10 Tantangan Pekerjaan HRD Teratas Dan Cara Menghadapinya

Human Capital Jul 3, 2023

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang kompleks, dan mengelolanya bukanlah hal yang mudah, terutama di tempat kerja. Mereka mungkin menginginkan hal yang berbeda pada waktu yang berbeda, bertengkar dengan orang lain, dan hanya membutuhkan sedikit dukungan ekstra untuk tetap produktif. Tantangan pekerjaan HRD ini wajar saja, tetapi bukan berarti tidak layak untuk ditangani. Mengabaikan mereka dapat menyebabkan segala macam masalah di kemudian hari, mulai dari penurunan produktivitas hingga tingkat perputaran yang tinggi. Manajemen sumber daya manusia adalah tentang mengurangi tantangan ini dan memastikan bahwa karyawan bahagia, terlibat, dan produktif. Pasartrainer.com akan menguraikan 10 tantangan pekerjaan HRD teratas dan bagaimana manajer dapat menghadapinya secara langsung.

1. Menarik Talenta Terbaik

Faktor-faktor seperti persaingan yang meningkat, kesenjangan keterampilan, dan ekonomi global telah membuat menarik talenta terbaik menjadi tantangan di bidang pekerjaan HRD. Faktanya, sekitar 75% profesional SDM percaya bahwa kandidat yang melamar pekerjaan tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Untuk mengatasi ini, manajer perlu fokus pada branding pemberi kerja dan memastikan bahwa perusahaan mereka merupakan pilihan yang menarik bagi kandidat potensial.

2. Retensi Bakat

Bakat yang dipertahankan selalu menjadi aset bagi perusahaan manapun, tetapi dengan pasar kerja yang terus berubah, ini telah menjadi salah satu tantangan sumber daya manusia yang paling signifikan pada pekerjaan HRD. Karyawan menuntut gaji yang adil, jika tidak tinggi, untuk pekerjaan mereka dan selalu mencari peluang yang lebih baik. Profesional HRD perlu menemukan cara untuk membuat karyawan senang dan puas dalam pekerjaan mereka. Ini dapat dilakukan dengan menawarkan hal-hal seperti: pemberian gaji yang kompetitif, bonus berbasis kinerja, jam kerja yang fleksibel, waktu liburan yang murah hati, dan program pengembangan karyawan. Dalam hal retensi, tantangan terbesar adalah memahami apa yang memotivasi setiap karyawan. Hal ini dapat dilakukan melalui tinjauan kinerja rutin dan pertemuan empat mata.

3. Mengadaptasi Model Kerja Hybrid

Dengan munculnya internet, telecommuting, dan pekerjaan lepas, karyawan menjadi lebih tersebar daripada sebelumnya. Hal ini dapat menimbulkan tantangan bagi para profesional SDM yang perlu mengelola orang-orang ini tanpa dapat bertemu dengan mereka setiap hari. Melihat bahwa 95% orang lebih nyaman dan produktif saat bekerja dari rumah setidaknya untuk beberapa waktu, mungkin ada baiknya mempertimbangkan model kerja hybrid untuk perusahaan Anda. Ini akan memberi karyawan yang terbaik dari kedua dunia: fleksibilitas untuk bekerja dari rumah saat mereka membutuhkannya dan kemampuan untuk datang ke kantor untuk berkolaborasi dengan rekan kerja.

4. Menangani Manajemen Perubahan

Manajemen perubahan mengacu pada proses penerapan perubahan dalam suatu organisasi. Merupakan tantangan pekerjaan HRD yang besar untuk mengelola perubahan ini dan memastikan transisi yang lancar bagi karyawan. Namun, manajer dapat menghadapi tantangan ini dengan: mengkomunikasikan alasan perubahan kepada karyawan, melibatkan karyawan dalam proses perubahan, merencanakan dan mempersiapkan implementasi, mengelola konflik secara efektif, dan memantau kemajuan dan menyesuaikan sesuai kebutuhan.

5. Mengelola Keragaman Dan Inklusi

Dengan globalisasi bisnis, mengelola keragaman dan inklusi telah menjadi tantangan utama bagi manajer pekerjaan HRD. Mereka perlu memastikan bahwa semua karyawan merasa dilibatkan dan dihormati, terlepas dari latar belakang atau identitas mereka. Mengingat perbedaan pribadi dan budaya dapat menyebabkan kesalahpahaman dan konflik, manajer SDM harus sangat rajin dalam mengelola keragaman dan inklusi.

