10 Taktik Untuk keberhasilan Public Relation Dalam Meningkatkan Penjualan

Mendapatkan liputan media adalah cara yang bagus untuk membangun merek perusahaan karena pada akhirnya, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong keterlibatan audiens sekaligus penjualan. Sementara tujuan Public Relation adalah membangun kolaborasi dengan tim penjualan dan departemen lain untuk merencanakan jangkauan media mereka.

Tim yang berbeda sering kali memiliki ide yang berbeda tentang cara mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesadaran merek yang positif dan meningkatkan penjualan. Saat perusahaan mengembangkan strategi dan kampanye pemasaran, penting untuk membuat rencana media yang menggabungkan tujuan public relation dan penjualan. Di bawah ini adalah 10 taktik khusus yang dapat membantu mencapai tujuan public relation.

1. Manfaatkan Fitur Media Dan Pelacakan Prospek

Popularitas suatu media yang diperoleh secara positif adalah alat branding dalam siklus penjualan yang ampuh, menghasilkan kesadaran akan prospek prospektif, memperkuat pertimbangan untuk prospek yang berkualitas, dan menyegel kesepakatan untuk menutup penjualan. Tim public relation dan penjualan perlu berkolaborasi dalam strategi untuk memanfaatkan alat mendengarkan media guna mengidentifikasi sentimen dan mekanisme pelacakan prospek untuk mengaitkan pemicu media selama proses penjualan.

2. Ceritakan Kisah 'Perjalanan' Perusahaan

Pertama dan terpenting, perlu ada pengakuan bahwa public relation adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan secara berkesinambungan. Selain itu, public relation harus dimanfaatkan untuk bercerita. Karena tujuan public relation yang paling utama adalah memberi tahu konsumen mengapa perusahaan ada disamping hanya sekedar berfokus pada penjualan. Cara terbaik untuk menghasilkan penjualan adalah dengan membuat konsumen tertarik dengan pernyataan “mengapa” perusahaan dan jawabannya memberikan alasan bagi mereka untuk mengikuti akun perusahaan. Kemudian, setelah taktik ini berhasil, maka penjualan akan mengikuti.

3. Ketahui Peran Antar Tim

Public relation dapat mendorong kepemimpinan pemikiran, kredibilitas merek, dan pengakuan untuk menghangatkan prospek yang pada akhirnya akan berhasil pada penjualan. Jauh lebih mudah bagi penjualan untuk memaksimalkan percakapan ketika prospek sudah memiliki pemahaman yang baik tentang keahlian dan nilai yang dapat diberikan perusahaan Anda. Public relation juga merupakan sumber konten yang bagus untuk mendorong kampanye pemasaran digital Anda.

4. Pahami Biaya Ketidakrelevanan

Public Relation mendorong kredibilitas dan relevansi. Dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi pendorong penjualan langsung; tetapi dalam setiap kasus, itu adalah elemen penting dari kesuksesan jangka panjang untuk merek apa pun. Para pemimpin pemasaran dan penjualan harus mengubah cara berpikir mereka tentang public relation-dari sekedar inkremental menjadi pandangan tentang biaya ketidakrelevanan. Ketika sebuah merek menghilang dari benak konsumen, itu sama dengan bahaya bagi penjualan.

5. Pertimbangkan Kebutuhan Kedua Tim

Salah satu tujuan public relation yaitu memberikan pelayanan yang mencakup berbagai sudut strategi penjualan di mana mereka merasa memiliki peluang terbesar. Apakah mereka membutuhkan publikasi tingkat satu untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas? Apakah mereka memerlukan cakupan di lokasi regional saat mereka mencoba melakukan geo target? Ada berbagai cara untuk memecahkan persoalan kompleks dengan public relation, tergantung pada masalah yang coba dipecahkan oleh tim penjualan.

6. Bekerja Dengan Fungsi Pemasaran Lainnya Dan Ukur Dampaknya

Apa yang diinginkan tim penjualan dari pemasaran? Mereka ingin menciptakan permintaan, membuka pintu baru, dan mempermudah penjualan. Tim public relation dapat meningkatkan upaya go-to-market dengan bekerja sama dengan fungsi pemasaran lainnya untuk menarik pelanggan, membedakan perusahaan dengan penceritaan yang emosional, mendorong kepemimpinan pemikiran, dan mengajak pemberi pengaruh dan mitra untuk menyebarkan pesan perusahaan. Yang terpenting, mereka harus mengukur dampaknya dengan alat tertentu untuk mencapai tujuan public relation.

