10 Manfaat Belajar Bahasa Asing

Communication May 21, 2023

Banyak orang di tengah-tengah masyarakat menganggap bahwa bahasa asing tidak penting untuk dikuasai. Padahal, dengan bahasa asing maka orang bisa mendapatkan banyak manfaat yang beragam. Bahasa lain adalah keterampilan yang sangat penting di dunia yang semakin terhubung dan saling bergantung saat ini. Menjadi dwibahasa atau multibahasa juga meningkatkan peluang Anda untuk bersaing dan berhasil dalam ekonomi global. Jangan menjadi salah satu dari orang-orang yang menyesal tidak belajar bahasa baru, hanya karena mereka takut. Mengetahui banyak bahasa memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain dengan lebih cepat dan bermakna, terlepas dari jarak dan budaya. Jadi, inilah 10 manfaat belajar bahasa asing versi pasartrainer.com.

1. Membantu Untuk Terhubung Dengan Orang

Kapasitas kita untuk berinteraksi sosial adalah salah satu aspek yang paling memuaskan dari pengalaman manusia. Merupakan hak istimewa yang luar biasa untuk dapat berkomunikasi dengan seseorang dalam bahasa mereka sendiri. Baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional mereka, bilingual (orang yang menguasai bahasa asing) memiliki kesempatan luar biasa untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Disisi lain, dimanapun Anda berada, berbicara dalam bahasa tersebut menjadikan Anda seperti orang lokal, memperluas pemahaman dan kiasan Anda. Berinteraksi dengan beragam komunitas akan mempengaruhi Anda sebagai pribadi. Anda akan tergerak oleh kemurahan hati orang-orang. Anda akan berteman seumur hidup. Intinya adalah Anda akan menikmati keuntungan belajar bahasa selama bertahun-tahun yang akan datang hanya karena alasan ini.

2. Meningkatkan Ukuran, Kesehatan, Dan Efisiensi Otak Anda

Ada beberapa manfaat belajar bahasa asing, seperti menyebabkan pusat bahasa di otak berkembang secara fisik. Untuk memahami berbagai sistem linguistik, otak harus berupaya ekstra untuk mengenali, menguraikan, dan berkomunikasi dalam bahasa baru. Belajar bahasa asing seperti olahraga yang menyehatkan otak. Dengan demikian, mempelajari bahasa kedua membantunya berfungsi lebih efektif.

Selain itu, menjadi multibahasa juga meningkatkan keterampilan pemecahan masalah Anda. Orang multibahasa harus selalu memeriksa bahasa mana yang cocok untuk percakapan. Semua pergantian bolak-balik itu memperkuat koneksi di otak, yang mengarah pada peningkatan perhatian dan kemampuan untuk melakukan banyak tugas.

3. Meningkatkan Keterampilan Memori

Bayi yang dibesarkan dalam lingkungan bilingual memiliki memori kerja yang lebih baik daripada bayi yang dibesarkan dalam lingkungan satu bahasa. Oleh karena itu mereka lebih mahir dalam membaca, matematika mental, dan banyak keterampilan penting lainnya. Guru sering membandingkan otak dengan otot karena otak bekerja lebih baik saat dilatih. Menghafal kata-kata dan sintaksis bahasa adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa dan ini membantu mengembangkan "otot" mental tersebut. Menurut penelitian, manfaat belajar bahasa asing akan membuat seseorang menjadi lebih mahir dalam mengingat nama, petunjuk arah, dan daftar belanja.

4. Membantu Dalam Pertumbuhan Karir

Manfaat belajar bahasa asing berikutnya yaitu memberikan keunggulan kompetitif yang berbeda dibandingkan rekan satu bahasa Anda. Mereka berada di antara delapan kemampuan teratas yang dibutuhkan dalam semua profesi, terlepas dari industri atau tingkat keahlian apapun, kebutuhan akan profesional dwibahasa berkembang pesat. Pemberi kerja mencari ahli yang dapat melayani dan menjual ke komunitas pelanggan kelahiran luar negeri yang cukup besar di sini, di rumah, serta melayani dan menjual ke klien di pasar internasional yang baru dan berkembang. Kemahiran bahasa sering menghasilkan insentif perekrutan dan kompensasi yang lebih tinggi sebagai insentif tambahan.

5. Memudahkan Multitasking

Bagi individu yang tidak terbiasa atau tidak melakukannya secara efektif, multitasking bisa sangat menegangkan. Menurut penelitian, orang-orang yang telah belajar berpikir dalam berbagai bahasa dan secara teratur beralih di antara mereka adalah multitasker yang jauh lebih baik dan mengalami lebih sedikit stres.