6. Keterlibatan Karyawan

Karyawan yang terlibat adalah karyawan yang antusias dengan pekerjaan mereka dan berkomitmen terhadap organisasi. Mereka melampaui tugas pekerjaan mereka dan termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan tim mereka. Karyawan yang terlibat lebih produktif, memiliki kehadiran yang lebih baik, dan lebih cenderung bertahan dengan perusahaan mereka. Menurut sebuah studi baru-baru ini, hanya sekitar sepertiga dari karyawan di seluruh dunia yang terlibat dalam pekerjaan. Ini berarti ada banyak ruang untuk perbaikan dalam hal keterlibatan karyawan. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap keterlibatan karyawan, seperti: hubungan antara karyawan dan atasan mereka, perasaan dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan, memiliki suara dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi mereka, pemahaman yang jelas tentang peran mereka dalam perusahaan, dan rasa tujuan atau makna dalam pekerjaan mereka.

7. Pengembangan Kepemimpinan

Meskipun mudah menemukan orang yang mengikuti perintah, jauh lebih sulit menemukan orang yang dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka. Itulah mengapa pengembangan kepemimpinan sangat penting bagi organisasi manapun yang ingin tetap terdepan dalam persaingan. Masalahnya adalah pekerjaan HRD di banyak organisasi tidak memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana mengembangkan calon pemimpin mereka. Mereka mungkin menawarkan beberapa program pelatihan, tetapi ini seringkali satu ukuran cocok untuk semua dan tidak mempertimbangkan kebutuhan individu masing-masing pemimpin. Akibatnya, banyak pemimpin tidak pernah mencapai potensi penuh mereka dan akibatnya organisasi menderita. Untuk mengatasi tantangan ini, organisasi perlu berinvestasi dalam program pengembangan kepemimpinan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemimpin. Program-program ini harus dirancang untuk membantu para pemimpin mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka sehingga mereka dapat memotivasi dan menginspirasi tim mereka dengan lebih baik.

8. Legislasi Dan Kepatuhan Lainnya

Beberapa pemerintah negara sekarang menerapkan sejumlah peraturan kepatuhan yang harus diikuti oleh bisnis. Peraturan ini tidak hanya terkait dengan kontrak kerja dan hak karyawan, tetapi juga kesehatan dan keselamatan, proses perekrutan dan kesempatan yang sama. Globalisasi telah menambahkan lapisan kepatuhan lainnya, karena bisnis sekarang beroperasi di banyak negara dan harus mematuhi hukum masing-masing negara. Ini bisa menjadi tantangan bagi tim SDM, yang harus selalu mengikuti semua undang-undang terbaru dan memastikan bahwa kebijakan mereka dipatuhi.

9. Administrasi Gaji Dan Tunjangan

Proses administrasi penggajian dan tunjangan dapat rumit, memakan waktu, dan rawan kesalahan, terutama jika proses manual digunakan. Meningkatnya tren kerja jarak jauh juga dapat mempersulit pengelolaan penggajian dan tunjangan karena karyawan mungkin berlokasi di negara bagian atau negara yang berbeda. Untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak penggajian dan tunjangan seperti Quickbooks untuk mengotomatisasi dan merampingkan proses.

10. Mengembangkan Budaya yang Berorientasi Pada Nilai

Memotivasi karyawan untuk bekerja menuju tujuan perusahaan adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi manajer pekerjaan HRD. Hal ini dapat diatasi dengan menciptakan budaya berorientasi nilai dalam organisasi dimana semua karyawan mengetahui misi dan visi perusahaan dan bekerja untuk mencapainya. Dalam organisasi yang berorientasi nilai, karyawan menemukan keselarasan antara tujuan pribadi dan organisasi mereka, yang mengarah pada kepuasan dan motivasi kerja yang lebih besar. Beberapa cara untuk mengembangkan budaya berorientasi nilai adalah dengan menyediakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, mendorong transparansi dan komunikasi dua arah, dll.

Referensi

Alwy, M. A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Digital Melalui Lensa Manajer Sumber Daya Manusia Generasi Berikutnya. Sibatik Journal, 1(10), 2265-2276. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i10.334

Atlas Staffing. (2016). 10 Of Today's Common Human Resources Challenges. Employers. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://atlasstaffing.com/blog/10-todays-common-human-resource-challenges/

Muliawaty, L. (2019). Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi. Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 1-11.  https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416

Pahwa, A. (2023). Top 10 HR Challenges And How To Face Them. Reader Disclosure. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://www.feedough.com/human-resource-challenges/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.