10 Manfaat Kursus Digital Marketing Online

Digital Marketing May 21, 2023

Dunia bisnis merupakan dunia yang dinamis dan sulit ditebak. Apalagi di dunia yang semakin mengunggulkan teknologi digital ini, bisnis baru dapat tumbuh begitu cepat dan bisnis lama dapat mengalami penurunan yang drastis. Bisnis baru tumbuh dengan cepat karena mereka memahami pasar dan cara meraih pasar, sedangkan bisnis lama mengalami penurunan karena tidak memahami perubahan perilaku konsumen di pasaran. Dalam hal ini banyak perusahaan mencari caranya sendiri tanpa memperhitungkan resiko-resiko dan kerugian yang dapat ditimbulkan akibat kesalahan yang dibuatnya.

Meskipun demikian, ada banyak perusahaan yang menggunakan cara yang lebih baik melalui kursus digital marketing baik secara online maupun offline agar mampu memperbaiki kesalahan dan meningkatkan performa penjualannya. Selain itu, orang-orang yang mengetahui potensi digital marketing juga menggunakan kursus secara mandiri untuk berbagai kepentingan yang sedang diperjuangkannya. Dalam pembahasan kali ini tim pasartrainer.com ingin membagikan 10 manfaat kursus digital marketing online bagi perusahaan dan karyawan sebagai berikut.

1. Meningkatkan Nilai Pasar Anda

Manfaat kursus digital marketing online yang pertama adalah kursus tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai pasar Anda dan perusahaan Anda. Bagi karyawan, kursus digital marketing online akan memberikan pengalaman secara langsung tentang cara ahli memasarkan ilmunya secara online, sehingga bukan ilmu pengetahuan kelas saja yang akan didapatkan, namun juga praktek langsung dari ahli yang dapat dicontoh. Sertifikasi digital marketing pun menjadi berarti dan para perusahaan mencari kandidat dengan kemampuan digital marketing yang telah terlatih dan teruji dengan baik agar dapat menjalankan bagian pemasaran digital yang tidak dapat dilakukan oleh sales perusahaan pada umumnya.

2. Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Anda

Meskipun kursus digital marketing online tidak dilakukan secara langsung dan tatap muka, keterampilan dan kreativitas Anda akan meningkat seiring dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Untuk itu, pemilihan vendor atau trainer profesional harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar tidak salah mendapatkan pengajar yang tepat. Salah satu vendor yang memberikan ilmu serta pelatih terbaik yang bisa diandalkan dapat ditemukan di situs pasartrainer.com.

3. Pengetahuan Mendalam Tentang Konsep Inti

Digital marketing memang sederhana, namun terkadang orang sering salah mempraktekannya karena tidak paham inti digital marketing. Melalui kegiatan kursus digital marketing online, Anda akan diajarkan tentang konsep inti digital marketing sehingga Anda dapat menguasai pasar dengan tenang.

4. Mendapatkan Fleksibilitas yang Lebih Besar

Digital marketer sangat dibutuhkan oleh para perusahaan. Namun digital marketer yang tepat biasanya memiliki latar belakang yang baik seperti adanya sertifikat khusus digital marketing yang diakui. Semakin baik dan diakui lembaga penyelenggaranya, maka ia akan semakin mudah mendapatkan tawaran menarik dari berbagai perusahaan yang ada.

5. Memberikan Peluang Untuk Bereksperimen, Menjelajah, dan Berevolusi

Kursus digital marketing online mengajarkan para siswanya untuk bereksperimen dengan berbagai pengetahuan yang telah dipelajarinya. Para siswa dapat melakukan penjelajahan dengan dipandu mentor yang handal di bidangnya tersebut. Hasilnya, ketika siswa dinyatakan lulus program sertifikasi, ia akan mampu merevolusi model marketing yang sudah ada di perusahaannya sehingga menjadi lebih baik dan efektif daripada model pemasaran yang ada sebelumnya.

6. Belajar dengan Metrik

Dalam industri periklanan tradisional, metrik memang penting, tetapi cenderung konstan dan tidak sering berubah yang mengakibatkan stagnasi efektivitas pengiklanan. Namun di sektor pemasaran digital, matrix sangat penting karena sering berubah seiring dengan perubahan algoritma. Oleh karena itu, dalam kursus digital marketing online akan diajarkan cara mengukur metrik ini dan mendapatkan hasil optimal di sektor pemasaran digital.

