10 Ide Inovatif Untuk Pembukaan Presentasi yang Menarik

Leadership & Soft Skills Jun 18, 2023

Presentasi adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang di berbagai acara umum maupun khusus dengan tujuan yang berbeda-beda. Dalam presentasi, bagian opening harus mampu mengetuk kesadaran dan pusat perhatian para audiens yang ada di depan mata. Jika Anda mencari perspektif baru tentang cara memulai presentasi yang menarik, berikut beberapa ide dari pasartrainer.com yang pasti bisa Anda coba.

1. Buka Dengan Lelucon

Pembukaan yang membosankan jarang meninggalkan kesan. Salah satu cara terbaik untuk mencairkan suasana dengan audiens Anda adalah dengan menggunakan humor. Perkenalkan poin pembicaraan dari PPT Anda dengan sebuah lelucon. Ini membangun respon yang positif, santai dan menarik perhatian selama keseluruhan presentasi. Meskipun demikian, pembukaan presentasi yang menarik tidak selalu harus dengan kata-kata, karena sejak Anda memasuki panggung, semua mata dan telinga sudah menuju pada Anda. Begitu pun dengan lelucon, tidak selalu harus dengan kata-kata atau kalimat lucu yang harus terucap, namun dengan suatu tindakan yang cerdas seperti ketika CEO Apple yang baru naik ke atas panggung menggigit Apple sebelum memulai presentasi hanya untuk memperkenalkan brandnya sejak awal.

2. Melibatkan Audiens Anda!

Cara yang baik untuk menarik perhatian adalah dengan mengajukan pertanyaan dan membuat audiens Anda berpartisipasi. Mulailah dengan pertanyaan sederhana yang terkait dengan topik Anda, seperti, 'Bagaimana Anda pergi bekerja setiap pagi' atau 'Berapa banyak dari Anda yang naik kereta listrik atau busway ke kantor.' Kemudian ikuti pertanyaan Anda dengan statistik seperti 'x% populasi menggunakan kereta listrik atau busway untuk bekerja' dan buat pernyataan masalah Anda bersama dengan apa yang akan ditangani oleh presentasi. Ini adalah cara interaktif untuk memberi tahu audiens Anda tentang topik yang akan Anda diskusikan dengan mereka selama presentasi.

3. Gunakan Visual yang Memberikan Dampak

Melibatkan visual yang menarik atau interaktif, termasuk bagan grafis, infografis, atau video, akan membantu audiens memahami ide Anda lebih cepat daripada sekadar teks biasa. Pembukaan presentasi PowerPoint yang bagus seperti pemanasan global atau perubahan iklim akan menjadi visual yang kuat dibandingkan dengan statika biasa. Untuk itu, visual yang unik namun memberikan kesan tegas akan menjadi pembukaan presentasi yang menarik perhatian para penonton sejak awal Anda berada di atas panggung.

4. Cobalah Kutipan yang Kuat

Terkadang, saat Anda tidak memiliki visual yang kuat, atau kekurangan waktu, Anda dapat menggunakan kutipan kuat dari seseorang yang terkenal supaya dapat memberikan pembukaan presentasi yang menarik. Pastikan kutipan tersebut relevan dengan topik presentasi Anda. Ini akan membantu membuatnya lebih kredibel dan menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan.

5. Berani Dengan Berita Utama

Langsung pada intinya adalah hal yang sangat berani, namun pada masa kini semua orang dapat mengapresiasi data-data yang Anda sajikan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memeriksa sumber informasinya, harus kredibel dan bereputasi baik. Stat semacam ini menciptakan kesan yang sangat kuat dan membawa audiens Anda kembali ke pembukaan selama seluruh presentasi.

6. Ajukan Pertanyaan yang Memprovokasi

Pertanyaan yang kuat untuk pembukaan presentasi akan membantu Anda mengatur jalannya presentasi. Ini sangat interaktif, dan juga membuat audiens Anda penasaran dengan topik diskusi. Perhatikan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan harus menyelaraskannya dengan pesan utama presentasi Anda dan tidak mengarah pada pendapat yang berlawanan.

7. Bercerita

Bercerita adalah salah satu bentuk komunikasi yang memiliki potensi besar untuk memberikan dampak bagi presentasi Anda. Bila Anda ingin menarik perhatian sejak awal, mulailah presentasi Anda sebagai sebuah cerita dan pertahankan sepanjang PPT. Menambahkan sentuhan pribadi atau menghadirkan pengalaman pribadi juga menambah nilai lebih pada keseluruhan kesan Anda.

8. Bangun Beberapa Intrik

Jika Anda membuat audiens Anda mulai berpikir, mereka akan mulai lebih memperhatikan pemikiran yang Anda jual. Menggunakan satu kata, satu angka, atau fakta dapat membantu membangun banyak rasa ingin tahu dan mendorong mereka untuk berdiskusi lebih lanjut.

9. Merangsang Emosi Pribadi

Menjadi pribadi (membuat seolah-olah Anda sedang berbicara berdua) dengan audiens Anda dan mampu menggerakan emosi mereka akan membantu mereka memahami pesan inti dari presentasi Anda. Membawa perspektif mereka akan membantu mereka memvisualisasikan manfaat dari apa yang dibicarakan dalam Presentasi PowerPoint Anda. Dalam hal ini, pembukaan presentasi yang menarik membutuhkan pelatihan penjiwaan dan penyampaian gagasan yang benar-benar matang, tidak terlalu menggebu-nggebu namun memberikan kesan tegas.

10.  Apa, Mengapa & Bagaimana

Dalam pembukaan presentasi, bicarakan tentang 'apa' presentasi itu, 'mengapa' presentasi khusus ini, dan 'bagaimana' Anda berencana menangani hal yang sama. Ini akan memberi audiens Anda definisi yang jelas tentang semua yang termasuk dalam PPT Anda secara singkat dan membantu mereka bersiap untuk diskusi.

Tertarik untuk belajar pembukaan presentasi yang menarik secara lebih dalam dengan para ahlinya? Kunjungi situs pasartrainer.com karena hanya di sanalah tempatnya orang-orang hebat berkumpul dan belajar banyak hal aplikatif termasuk cara membuka presentasi agar mendapat perhatian penuh dari para audiens.

Referensi

Hidayat, N., Herlisya, D., & Apriyanto, S. (2022). Pelatihan Public Speaking Dan Presentation Skill Dalam Manajemen Komunikasi Bisnis Untuk Pegawai. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai, 3(1), 13-20. https://doi.org/10.24967/jams.v3i1.1571

Lucas, S. (2019). The Art of Public Speaking (International Edition). USA: ‎McGraw-Hill.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.