10 Contoh Komunikasi Publik yang Dilakukan Perusahaan-Perusahaan Raksasa

Communication May 7, 2023

Salah satu faktor kesuksesan perusahaan adalah keberhasilan mereka dalam memenangkan hati konsumen. Prosesnya panjang, dan memerlukan dukungan dari berbagai variabel yang terintegrasi. Contohnya adalah produk-produk negara Korea Selatan yang dapat laku keras di pasar internasional tidak lain dikarenakan proses komunikasi langsung dan tidak langsung yang mereka lakukan via siaran drama, film dan endorsement dari para influencer yang populer dan diidamkan oleh orang-orang di kancah internasional.

Melalui siaran konser Boyband misalnya, mereka menanamkan kecintaan para fans terlebih dulu sebelum akhirnya mengekspos produk yang mereka jual melalui para artis. Fans yang jatuh cinta dengan artisnya tersebut kemudian akan meniru apa saja yang dilakukan oleh para artis, termasuk menggunakan barang-barang yang dikonsumsi/dikenakannya. Pada penulisan artikel ini, pasartrainer.com ingin memberikan contoh komunikasi publik yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk mencapai kesuksesan mereka.

1. Pengumuman Produk/Jasa Baru

Sebuah produk baru, lebih berpotensi laku keras di pasar yang luas apabila diumumkan kepada publik daripada tidak sama sekali. Hal ini dikarenakan pengumuman produk baru akan memberikan informasi yang berkaitan dengan segala spesifikasi yang terdapat pada produk/jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Melalui pengemasan produk yang menarik, serta beberapa detail yang diinformasikan pada para konsumen, maka perusahaan akan memperoleh atensi yang diinginkan dari para konsumen sehingga konsumen pun ingin membeli produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan.

2. Penawaran Jasa/Produk

Ketika produk baru telah diluncurkan, tentu tidak semua orang akan mengetahuinya karena berbagai alasan. Oleh karena itu, komunikasi oleh para salesman menjadi sangat penting untuk menjangkau keputusan pembelian para konsumen. Contoh komunikasi publik yang dilakukan para salesman adalah dengan menyapa orang yang sedang lewat dan mengajak mereka yang membalas sapaan yang diberikan untuk mendengarkan apa yang ditawarkan perusahaan secara halus.

3. Memimpin Rapat Dengan Para Calon Investor

Investor melakukan investasi tidak hanya dikarenakan judul dari suatu gagasan yang ditawarkan perusahaan saja. Tetapi kebanyakan dari mereka melakukan investasi karena tertarik dengan strategi dan manajemen resiko atas ide yang ditawarkan kepada mereka, sehingga mereka mampu memperkirakan potensi keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkannya. Contoh komunikasi publik yang tepat bagi para investor adalah dengan memberitahukan langkah-langkah perusahaan berkaitan dengan detail penggunaan dana, strategi perusahaan jika terjadi ketidaktepatan sasaran, dan strategi perusahaan dalam menjamin kepuasan konsumennya.

4. Berbicara Via Program TV dan Radio

Program TV dan radio adalah contoh komunikasi publik yang dapat secara efektif menyebarkan informasi karena paling banyak digunakan oleh masyarakat umum. Melalui kedua media ini, maka narasumber dan bintang tamu dapat menginformasikan produk mereka kepada khalayak umum. Namun, berbicara di program TV dan Radio tidak boleh sembarangan selayaknya masyarakat yang berbicara di warung makan, terdapat teknik-teknik komunikasi strategis yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat secara luas tanpa mengakibatkan konsekuensi hukum.

5. Iklan

Hampir sama dengan siaran melalui TV dan Radio, iklan memiliki durasi yang lebih singkat namun dapat memberikan propaganda terhadap persepsi publik. Oleh karena itu, dalam pembuatan iklan, ada banyak analisa perilaku konsumen dan pertimbangan strategi pemasaran lanjutan yang harus dimatangkan terlebih dulu sebelum memberitahukan apa yang ingin disampaikan perusahaan kepada publik.

