10 Manfaat Pelatihan Iso 9001 Bagi Karyawan

Human Capital Mar 25, 2023

Pelatihan ISO bagi karyawan, juga dikenal sebagai pelatihan kompetensi dan kesadaran, sangat penting dalam memastikan bahwa perusahaan mematuhi standar ISO untuk sertifikasi. Pelatihan ISO 9001 berorientasi pada seluruh kegiatan organisasi yang menjamin mutu dan kualitas, di mana masing-masing departemen memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk memastikan bahwa karyawan kompeten dalam menggunakan sistem dan menyadari bahwa hal itu sangat penting untuk diterapkan.

Cek Disini Pelatihan ISO Terbaik & Terlengkap 2023

Namun, untuk dapat menerapkan ISO 9001 secara maksimal juga dibutuhkan pembekalan berupa kegiatan pelatihan bagi semua orang yang ada di lingkungan perusahaan. Berikut ini merupakan 10 manfaat pelatihan ISO 9001:

1. Meningkatkan Peluang Untuk Memenangkan Kontrak

Sertifikasi melalui pelatihan ISO 9001 dapat sangat membantu bisnis untuk mengamankan kemitraan bagi sektor publik maupun swasta. Bagi tender sektor publik, sertifikasi untuk ISO 9001 merupakan sinyal yang kuat bahwa bisnis dikelola dengan baik dan kredibel, sehingga dapat menghilangkan kebutuhan uji tuntas yang kompleks. Demikian pula, banyak perusahaan swasta telah menjadikan sertifikasi ISO 9001 sebagai persyaratan utama bagi pemasok mereka. Sertifikasi ISO 9001 menandakan bahwa kualitas dianggap serius dan dapat diandalkan dalam semua aspek bisnis.

2. Memberikan Kepuasan yang Lebih Baik Bagi Para Pelanggan

Salah satu aspek terpenting dari standar ISO 9001 adalah melacak kepuasan pelanggan dan menanggapi setiap masalah yang diangkat. Perusahaan yang mencari, mempertahankan sertifikasi dengan rajin mengikuti kegiatan pelatihan ISO 9001 membuktikan bahwa mereka menangani masalah ini dengan serius agar dapat memuaskan para pelanggannya.

3. Mengurangi Masalah Produk Dan Layanan

Bisnis yang telah mengadakan pelatihan ISO 9001 dan memiliki sertifikasinya tentu lebih siap untuk berurusan dengan kejadian-kejadian tidak terduga. Misalnya, jika suatu produk yang diedarkan tidak sesuai dengan spesifikasi, akan ada proses di tempat tertentu yang berdekatan dengan konsumen untuk membantu memastikan bahwa masalah tersebut ditangani secara efisien dan tidak berulang melalui tindakan pelaporan.

4. Manajemen yang Lebih Baik

Analisis dan pelaporan yang tepat adalah faktor kunci dalam menjalankan kegiatan bisnis yang luas. Standar yang tertuang dan diajarkan dalam pelatihan ISO 9001 membantu bisnis untuk mengefektifkan proses manajemen yang lebih baik.

5. Meningkatkan Konsistensi Praktek Bisnis

Menerapkan praktik yang diperlukan sesuai standar akan menawarkan jenis konsistensi yang menguntungkan semua orang, termasuk pelanggan. Ini memastikan bahwa proses dalam bisnis adalah hal biasa dan dipahami yang membantu karyawan lebih jelas pada tugas-tugas yang terlibat, daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yang harus dilakukan atau bahkan mengada-ada. Melalui pelatihan ISO 9001, para peserta akan diajarkan tentang kedisiplinan dan kesadaran tentang praktek bisnis yang konsisten.

6. Memberikan Kepuasan Bagi Para Karyawan

Setelah selesai melakukan pelatihan ISO 9001, para karyawan akan menikmati pekerjaan mereka, memperoleh kepuasan kerja yang lebih besar dan merasa lebih aman tentang pekerjaan mereka dalam proses bisnis di mana prosesnya terdefinisi dengan baik dan dikelola dengan jelas.

7. Mengefisiensikan Biaya

Mencapai dan memelihara sertifikasi melalui pelatihan ISO 9001 dapat menyebabkan premi asuransi yang lebih rendah. Hal ini terjadi karena perusahaan asuransi mengakui bahwa bisnis ini memiliki proses dan kontrol yang tepat yang mengurangi risiko terjadinya kecelakaan pasca penerapan ISO 9001 di suatu perusahaan.

8. Merampingkan Proses Bisnis

Tidak ada bisnis yang menginginkan dokumen yang tidak perlu dan banyak yang dibebani oleh dokumen-dokumen tersebut. Disiplin yang melekat dan diajarkan dalam pelatihan ISO 9001 menekankan bahwa proses birokrasi dalam bisnis harus dirampingkan agar dapat mengejar efisiensi dan efektifitas penggunaan waktu.

9. Perbaikan Terus Menerus

Sistem manajemen kualitas yang baik memberikan fondasi yang kuat untuk perbaikan yang akan dilakukan dari tahun ke tahun. Dalam pelatihan ISO 9001, para peserta diajarkan untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas kerja secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan perusahaan yang lebih besar.

10. Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Dengan menerapkan standar kerja yang berkualitas sesuai dengan yang telah diajarkan dalam pelatihan ISO 9001 serta mendapatkan manfaat sebagaimana yang telah disebutkan pada 9 poin di atas, maka secara garis besar hal tersebut juga akan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Akibatnya, citra perusahaan menjadi semakin baik, mudah mendapat kepercayaan dari para pelanggan, dan meningkatkan nilai serta keuntungan bagi perusahaan.

Referensi:

Amaliah, S., Maharani, M. D. D., & Sukwika, T. (2021). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 pada Program Studi Teknik Kimia di Akademi Minyak dan Gas Balongan Menggunakan Metode Interpretative Structural Modeling (ISM). Jurnal Migasian, 5(1), 9-18. http://dx.doi.org/10.36601/jurnal-migasian.v5i1.145

DISNAKERTRANS. (2023). Mengenal Sertifikasi ISO 9001 2015 Sistem Manajemen Mutu. DISNAKERTRANS Provinsi Banten. Diakses dari: https://disnakertrans.bantenprov.go.id/Berita/topic/268

Hedley, S. (2023). 10 Business Benefits of ISO 9001 Certification. EQUAS. Diakses dari: https://equas.co.uk/blog/10-benefits-iso-9001-certification/

Mutu. I. (2023). ISO 9001-2015 - Pengenalan, Pengertian, Manfaat Dan Fungsinya Bagi Perusahaan. Lab Mutu. Diakses dari:

https://www.labmutu.com/2021/10/iso-9001-2015.html

Prasetyo, S. D., Irawan, B., & Apriani, F. (2020). Penerapan Standar ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Pada PT PLN (Persero) UPDK Mahakam UL PLTGU Tanjung Batu. Jurnal Paradigma, 9(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.30872/jp.v9i1.4398

Sucofindo. (2023). Jenis dan Manfaat Pelatihan ISO 9001 Sucofindo Bagi Perusahaan. PT. Sucofindo. Diakses dari:

https://www.sucofindo.co.id/artikel-1/umum/pelatihan-13/jenis-dan-manfaat-pelatihan-iso-9001-sucofindo-bagi-perusahaan/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.