7. Memperoleh Standar Industri Bersertifikasi Digital Marketing

Karena ada pertumbuhan dalam kebutuhan pemasaran digital, bisnis dan perusahaan menilai sertifikasi. Mereka mencari ahli digital marketing yang memegang sertifikat yang diinginkan untuk memastikan keberhasilan mereka. Oleh karena itu, seiring meningkatnya nilai sertifikasi di pasar, Anda juga dapat memastikan bahwa sertifikasi pemasaran digital Anda termasuk dalam standar nilai tersebut.

8. Hemat Biaya dan Hemat Waktu

Ratusan kursus pemasaran digital tersedia secara online. Anda dapat memilih kursus yang sesuai dengan preferensi biaya Anda dan mendapatkan hasil yang maksimal. Kursus pemasaran digital juga hemat waktu karena tersedia secara online, di mana seseorang dapat dengan mudah mengakses sumber daya penting, video, dan sumber daya lainnya secara efisien. Mereka juga bisa mendapatkan fleksibilitas bekerja dan mendapatkan kursus sertifikasi digital marketing. Oleh karena itu, kursus digital marketing online memberikan manfaat yang sangat efisien namun juga efektif.

9. Paket Gaji Kelas Atas

Praktik pemasaran digital pada umumnya tidak dilakukan oleh banyak orang sekaligus. Praktik tersebut lebih efisien karena hanya dengan 1 server dan beberapa operator sudah bisa melayani ribuan pelanggan dari bermacam-macam daerah di waktu yang fleksibel. Memiliki sertifikat digital marketing tentu akan membuat Anda lebih bernilai, karena perusahaan manapun lebih menginginkan karyawan yang memahami digital marketing dengan baik daripada karyawan yang minim pengetahuan tentang digital marketing. Selain itu, perusahaan juga ingin menghemat biaya dengan mempekerjakan sedikit orang namun menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada mempekerjakan banyak orang dengan keuntungan yang terbagi-bagi. Semakin besar skala perusahaan, maka paket gaji yang ditawarkan pun juga akan semakin besar. Dilansir dari danacita.co.id, gaji pokok untuk seorang staff digital marketing saja berkisar antara Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000/bulan. Hal ini belum ditambah dengan berbagai bonus dan manfaat lainnya yang mungkin tidak akan Anda temukan di bisnis manapun di jenjang yang sama.

10. Menjelajahi Berbagai Pilihan Karir

Kursus digital marketing online mengajarkan Anda tentang strategi pemasaran jitu di era digital. Jika Anda memiliki sertifikasi pemasaran digital di tangan Anda, pekerjaan Anda menjadi lebih kredibel bagi perusahaan, dan mereka dapat mempekerjakan Anda dengan lebih pasti. Oleh karena itu, sertifikasi pemasaran digital sangat penting untuk mendapatkan pilihan karir dengan cakupan yang lebih luas.

Tertarik dengan kursus digital marketing online yang kredibel? Kunjungi situs pasartrainer.com atau klik tautan ini untuk dapat melakukan pendaftaran dengan praktis dan mudah.

Referensi

DPU COL. (2022). 10 Benefits of Online Digital Marketing Course. Management. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://www.dypatilonline.com/Blogs/10-benefits-of-online-digital-marketing-course

Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(1), 1-12. https://doi.org/10.32524/jkb.v20i1.316

Patria, R. (2022). Mau Kerja Sebagai Digital Marketer? Yul Cari Tahu Dulu Berapa Besar Gajinya. Danacita. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://danacita.co.id/blog/tugas-dan-gaji-digital-marketing-terlengkap-2023/

Purnomo, D., dkk. (2021). Efektivitas Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kemampuan Dan Kinerja Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eksekutif, 18(1), 65-74.

Rosa, F. (2022). Pelatihan Internet Marketing Untuk Pengembangan Usaha. Aulia Persada. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://auliapersada.id/pelatihan-internet-marketing-bisnis-online/

Yuliani, L. (2022). 5 Manfaat Belajar Digital Marketing Bagi Pelaku Bisnis. Sebeed Education. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://sebeeducation.com/5-manfaat-belajar-digital-marketing-bagi-pelaku-bisnis/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.