6. Mempromosikan Keterampilan Penalaran yang Lebih Baik

Sebuah studi menemukan bahwa individu multibahasa lebih mudah membuat keputusan. Seorang siswa bahasa asing harus menyadari seluk-beluk dan ekspresi daerah selain aturan dan kosa kata yang terkait dengan mempelajari bahasa itu. Di luar tata bahasa dan kosa kata yang datang dengan belajar bahasa asing, kehalusan dan frase daerah juga secara rutin dievaluasi untuk kesesuaian dan makna tersembunyi oleh pembelajar bahasa. Berlatih, berlatih, berlatih menjadi sempurna, dan sebagai hasilnya, orang dengan kemampuan multibahasa lebih percaya diri dan yakin akan kemampuan pengambilan keputusan mereka!

7. Mengembangkan Perspektif

Kami secara alami membuat perbandingan dengan apa yang paling akrab di tengah-tengah masyarakat, karena kami belajar tentang bahasa dan budaya baru. Belajar tentang budaya lain membantu kita melihat baik dan buruknya fitur kita sendiri yang mungkin tidak kita sadari. Anda dapat memilih untuk mengubah keadaan atau lebih menghargai apa yang sudah Anda miliki.

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat belajar bahasa asing selanjutnya yaitu dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri. Melalui penguasaan bahasa asing, Anda telah memberi diri Anda tujuan untuk dicapai ketika Anda memutuskan untuk belajar dan menggunakan bahasa baru. Pencapaian ini, jika tercapai, dapat memberikan keajaiban bagi kepercayaan diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Hal itu karena Anda bisa mendekati orang dan memulai percakapan dalam bahasa itu.

9. Bahasa Utama Disempurnakan

Mempelajari bahasa baru meningkatkan kesadaran Anda akan kekhususan bahasa ibu Anda. Bahasa Anda cenderung lebih sederhana dan istilah seperti kosakata, tata bahasa, konjugasi, pemahaman, idiom, dan struktur kalimat menjadi frasa umum. Saat Anda mulai belajar bahasa baru, sebagai perbandingan, Anda mendapatkan wawasan baru tentang bahasa ibu Anda.

10. Meningkatkan Prestasi Dalam Bidang Akademik Lainnya

Studi menunjukkan bahwa manfaat belajar bahasa asing mencakup skor yang lebih tinggi pada ujian standar dalam matematika, pemahaman bacaan, dan kosa kata. Telah terlihat bahwa siswa multibahasa cenderung mendapat skor lebih baik pada tes semacam itu daripada rekan satu bahasa mereka. Ini karena keterampilan kognitif yang lebih tinggi.

Orang tua dan guru harus mendorong anak-anak mereka untuk belajar bahasa tambahan karena meningkatkan kemampuan mereka untuk melakukannya dengan baik dalam tugas-tugas pemecahan masalah secara keseluruhan. Faktanya, banyak sekolah di seluruh negeri telah mewajibkan siswa belajar bahasa asing selain bahasa primer dan sekunder mereka.

Referensi

Carvalho, A., Campanella, S., & Olim, L. (2021). The Contribution of Foreign Language Learning To Employability. Conference Paper, 1-23.

Disnakertrans. (2020). Pentingnya Mempunyai Karyawan yang Dapat Berbahasa Inggris Bagi Employer (Pemberi Kerja). Pemerintah Provinsi NTB. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://disnakertrans.ntbprov.go.id/pentingnya-mempunyai-karyawan-yang-dapat-berbahasa-inggris-bagi-employer-pemberi-kerja/

Eton Institute. (2023). Top 10 Benefits of Learning a Foreign Language. Diakses pada 5 Mei 2023 dari:

https://www.etoninstitute.com/blog/top-10-benefits-of-learning-a-foreign-language

Gupta, A. (2022). 10 Benefits of Learning A New Language. Edugraph. Diakses pada 5 Mei 2023 dari:

https://www.telegraphindia.com/edugraph/career/10-benefits-of-learning-a-new-language/cid/1883699

Jasim, Y. (2021). Benefits of Learning A Second Language. SSRN, 1-4. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3895362

Oktriwina, A. S. (2021). Sering Diabaikan, Ini 9 Manfaat Penting Bahasa Asing untuk Kariermu. Glints. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://glints.com/id/lowongan/manfaat-belajar-bahasa-asing-untuk-karier/#.ZFUvvHZBy3A

STBA LIA. (2023). 6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://stbalia.ac.id/pentingnya-belajar-bahasa-inggris/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.