10 Keterampilan Vital yang Diasah Dalam Pelatihan Project Management

Human Capital Jul 21, 2023

Project management pada dasarnya adalah metode untuk menyelesaikan suatu masalah di perusahaan dan prosedur dalam memimpin orang lain untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan pemanfaatan sumber daya yang optimal. Keahlian seorang project management termasuk menjaga kualitas pekerjaan, menyelesaikannya dalam batasan waktu yang diberikan dan juga tidak melebihi anggaran. Banyak institusi menawarkan kursus project management yang dapat diikuti untuk memoles pengetahuan dan keterampilan project manager yang diperlukan dalam bidang ini, salah satunya yakni pasartrainer.com. Tujuan dari lembaga pelatihan dalam mengadakan pelatihan project management tentu juga bervariasi, namun berikut ini adalah 10 keterampilan vital yang diasah dalam pelatihan project management di seluruh dunia.

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan jelas dan akurat sehingga orang lain dapat dengan mudah memahami apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka. Saat menjabat sebagai manajer proyek, Anda perlu bertemu dengan sejumlah orang dan harus menjelaskan kepada mereka tentang pekerjaan dan harapan klien. Keterampilan komunikasi diperlukan untuk mengekspresikan pandangan Anda dan mengubah kosa kata dan bahasa Anda sesuai persyaratan. Keterampilan project management ini akan membantu Anda menghilangkan hambatan yang dapat disebabkan karena bahasa. Ada pelatihan project management yang dapat Anda kejar untuk memperoleh keterampilan komunikasi.

2. Kepemimpinan

Seorang pemimpin adalah seseorang yang menetapkan arah dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi seorang project management, memiliki kemampuan kepemimpinan sangat diperlukan. Alasannya karena ia adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia dan memberi mereka bimbingan sepanjang proses mulai dari perencanaan hingga mendapatkan hasil sesuai kebutuhan klien. Selain itu, project manager juga menuliskan rencana dan mengatur tindakan yang harus diambil dan memimpin orang lain.

3. Kemampuan Mengorganisir

Terlepas dari profesinya, memiliki keterampilan organisasi memainkan peran yang sangat penting dalam membawa kesuksesan besar bagi proyek atau organisasi. Untuk seseorang dalam kapasitas manajer proyek, sangat penting untuk memiliki keterampilan organisasi karena mereka bertanggung jawab untuk mengatur manusia serta sumber daya material bersama dengan mengatur waktu. Pelatihan dalam manajemen proyek dapat membantu Anda memperoleh keterampilan penting ini.

4. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah semua tentang kemampuan untuk memanfaatkan waktu dengan benar dan menyelesaikan semua proyek dan tugas pada atau sebelum tenggat waktu. Terkadang, keterampilan ini tidak hanya berguna untuk kehidupan profesional tetapi juga kehidupan pribadi. Project manager seharusnya memiliki keterampilan mengatur waktu karena dia dimaksudkan untuk membuat pilihan antara apa yang mendesak dan apa yang penting serta menjadi satu-satunya yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dalam durasi waktu yang terbatas. Mengejar sertifikasi manajemen proyek tambahan lewat pelatihan project management akan sangat membantu dalam memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dan membuat Anda lebih baik.

5. Kemampuan Beradaptasi

Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sifat pekerjaan dan lingkungan, maka penyesuaian terhadap perubahan sangat diperlukan, baik dalam hal profesi maupun kehidupan pribadi. Agar organisasi berhasil, project manager perlu beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dan manajer proyek bertanggung jawab untuk membawa perubahan ini. Project manager diizinkan untuk mengubah tujuan atau tindakan yang dipilih sesuai kebutuhan dan harus bekerja dengan tim yang terdiri dari banyak orang dan sangat penting bagi manajer proyek untuk beradaptasi dengan semua anggota timnya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara terbaik dengan pemanfaatan sumber daya yang optimal.

