10 Profesi Yang Membutuhkan Sertifikasi Profesional

Human Capital Apr 16, 2023

Kemakmuran dan kesejahteraan adalah hadiah bagi mereka yang bekerja keras dan secara konsisten menjalankan berbagai kesuksesan kecil. Namun, untuk menunjang pengembangan karir dan keterampilan diri yang dihargai tinggi, maka dibutuhkanlah variabel-variabel penunjang salah satunya yaitu sertifikasi profesional. Sertifikasi ini mengakui bahwa Anda memiliki keterampilan profesional dan pendidikan yang sesuai dengan kriteria standar untuk asosiasi, perusahaan, atau organisasi independen profesional tertentu.

Sertifikasi digunakan sebagai standar industri dan mungkin diperlukan untuk kemajuan karir. Misalnya, sebuah kantor akuntan yang memerlukan akun yang terverifikasi untuk menjadi Akuntan Publik Bersertifikat (CPA). Sertifikasi biasanya melibatkan komponen pendidikan dan ujian dan memerlukan pembaruan setiap beberapa tahun sekali sehingga akan memberikan manfaat berupa penyelesaian pekerjaan secara tepat sekaligus meningkatkan kredibilitas. Berikut ini adalah 10 profesi yang membutuhkan sertifikasi profesional untuk menunjang kemakmuran dan kesejahteraan bagi mereka yang berfokus pada pengembangan karir.

1.  Manajer Proyek

Karir dalam manajemen proyek terus diminati, terutama bagi mereka yang memegang sertifikasi Certified Associate in Project Management (CAPM) dan Project Management Professional (PMP). CAPM tingkat asosiasi sangat ideal bagi mereka yang kurang berpengalaman dalam mengelola proyek perusahaan tetapi masih memiliki pemahaman yang kuat tentang bidang tersebut. Sertifikasi PMP dirancang untuk para profesional dengan tingkat pengalaman yang lebih tinggi.

2.  Analis Bisnis

Analis bisnis bekerja dengan perusahaan untuk menganalisis proses, produk, layanan, dan sistem untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas. Mereka biasanya menggunakan sumber daya data dan teknologi informasi (TI) untuk membantu membuat keputusan memajukan perusahaan mereka. Ada beberapa sertifikasi profesional untuk analis bisnis, meskipun pilihan populer oleh para profesional di bidang ini adalah Certified Business Analysis Professional (CBAP) atau Sertifikasi Analisis Agile IIBA (IIBA-AAC). IIBA-AAC adalah sertifikasi yang berdiri sendiri yang menunjukkan kemampuan analis bisnis untuk beradaptasi dan bekerja di lingkungan yang berubah.

3.  Manajer Rantai pasokan

Memiliki sertifikasi yang diakui secara global di bidang rantai pasokan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang profesional dan dapat membantu Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi di masa mendatang. Anda dapat memilih Certified in Production and Inventory Management (CPIM), Certified Supply Chain Professional (CSCP) atau Certified in Logistics, Transportation and Distribution (CLTD) yang sangat bermanfaat untuk memajukan karir Anda.

4.  Distributor/Manajer Pemasaran

Pemasaran adalah industri yang kompetitif dan sertifikasi dapat menunjukkan keahlian Anda saat melamar suatu posisi. Sertifikasi analitik media sosial dan pemasaran yang berlandaskan platform populer seperti Facebook, Google, Tiktok, Instagram, Hootsuite, dll. merupakan salah satu sertifikasi profesional yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

5.  Perdagangan Terampil

Mereka yang bekerja di bidang perdagangan terampil seringkali dapat memperoleh lebih banyak setelah menerima sertifikasi dalam profesi yang mereka inginkan. Misalnya, ada mekanik HVAC, tukang kayu, dan tukang las yang mempelajari keahlian mereka dengan bekerja sebagai pekerja magang, kemudian menerima kenaikan gaji yang besar setelah lulus ujian untuk menerima sertifikasi pekerja harian mereka.

