10 Tanda Kepemimpinan yang Baik Di Perusahaan

Leadership & Soft Skills Jul 21, 2023

Di jaman sekarang, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan di segmennya masing-masing. Beberapa berhasil meraih keberhasilan yang diinginkannya tetapi tidak sedikit juga yang malah berakibat pada jatuhnya suatu bisnis. Mungkin, sebagian besar dari Anda berpikir bahwa bisnis jatuh karena kekurangan modal, namun hal itu tidak sepenuhnya tepat. Kepemimpinan pada setiap bagian yang ada di perusahaan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dan kegagalan suatu bisnis. Dalam hal ini, pemimpin yang baik mampu mencari solusi atas setiap permasalahan, sehingga mampu membuat perusahaan di masa-masa krisis, sedangkan pemimpin yang kurang baik akan pasrah pada keadaan dan berujung gagal. Berikut ini adalah 10 tanda  kepemimpinan yang baik di perusahaan versi pasartrainer.com.

1. Berintegritas

Integritas merupakan karakter individu yang dicerminkan melalui segala sesuatu yang dipertanggung jawabkan. Pemimpin sejati tidak akan lari dari masalah, namun akan berupaya untuk menyelesaikan masalah perusahaan. Pemimpin yang baik juga akan mempertanggung jawabkan seluruh kinerja dan keputusannya alih-alih menyalahkan bawahan untuk suatu kesalahan yang diperbuatnya.

2. Memiliki Relasi yang Baik Dengan Karyawan

Pemimpin yang baik berkomunikasi secara aktif dan interaktif dengan seluruh karyawan. Mereka tidak membeda-bedakan satu karyawan dengan yang lainnya. Jika ada yang performa kerjanya kurang, pemimpin profesional akan berupaya untuk mendorong karyawan agar dapat memberikan performa kerja yang optimal. Biasanya, ia memiliki sistem reward & punishment yang membangun.

3. Bersinergi Dengan Karyawan

Pemimpin yang baik mengetahui jika perusahaan bergerak atas dasar kolaborasi antar departemen dan karyawan. Mereka tidak menciptakan jarak antara dirinya dengan karyawan melainkan justru lebih mendekatkan diri pada para karyawan. Tujuannya supaya lebih mudah untuk mensinergikan visi perusahaan dengan orientasi kerja karyawan.

4. Mudah Memberikan Kesempatan pada Karyawan

Di berbagai perusahaan, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dan naik jabatan seringkali sulit dan tidak diberikan oleh pimpinan. Mereka hanya mementingkan target pribadi sehingga membuat karyawan tidak berkembang dan merasa bukan bagian penting perusahaan. Akibatnya, performa kerja mereka menurun dan keluar dari perusahaan. Padahal, seharusnya karyawan diberdayakan dan diberitahu bahwa mereka adalah bagian penting dari siklus bisnis perusahaan. Dengan adanya mereka dan kemampuan yang terus dikembangkan, perusahaan akan memperoleh hasil yang baik di masa depan. Hal ini adalah ciri kepemimpinan yang baik di perusahaan-perusahaan besar.

5. Menerima Kritik Dan Masukan

Kritik dan masukan adalah dua hal yang saling membangun. Dalam hal ini, kepemimpinan yang baik ditunjukan dengan sikap terbuka dan mau mendengarkan karyawan perihal kritik dan masukan yang diberikan. Kemampuan untuk menerima kritik dan masukan inilah yang nantinya akan menjadi penyemangat kerja bagi pemimpin sehingga dalam menjalankan tugasnya, ia menjadi lebih fleksibel dan mampu memecahkan permasalahan.

6. Berempati Pada Karyawan

Perusahaan besar tentu didukung oleh karyawan yang bekerja dengan performa terbaiknya. Untuk mendapatkan performa ini, karyawan membutuhkan pengertian, bimbingan dan dukungan dari atasannya. Selain itu, atasan yang cerdik mampu menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat. Mereka hanya bisa mengetahui kemampuan seseorang jika mereka memahami karyawan di perusahaan mereka melalui empati, sosialisasi dan pengamatan yang terstruktur.

7. Fokus Pada Permasalahan Utama

Pemimpin yang baik tidak akan buru-buru menyalahkan dan mendiskreditkan karyawan atas kegagalan perusahaan di suatu proyek. Mereka akan menganalisa dan melakukan evaluasi terhadap segala sesuatu yang terjadi di perusahaan sehingga mendapatkan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Dalam proses analisa dan evaluasi ini tentu membutuhkan data, dan data yang akurat bisa saja berada di tangan karyawan yang berpotensi mendapat tuduhan bersalah atas kegagalan perusahaan. Kepemimpinan yang baik memandang bahwa kesalahan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan bisa jadi ada peluang di luar perkiraan yang bisa memberikan kemajuan bagi perusahaan.

8. Mampu Mengambil Keputusan Strategis

Merupakan hal yang wajar jika di suatu rapat terdapat banyak perdebatan, masukan dan usulan yang bertolak belakang. Namun pemimpin yang cerdas dapat menarik garis lurus untuk menghubungkan gagasan-gagasan yang diberikan oleh para peserta rapat. Tujuannya adalah untuk menciptakan keputusan strategis yang menguntungkan semua pihak, dan meminimalisir sebanyak mungkin kerugian-kerugian yang mungkin akan dihadapi.

9. Transparan

Pemimpin yang baik memiliki sikap transparan terhadap karyawannya, khususnya soal finansial. Di beberapa perusahaan, seringkali karyawan diperas dengan cara yang tidak beretika. Misalnya seperti mengajak karyawan untuk hangout bersama atau makan bersama namun tidak mengatakan pada mereka bahwa budget yang diperlukan dipotong dari gaji/insentif mereka. Hal ini tentu membuat karyawan kecewa dan dapat memicu kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

10. Percaya Diri Dan Optimis

Agar dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif, pimpinan perusahaan berkewajiban untuk menjadi contoh dan memberikan suasana positif bagi para karyawan. Mereka akan menunjukan sikap percaya dirinya dan tidak mudah menyerah bahkan untuk suatu hal yang dianggap mustahil untuk diselesaikan. Sikap ini merupakan sikap kepemimpinan yang baik yang akan membuat karyawan menjadi lebih semangat di tempat kerja serta membangun lingkungan positif di tempat kerja.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari kepemimpinan yang baik lebih dalam, kunjungi pasartrainer.com untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kebutuhan Anda. Situs ini memiliki trainer yang profesional di bidangnya, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak hal yang mungkin tidak dibagikan di tempat lain.

Referensi

PasarTrainer. (2023). 12 Plus Minus Pelatihan Leadership Training. Leadership & Soft Skills. Diakses pada 13 Juli 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/12-plus-minus-pelatihan-leadership-training

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.