uma.ac.id - 8 Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja
lpm.uma.ac.id - 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.