6. Video Streaming

Contoh komunikasi publik selanjutnya adalah melakukan video streaming yang biasanya dilakukan oleh para gamers, artis, dan masyarakat umum untuk memberikan hiburan bagi audiensnya. Tujuan mulanya yaitu menarik traffic penonton, meningkatkan jumlah pengikut/audiens di akun media sosial mereka, dan kemudian melakukan pengiklanan terhadap produk mereka sendiri atau dari perusahaan lain. Oleh karena itu, dengan komunikasi yang interaktif dan audio visual yang menarik, maka tingkat keberhasilan dalam meraih perhatian penonton yang luas akan lebih tinggi.

7. Social Media Short Video

Memasuki zaman dengan meta Short Video, penggunaan tagar, audio visual dan permainan timing yang tepat akan membuat traffic audiens meningkat dengan pesat. Alasannya sederhana, yaitu karena short video yang ada di social media akan membuat masyarakat umum penasaran dan mengulang-ulang serta membagikan video tersebut pada rekan-rekannya.

8. Konser/Teater

Konser/teater adalah contoh komunikasi publik yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan para sponsor secara implisit. Melalui pertunjukan yang menarik dan dramatis, emosi para penonton akan terbawa suasana dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk pengiklanan. Dalam drama Korea Selatan misalnya, para pemain kerap memperlihatkan kimchi, mie instan, dan smartphone seperti Samsung yang diproduksi negara mereka seolah-olah produk-produk tersebut benar-benar paling mereka sukai. Para penonton yang telah terbawa suasana pun pada mulanya akan penasaran dan membeli produk yang digunakan oleh para artis tersebut tanpa mengetahui bahwa hal tersebut merupakan contoh komunikasi publik perusahaan yang sangat efektif. Di Indonesia sendiri telah banyak mencontoh keberhasilan strategi pemasaran pabrik Korea Selatan melalui sinetron dan beberapa serial film yang diproduksi sutradara lokal. Namun, hal ini masih belum maksimal karena penjualan produk Indonesia sendiri masih kalah dibanding dengan Korea Selatan.

9. Penulisan Artikel

Artikel dan media surat kabar yang tersebar secara online maupun offline tidak luput menjadi strategi perusahaan dalam berkomunikasi secara publik. Melalui media ini, penulis atau orang yang ditugaskan perusahaan untuk membuat suatu artikel dapat memberikan perspektifnya secara subyektif maupun obyektif. Fungsinya adalah untuk menginformasikan kepada para audiens terkait kegiatan perusahaan, jawaban/tanggapan atas isu yang beredar, atau hal-hal lain yang bersifat melindungi dan mengangkat citra perusahaan.

10. Debat Publik

Meskipun identik dengan kampanye politik, debat publik harus dilakukan dengan cara yang santun, profesional, cerdik, dan mampu menarik simpati para penontonnya. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan-kesan positif bagi para audiensnya.

Kini, Anda telah mengetahui contoh-contoh komunikasi publik yang biasa dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai para konsumennya. Namun, contoh-contoh ini masih sebatas permukaan saja. Jika Anda tertarik untuk menggali Berbagai contoh komunikasi publik secara lebih mendalam serta memahami cara untuk menguasainya, Anda dapat melakukan pelatihan bagi diri Anda atau karyawan di perusahaan Anda melalui kemitraan dengan pasartrainer.com yang memiliki trainer-trainer berkualitas dan bersertifikasi sesuai bidangnya.

Referensi

Humas. (2023). Perhatikan Tiga Hal ini Sebelum Melakukan Komunikasi Publik. Humas Indonesia. Diakses pada 17 April 2023 dari: https://www.humasindonesia.id/berita/perhatikan-tiga-hal-ini-sebelum-melakukan-komunikasi-publik-1135

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik yang Efektif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(1). Diakses pada 17 April 2023 dari: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1830

Oktalisa, N. E., & Prayitno, E. T. (2022). Komunikasi Publik Dalam Organisasi. Bursa Kota. Diakses pada 17 April 2023 dari: https://www.bursakota.co.id/komunikasi-publik-dalam-organisasi/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.