6. Kemampuan Memotivasi

Memiliki keterampilan motivasi sangat penting tidak hanya untuk manajer proyek tetapi juga untuk siapa pun yang memimpin tim. Untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang diinginkan, seorang project manager diharapkan untuk terus memotivasi anggota tim. Berbagai teknik seperti membayar bonus, memberikan penghargaan, promosi dll. yang bisa didapatkan lewat pelatihan project management dapat digunakan untuk memotivasi para pekerja. Tanpa motivasi, pekerja dapat menjadi lesu dan lamban dalam bekerja, bahkan mungkin menempatkan tujuan pribadi mereka di atas tujuan organisasi dan itu akan mengakibatkan salah urus.

7. Kemampuan Active Listening

Keterampilan mendengarkan secara aktif sangat diperlukan untuk setiap manajer karena posisi ini merupakan penghubung antara klien dan project yang sedang dikerjakan. Mendengarkan klien secara aktif dan mengkomunikasikannya kepada anggota timnya adalah tugas penting yang perlu dilakukan. Tidak hanya itu, tetapi juga membiarkan anggota tim berbicara dan mendengarkan ide-ide mereka juga akan memotivasi mereka untuk tampil lebih baik. Mengejar sertifikasi melalui pelatihan project management dalam mendengarkan aktif (meningkatkan keterampilan komunikasi) sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan Anda.

8. Manajemen Konflik

Ini adalah keterampilan yang mencakup mengelola konfrontasi atau konflik secara positif dengan membatasi dampak negatifnya. Tujuan utama seorang manajer proyek adalah menyelesaikan proyek dengan cara terbaik dan dengan demikian ia bertanggung jawab untuk menyelesaikan setiap perselisihan atau konflik yang timbul dan di dalam departemen atau lintas departemen. Mengikuti pelatihan project management di platform pasartrainer.com akan sangat membantu Anda dalam mengasah keterampilan manajemen konflik.

9. Interpersonal Skills

Keterampilan interpersonal adalah tentang berinteraksi dengan orang lain dan membangun hubungan. Baik itu kehidupan profesional atau kehidupan pribadi Anda, keterampilan interpersonal selalu memainkan peran yang sangat vital. Untuk seseorang dalam kapasitas manajer proyek, sangat penting untuk memiliki hubungan interpersonal yang baik karena manajer kebanyakan harus bekerja dengan banyak bawahan dalam tim. Memiliki keterampilan seperti itu, akan membantu mereka memahami orang lain dengan lebih baik dan menyesuaikan metode kerja untuk mencapai pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara optimal.

10. Problem-Solving

Ini adalah keterampilan yang diperlukan untuk setiap manajer proyek yang harus menghadapi tugas baru dan sulit setiap hari. Proses mengaktifkan kapasitas untuk memecahkan suatu permasalahan dan tugas yang paling sulit adalah apa yang disebut pemecahan masalah. Seorang manajer proyek adalah orang yang harus ditanyai setiap kali ada masalah sehingga memiliki dan mengasah keterampilan ini lewat pelatihan project management memainkan peran penting dalam mencapai tujuan sehari-hari.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang semua keterampilan yang berhubungan dengan project management serta ingin memperdalam kemampuan Anda, kunjungi pasartrainer.com karena di sana tersedia berbagai macam pelatihan project management yang relevan dengan kebutuhan Anda!

Referensi

Careers 360. (2021). 10 Skills to Know for Every Project Manager. Diakses pada 19 Juni 2023 dari:

https://www.careers360.com/courses-certifications/articles/10-skills-know-for-every-project-manager

Pasar Trainer.com. (2023). Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Apa Itu Project Management. Office Management. Diakses pada 19 Juni 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/semua-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-apa-itu-project-management

PROVERRI INDONESIA. (2022). 10 Skills Wajib Seorang Project Manager. Linkedin. Diakses pada 19 Juni 2023 dari:

https://id.linkedin.com/pulse/10-skills-wajib-seorang-project-manager-proverri-indonesia

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.