10 Manfaat Pelatihan Perbankan & Keuangan

General Banking Feb 21, 2023

Perbankan dan jasa keuangan adalah industri yang besar dan kompetitif di seluruh dunia. Industri ini biasanya berada di bagian atas daftar sektor yang paling diinginkan untuk bekerja. Bagi orang yang berpendidikan tinggi, mengejar karir di industri perbankan dan keuangan mungkin menguntungkan secara finansial dan dapat memenuhi ambisi. Menurut penelitian, industri ini menyumbang lebih dari 25% ekonomi global. Akibatnya, pengetahuan yang diperoleh dari kursus perbankan profesional berdampak baik untuk kesuksesan jangka panjang bagi seseorang di bidang ini. Berikut ini adalah 10 manfaat kursus perbankan dan keuangan yang bisa diperoleh:

Cek Disini Pelatihan Perbankan Terlengkap

1. Mempelajari Keterampilan Manajemen Keuangan

Keterampilan dan pengetahuan manajemen keuangan sangat penting untuk semua orang yang bekerja di industri keuangan dan perbankan. Keterampilan ini memungkinkan perusahaan bank menanggapi tantangan keuangan yang rumit dan mengikuti perubahan. Program sertifikasi dan pelatihan perbankan mengajarkan mengajarkan analisis keuangan, pemikiran strategis, analisis bisnis, kepemimpinan, dan keterampilan pembiayaan proyek. Tujuannya adalah memastikan bahwa orang tersebut membuat keputusan keuangan yang terinformasi dengan baik.

2. Meningkatkan Kinerja

Meskipun ada banyak karyawan perbankan yang telah lama bekerja di suatu perusahaan perbankan, mereka tetap membutuhkan pelatihan perbankan yang berguna bagi pengembangan diri dan peningkatan keterampilan, kecekatan dan ketepatan mereka dalam hal kerja.

Selain itu, mereka juga dapat memperoleh refreshment dan penguatan atas ilmu yang mereka miliki sebelumnya, sehingga mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk bekerja lebih giat demi pertumbuhan positif perusahaan perbankan.

3. Meningkatkan Kemampuan Mengukur Resiko

Ada 2 faktor utama yang menyebabkan suatu bank mengabulkan permohonan pinjaman pada nasabahnya. Faktor pertama adalah faktor objektif, yaitu sebuah faktor yang didasari oleh syarat dan ketentuan bagi peminjam supaya permohonan pinjamannya dapat dikabulkan. Sedangkan faktor kedua adalah faktor subyektif dari bidang marketing dan surveyor.

Faktor kedua ini biasanya dilakukan oleh marketing senior yang telah berpengalaman dan mengetahui bagaimana karakteristik peminjam yang baik. Namun, tidak dapat dipungkiri juga bahwa ada banyak marketing senior yang tidak berani berspekulasi karena takut harus melakukan ganti rugi jika terjadi gagal bayar oleh debitur. Melalui pelatihan perbankan, para karyawan akan dilatih untuk mengenali karakteristik nasabah yang disiplin dan berpotensi menguntungkan bagi perusahaan melalui bidang usaha yang dijalankannya. Meskipun ini terdengar ekstrim, namun telah banyak perusahaan bank besar khususnya bank digital telah melakukannya secara masif dan mendapatkan kesuksesan.

4. Prospek karir

Kursus Perbankan dan Keuangan membuka pintu untuk karir di bidang konsultasi, perbankan, asuransi, pengelolaan dana, dan pialang, di antara bidang lainnya. Seseorang yang telah menyelesaikan Kursus Sertifikat Perbankan dapat bekerja untuk perusahaan multinasional, pasar keuangan, atau pemerintah. Kursus perbankan dan keuangan yang berkualitas tentunya dapat membantu seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang di seluruh dunia.

5. Pengetahuan Investasi

Selain memberikan prospek pekerjaan yang luar biasa di sektor perbankan dan keuangan, individu juga dapat memperoleh manfaat dari pelatihan perbankan dan keuangan untuk membantu mereka mengelola uang pribadi mereka.

