10 Tips Membuat Presentasi Bisnis Kelas Dunia

Leadership & Soft Skills Jun 18, 2023

Bisnis memiliki kajian yang sangat luas, dan untuk sukses dalam bisnis diperlukan kesuksesan juga dalam meyakinkan orang lain. Contohnya ketika Anda memiliki kesempatan untuk presentasi di depan calon konsumen, investor, atau mitra bisnis Anda dalam rangka menjalin hubungan bisnis dengan mereka. Kali ini pasartrainer.com bermaksud memberikan 10 tips membuat presentasi bisnis kelas dunia yang hanya diketahui sedikit orang.

1. Gunakan PowerPoint Sebagai Dukungan Visual

Apa yang relevan seharusnya adalah apa yang harus Anda sampaikan, bukan PowerPoint itu sendiri, yang pada dasarnya hanya berfungsi sebagai pendukung presentasi bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyertakan semua informasi dalam presentasi di PowerPoint Anda, hanya data kunci. Namun, ini tidak secara harfiah diterjemahkan menjadi "PowerPoint membosankan". Ada kemungkinan tak terbatas, Anda dapat menggunakan bagan, infografis, gambar, atau semuanya digabungkan.

2. Tunjukkan Kredibilitas

Orang cenderung lebih memperhatikan jika mereka melihat bahwa orang lain ahli dalam apa yang mereka bicarakan. Tunjukkan bahwa tidak ada orang yang mengetahui perusahaan atau produk dengan baik dan semua orang akan mempercayai kata-kata Anda 100%. Penting juga untuk mengetahui jenis audiens yang akan hadir selama presentasi bisnis berlangsung, untuk mengetahui bagaimana Anda harus mengoptimalkan pidato Anda.

3. Ketepatan waktu

Dianjurkan untuk datang jauh-jauh hari, demi para hadirin, tetapi terutama demi Anda sendiri. Jika Anda berada di sana beberapa saat sebelumnya, Anda dapat dengan tenang menyiapkan semua yang Anda butuhkan untuk presentasi: pengeras suara, komputer, proyektor dan material-material lain yang dapat mendukung presentasi Anda.

4. Kesan Pertama Adalah Segalanya

Ya, kita sepakat, kita tidak boleh menilai buku dari sampulnya, tetapi itu tetap tindakan manusia, dan kemungkinan besar audiens akan lebih mengingat kejadian atau sambutan di awal presentasi. Ini adalah momen perhatian penuh, jadi Anda harus menarik perhatian mereka sejak menit pertama. Untuk melakukan ini, Anda dapat membantu mereka dengan kutipan, gambar yang menarik, atau pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berpikir selama presentasi.

5. Ceritakan Tentang Diri Anda

Untuk menyampaikan kedekatan dengan audiens Anda, Anda dapat menceritakan kisah pribadi atau bahkan merek singkat tentang produk Anda, untuk menunjukkan sisi kemanusiaan di balik bisnis tersebut. Tetap singkat, tapi menarik. Teknik mendongeng sangat membantu untuk tujuan ini. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang teknik presentasi bisnis ini, Anda dapat mendaftar pelatihan kami di pasartrainer.com tentang cara menggunakan storytelling dalam presentasi.

6. Sampaikan Emosi

Konten itu penting, tetapi bagaimana Anda menyajikan konten itu juga penting. Bahasa tubuh, cara Anda berbicara (Anda dapat memberikan sedikit sentuhan humor yang akan terhubung dengan audiens Anda), atau melakukan kontak mata dapat membantu Anda menyampaikan kata-kata Anda lebih jauh. Terkait dengan hal tersebut, pakaian merupakan elemen yang relevan. Jika Anda mengenakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri, pekerjaan akan selesai, karena Anda akan menyampaikan kepercayaan diri kepada penonton.

7. Interaksi Dengan Penonton

Buat semua peserta merasa menjadi bagian dari presentasi sehingga mereka tidak melihat presentasi sebagai monolog tetapi sebagai sesuatu yang lebih interaktif. Mengajukan pertanyaan retoris atau berbicara dalam bentuk orang pertama jamak secara umum dapat membantu. "Aku tahu kita semua pernah merasakan hal itu pada satu waktu” atau yang lain. "Seperti yang Anda pertanyakan selama ini ...".

8. Buat Pernyataan Penting

"Angka besar menarik perhatian audiens Anda" bukanlah kalimat tanpa arti. Menampilkan angka atau data dalam sebuah presentasi bisnis tentu dapat mengejutkan yang memukau audiens Anda, sehingga membuat mereka tidak bisa berhenti mendengarkan Anda.

9. Bersiaplah Untuk Pertanyaan Sulit

Anda harus siap untuk apapun yang diminta audiens Anda dan tahu bagaimana keluar dari pertanyaan mereka pada presentasi bisnis yang telah Anda berikan di panggung. Pada saat yang sama, Anda juga harus bersiap jika tidak ada yang bertanya apapun kepada Anda sehingga selama waktu tanya jawab tidak ada kesunyian yang canggung. Anda dapat menggunakan frasa seperti "satu hal yang mungkin masih membuat Anda bertanya-tanya adalah..."

10. Memberikan Akhir yang Epik

Sama seperti Anda memulai dengan besar, akhiri dengan nada tinggi. Setelah tanya jawab, Anda dapat menyebutkan fakta yang mengejutkan, menayangkan video, atau menutup dengan pertanyaan yang disiarkan. Yang penting adalah membuatnya "epik" sehingga memberikan kesan berharga yang dapat diingat oleh audiens untuk waktu yang relatif lama.

10 Tips di atas dapat memiliki percabangan yang luas namun ilmunya dapat diperdalam melalui pelatihan mandiri dan pengalaman. Namun, jika mengingat perkembangan jaman yang semakin cepat tentunya Anda membutuhkan seorang mentor dan pelatih untuk dapat mensukseskan presentasi bisnis Anda. Untuk itu, kami menawarkan pelatihan-pelatihan presentasi bisnis yang tentunya dapat mengakselerasi dan memperluas penguasaan Anda tentang cara menjadi presenter profesional kelas dunia.

Referensi

Chance, Z. (2022). Influence Is Your Superpower: The Science of Winning Hearts, Sparking Change, and Making Good Things Happen. UK: Random House.

Cox, G. (2022). Leading Inclusion: Drive Change Your Employees Can See and Feel. Canada: Page Two.

PasarTrainer. (2023). 10 Cara Meningkatkan Skill Public Speaking. Leadership & Soft Skills. Diakses pada 23 Mei 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/10-cara-meningkatkan-skill-public-speaking

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.