6.  Manajer/Trainer Sumber Daya Manusia

Jika Anda bekerja di bidang sumber daya manusia (SDM), pertimbangkan sertifikasi yang menunjukkan calon pemberi kerja bahwa Anda telah berinisiatif untuk mengejar penunjukan ini. Perekrut mencari mereka yang memiliki sertifikasi SDM karena dari sertifikasi profesional tersebut mereka telah dinilai menguasai kepemimpinan dan manajemen kemanusiaan. Meskipun ada beberapa jenis sertifikasi SDM, perekrut paling sering mencari kandidat dengan penunjukan Profesional Sumber Daya Manusia (PSDM) atau Profesional Senior Sumber Daya Manusia (SPSDM). Pertimbangkan sebutan ini saat mencari peluang karir Anda lebih jauh.

7.  Manajer Penjualan

Banyak profesional penjualan memilih untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi profesional tambahan melalui program khusus yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan karir mereka. Misalnya, Challenger Sales, Spin selling, dan Sandler Training adalah semua metode penjualan yang memerlukan pembelajaran dan penerapan teknik yang membantu profesional penjualan mencapai tujuan mereka. Selain memperkuat keterampilan persuasif mereka dan memperluas pengetahuan mereka tentang penjualan, sertifikasi membantu mereka tetap berada di depan rekan-rekan mereka dan membangun pengalaman masa lalu.

8.  Akuntan

Dua dari sertifikasi akuntansi paling populer yang diminati adalah Certified Public Accountant (CPA) dan Chartered Financial Analyst (CFA). Akuntan dengan kepemilikan sertifikasi profesional kategori CPA dapat melakukan berbagai tugas sambil mendapatkan penghasilan besar dari menyiapkan pajak dan mewakili klien yang harus melapor ke kantor pajak. CFA diakui secara internasional dalam dunia pembiayaan dan investasi dan sangat cocok bagi mereka yang ingin menjadi pengendali dan CFO.

9.  Programmer

Sertifikasi dalam jaringan komputer memverifikasi keterampilan dan pengetahuan Anda di lapangan. Insinyur dan administrator jaringan komputer sesuai permintaan sering memegang gelar Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) atau Cisco Certified Network Professional (CCNP), yang mengkonfirmasi tingkat keahlian dan pengalaman mereka di lapangan. Tentu saja, ada berbagai sertifikat yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan sertifikasi jaringan komputer.

10.  Perawatan Kesehatan

Beberapa karir dalam permintaan di bidang medis berbasis sertifikat menawarkan kemajuan karir yang signifikan. Jika Anda ingin mempelajari keterampilan terkait industri kesehatan, pertimbangkan untuk mengejar karir sebagai perawat praktis berlisensi, asisten gigi, teknisi bedah, atau paramedis dengan cara mengikuti pelatihan yang menyediakan sertifikasi profesional yang relevan.

Kita telah mengetahui berbagai jenis sertifikasi profesional yang dibutuhkan untuk suatu profesi tertentu yang menguntungkan dan dapat mendatangkan kesejahteraan di masa yang akan datang. Untuk itu, Anda harus mengunjungi situs website sertifikasi profesional terbaik yang memiliki beragam jenis program sertifikasi relevan sesuai bidang Anda.

Referensi

Indeed Editorial Team. 10 In-Demand Career Certifications (And How To Achieve Them). Indeed. Diakses dari: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/certifications-in-demand

LSP Universitas Siliwangi. (2023). Kenapa Sertifikasi Profesi Penting Buat Kamu? Diakses dari: https://lsp.unsil.ac.id/kenapa-sertifikasi-profesi-penting-buat-kamu/

Pasar Trainer. Semua Hospitality. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/hospitality

Prima, P. (2022). Mengenal Sertifikasi Profesional & Perbedaannya dengan Sertifikasi Kompetensi. Kitalulus. Diakses dari: https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/sertifikasi-profesional-adalah

Sertifikasiku. (2021). Sertifikasi Profesi atau Sertifikasi Kompetensi? Apa Bedanya? Diakses dari: https://sertifikasiku.com/sertifikasi-profesi-atau-sertifikasi-kompetensi-apa-bedanya/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.