10 Hal yang Ingin Dilihat Oleh Perekrut Pekerjaan Tambang Di Resume

Mining Jun 6, 2023

Jika Anda melamar pekerjaan pertambangan tingkat pemula di industri pertambangan, bagaimana Anda membuat resume Anda menonjol dari ratusan kandidat lainnya? Kami melihat resume seperti milik Anda setiap hari, jadi kami telah melihat baik dan buruknya resume sehingga kami tahu apa yang dicari oleh perusahaan tambang. Dengan mengingat hal itu, pasartrainer.com telah membuat daftar 10 hal yang bermanfaat ini untuk disertakan dalam resume Anda jika Anda ingin memenangkan seleksi resume pekerjaan tambang dan wawancara. Berikut adalah 10 hal teratas yang dicari oleh perekrut dalam resume saat merekrut orang untuk peran tingkat pemula.

1. Pengalaman Terperinci

Cantumkan tanggung jawab sebenarnya yang Anda miliki dalam pekerjaan Anda sebelumnya. Jangan hanya mencantumkan tugas yang tidak jelas. Perusahaan pertambangan tertarik pada keterampilan yang dapat ditransfer, seperti kemampuan mengelola orang atau berkomunikasi dengan baik. Alasannya sederhana, karena pekerjaan tambang tidak sekedar menambang lalu diambil melainkan ada kompleksitas manajemen dan kedisiplinan yang membutuhkan konsistensi tinggi.

2. Daftar Kualifikasi Anda

Daftar lisensi, kualifikasi, dan tiket pengoperasian mesin yang relevan dengan peran yang Anda lamar, termasuk tanggal diperolehnya kualifikasi dan/atau tanggal berakhirnya kualifikasi. Untuk memiliki kualifikasi yang valid, maka Anda membutuhkan sertifikasi tertentu supaya bisa membuktikan pada perusahaan tambang.

3. Stabilitas Dan Keandalan

Riwayat kerja yang konsisten dan stabil yang menunjukkan bahwa Anda dapat diandalkan dan berkomitmen serta akan muncul setiap hari. Jika Anda memiliki waktu menganggur seperti tahun jeda, waktu yang dihabiskan untuk belajar pada masa menganggur, maka tugas Anda menuliskan kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan pada masa menganggur atau pada saat tidak memiliki pekerjaan.

4. Referensi yang Bagus

Orang yang dapat membantu Anda adalah supervisor atau manajer sebelumnya. Pastikan untuk memilih referensi Anda dengan bijak. Referensi tersebut harus selalu seseorang yang telah memiliki pengalaman bekerja bersama Anda, dan bukan teman. Oleh karena itu jika dalam resume Anda dilampirkan keterangan yang bagus dari atasan Anda sebelumnya, maka hal ini dapat mendukung Anda untuk dapat lolos seleksi berkas.

5. Pengalaman Kerja Fisik

Cantumkan pengalaman sebelumnya yang pernah Anda alami dalam peran fisik dan praktis, misalnya bekerja sebagai buruh, konstruksi, atau bertani. Atau tunjukkan bahwa Anda telah menjadi sukarelawan dalam peran pekerja, misalnya dengan menjadi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) atau sebagai petugas pemadam kebakaran sukarela. Banyak orang bergumul dengan fisik dari banyak pekerjaan pertambangan, jadi perekrut ingin melihat bahwa Anda mampu melakukan aktivitas berat.

6. Rekor Mengemudi yang Bersih

Pekerjaan tambang termasuk mengoperasikan mobil transportasi pada umumnya, alat berat dan alat transportasi berat. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa menunjukkan catatan mengemudi Anda yang bersih dan uraikan pengalaman Anda mengendarai kendaraan yang lebih besar. Sertakan semua kelas SIM yang Anda pegang.