Hal ini dikarenakan pelatihan tersebut mengajarkan peserta didiknya cara menabung dan menginvestasikan uang dengan bijak untuk memaksimalkan pengembalian dan memastikan masa depan yang aman. Selain itu, individu yang menyelesaikan kursus perbankan dan keuangan akan dilengkapi dengan pengetahuan investasi untuk memungkinkan mereka mengelola keuangan pribadi mereka.

6. Memperluas Jaringan

Karir yang sukses di bidang keuangan dan perbankan membutuhkan jaringan yang luas. Ini penting karena para ahli dan alumni memiliki banyak pengalaman dan telah menangani masalah dan tantangan keuangan yang kompleks di masa lalunya masing-masing. Pelatihan perbankan dan keuangan menyambut kandidat dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, pelatihan untuk perbankan juga berfungsi sebagai tempat yang sangat baik untuk memperluas jaringan relevan sekaligus berpotensi mempertemukan individu dengan spesialis industri.

7. Memperoleh Pekerjaan Bergaji Tinggi

Para ahli yang telah menyelesaikan kursus perbankan profesional sangat diminati oleh banyak pihak. Skala gaji mereka juga kompetitif. Karena setiap perusahaan yang sukses membutuhkan solusi keuangan untuk mengelola arus kas dan investasi, profesional perbankan dan keuangan mendapat kompensasi yang besar. Program pelatihan perbankan dan keuangan akan memberikan awal yang luar biasa bagi orang baru dalam karir profesional dengan penghasilan yang memuaskan.

8. Meningkatkan Citra Diri

Selain beberapa tahun pengalaman kerja, akan sangat membantu jika menambahkan kualifikasi dan talenta baru ke dalam portofolio individu. Alasannya karena hal tersebut dapat meyakinkan pihak yang sedang mencari pekerja sekaligus dapat digunakan untuk membantu kemajuan karir keuangan kandidat. Pelatihan perbankan yang berkualitas dan terakreditasi dari suatu lembaga ini menunjukkan pengetahuan keuangan dan membedakan individu tersebut dari orang lain.

9. Kurikulum Berorientasi Industri

Pelatihan perbankan dan keuangan mengikuti kurikulum yang berfokus pada industri yang membantu siswa didik mengembangkan kemampuan keuangan yang maju dan adaptif.

Ini memungkinkan orang untuk membuat strategi dan keputusan yang lebih baik di sektor profesional mereka untuk mendapatkan hasil terbaik. Biasanya, lembaga pelatihan perbankan akan mengikuti kurikulum yang diakui oleh industri perbankan dan keuangan serta pakar bisnis.

10. Mengasah Teknik Berkomunikasi

Bidang keuangan dan perbankan akan sukses tidak hanya berdasarkan jumlah modal kapital yang dimiliki perusahaan atau suku bunga atas pinjaman yang ditawarkan, namun juga ada faktor komunikasi antara perwakilan perusahaan dengan nasabah. Dalam hal ini, semakin pandai dan edukatif tim marketing yang dimiliki oleh suatu bank diyakini lebih efektif daripada membuat brosur atau melalui media manapun yang sering digunakan oleh para nasabah perbankan.

Referensi:

HRD Spot. (2023). Training Perbankan yang Wajib Diikuti Para Bankir Profesional. Diakses dari: https://hrdspot.com/blog/training-perbankan/

Jaro Education. (2023). 7 Benefits Of A Course In Banking & Finance. Diakses dari: https://www.jaroeducation.com/blog/7-benefits-of-a-course-in-banking-finance/

Kantor.Co.Id. (2021). Berbagai Pelatihan Untuk Karyawan Bank Yang Perlu Diketahui. Pengembangan Diri. Diakses dari: https://kantor.co.id/berbagai-pelatihan-untuk-karyawan-bank-yang-perlu-diketahui/

Knowingo. (2023). 5 Benefits of Training Bank Staff. Diakses dari: https://knowingo.com/blog/benefits-of-training-bank-staff/

Tycoonstory. (2021). 5 Reasons Why It Is Crucial to Offer Training in Banking. Career. Diakses dari: https://www.tycoonstory.com/career/5-reasons-why-it-is-crucial-to-offer-training-in-banking/

Wijaya, S. F., & Dongoran, J. (2021). Metode Pelatihan dalam Industri Perbankan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains Humaniora, 5(2), 204-211. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.37136

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.