7. Tetap Tersinkronisasi Dan Sesuai Merek

Public relation dapat memainkan peran yang kuat dalam mendorong penjualan dan pertumbuhan secara keseluruhan. Salah satu kuncinya adalah memastikan tim pemasaran dan public relation Anda selalu sinkron dengan pesan merek dan tujuan penjualan untuk memastikan setiap inisiatif public relation memanfaatkan peluang untuk berkontribusi pada inisiatif pemasaran dan penjualan, seperti mengarahkan prospek atau penjualan.

8. Bagikan Konten Pihak Ketiga yang Didukung oleh Wawasan Perusahaan Anda

Public relation dapat memberikan bahan bakar yang luar biasa untuk aktivitas penjualan, tetapi inisiatif public relation harus selaras dengan kebutuhan klien dan prospek. Kisah hebat yang membahas masalah yang coba dipecahkan oleh pelanggan Anda adalah emas murni untuk tim penjualan. Dipersenjatai dengan konten pihak ketiga yang kredibel yang didukung oleh wawasan perusahaan Anda dan pemikiran kepemimpinan sangat membantu untuk memenangkan penjualan.

9. Mendorong Komunikasi Terbuka Antar Departemen

Tim public relation Anda memahami bagaimana pelanggan mengikuti sales funnel dan bagaimana berkomunikasi dengan mereka di setiap touch point. Jika mereka dapat menyampaikan informasi tersebut secara efektif, tim penjualan dapat jauh lebih efektif dalam memandu pelanggan melalui perjalanan pembeli. Cara terbaik untuk menerapkan taktik ini adalah mendorong komunikasi terbuka antar departemen, baik melalui perangkat lunak maupun pertemuan rutin.

10. Memberikan Pengesahan Bagi Pihak Ketiga

Tujuan public relation yang terakhir adalah membantu mengembangkan kepercayaan dan kredibilitas organisasi, sehingga membantu tim penjualan menarik prospek dan menutup lebih banyak bisnis dengan lebih cepat dan mudah. Salah satu cara terbaik bagi perusahaan untuk memanfaatkan public relation guna mendorong lebih banyak penjualan adalah dengan menggunakan hubungan media, blogger, dan influencer untuk mengumumkan produk baru, tidak hanya membagikan berita tentang produk tersebut, tetapi juga memberikan dukungan pihak ketiga untuk membantu menutup target penjualan.

Jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam serta mengasah keterampilan Anda mengenai public relation, maka Anda dapat mengunjungi pasartrainer.com dan memilih pelatihan public relation yang dibutuhkan. Selain itu, di pasartrainer.com Anda juga dapat memilih topik pelatihan lain yang mungkin sangat berkaitan dengan kebutuhan pengembangan diri maupun pengembangan bisnis Anda.

Referensi

Khurota, A. (2022). Pengertian Marketing Public Relations beserta Fungsi dan Strateginya. Ekrut Media. Diakses dari: https://www.ekrut.com/media/marketing-public-relations

Lestari, H., & Nurhajati, L. (2019). Strategi Public Relations Untuk Menciptakan Minat Pengunjung Ke Galeri Indonesia Kaya. Jurnal Lontar, 9(1), 9-15.

Panel, E.  (2022).14 Ways PR And Sales Teams Can Help Meet Each Other’s Goals. Forbes. Diakses dari: https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2022/07/07/14-ways-pr-and-sales-teams-can-help-meet-each-others-goals/?sh=728edadf7b95

Pasar Trainer. (2023). Semua Pelatihan Dari Kategori yang Dipilih. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/all

Pasar Trainer. (2023). Pelatihan Kategori Public Relation. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/all?keyword=Public%20Relations

SIPR. (2020). 10 Fungsi Public Relations Dalam Perusahaan. Diakses dari: https://www.strategy.co.id/2020/04/20/10-fungsi-public-relations-dalam-perusahaan/