7. Bukti Kesehatan Fisik yang Baik

Catat pengalaman Anda dan/atau contoh yang akan menunjukkan bahwa Anda secara fisik mampu bekerja berjam-jam dan mengerjakan berbagai pekerjaan ketika jauh dari rumah. (Ini dapat mencakup olahraga teratur atau pengalaman kerja sebelumnya, misalnya).

8. Komitmen Anda

Mampu menunjukkan bahwa Anda berkomitmen dan benar-benar ingin diberi kesempatan untuk memulai pekerjaan tambang adalah hal yang luar biasa. Ini bisa sesederhana memiliki profil di resume Anda yang menguraikan upaya Anda hingga saat ini, minat Anda, dan apa yang telah Anda pelajari, hingga mendaftar di kursus yang relevan di pasartrainer.com. Anda juga bisa menjelaskan poin-poin ini di surat lamaran Anda.

9. Keterampilan yang Dapat Dialihkan

Keterampilan yang dapat dialihkan adalah keterampilan yang bekerja di hampir semua tempat kerja, seperti kemampuan yang ditunjukkan untuk memecahkan masalah, pengalaman sebelumnya bekerja dalam tim, keterampilan komunikasi (verbal dan tertulis), pengetahuan keselamatan, dan praktik kerja yang aman. Hal ini penting karena pekerjaan tambang memerlukan solidaritas antar pekerja supaya bisa menjamin kenyamanan dan keamanan bersama pada saat berada di area tambang.

10. Kehadiran Media Sosial yang Bersih

Ini bukan tentang apa yang muncul di resume Anda, tapi tidak kalah pentingnya! Perekrut benar-benar memeriksa akun media sosial Anda, jadi berhati-hatilah. Mereka akan mencari foto Anda secara online, bukan hanya foto di halaman profil Anda, tetapi foto lain yang telah menandai Anda. Penampilan Anda di media sosial sangat mungkin menjadi kesan pertama yang Anda berikan kepada perekrut dan calon pemberi kerja. Oleh karena itu, jangan membuat media sosial Anda terlihat buruk.

Kini, Anda telah mengetahui apa saja yang dilihat oleh perekrut pekerjaan tambang berkaitan dengan resume Anda. Banyak hal yang perlu dikuasai dan memerlukan sertifikasi pelatihan kerja yang memadai dan tentu saja terbarukan agar tidak ketinggalan kemampuan. Oleh karena itu, jika Anda saat ini belum memiliki sertifikasi yang cukup atau sedang mencari sertifikasi keahlian di bidang tertentu sesuai dengan minat Anda, silakan kunjungi pasartrainer.com karena di sana merupakan pusatnya pelatihan dan sertifikasi profesional!

Referensi

Dan Hatch. (2023). 10 Things Mining Recruiters Want To See On A Resume. Mining People International. Diakses pada 11 Mei 2023 dari: https://www.mpirecruitment.au/news/10-things-mining-recruiters-want-to-see-on-a-resume

Dunia Tambang Event. (2019). 13 Tips Lengkap Menulis CV Versi Dunia Tambang. Linkedin. Diakses pada 11 Mei 2023 dari: https://www.linkedin.com/pulse/13-tips-lengkap-menulis-cv-versi-dunia-tambang-dunia-tambang

Edapp by Safety Culture. (2023). 10 Program Pelatihan Keselamatan Pertambangan. Diakses pada 11 Mei 2023 dari: https://www.edapp.com/id/koleksi-kursus/10-program-pelatihan-keselamatan-pertambangan/

Rahmat, A. M. (2021). 5 Prospek Kerja Teknik Pertambangan yang Perlu Kamu Ketahui. Glints. Diakses pada 11 Mei 2023 dari: https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-teknik-pertambangan/#.ZF2WiXZBy3A

Renita, A. (2022). Peluang Kerja Perempuan di Sektor Pertambangan dan Perminyakan. Girls Beyond. Diakses pada 11 Mei 2023 dari: https://girlsbeyond.com/2022/11/27/recommendation/jobs/peluang-kerja-perempuan-di-sektor-pertambangan-dan-perminyakan/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.