10 Tips Meningkatkan Keterampilan Lewat Latihan Public Speaking Sendiri

Leadership & Soft Skills Jun 18, 2023

Public speaking adalah hal paling mendasar yang harus dikuasai oleh seseorang untuk mendapatkan perhatian pasar, mempengaruhi mereka dan memperoleh banyak keuntungan dari perhatian yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini pasartrainer.com ingin membagikan 10 tips yang dapat menunjang latihan public speaking sendiri dari rumah atau tempat-tempat lain yang bagi Anda merupakan tempat pelatihan mandiri yang nyaman dan mendukung.

1. Persiapkan Public Speaking Anda

Ketika Anda tahu Anda akan mengadakan acara berbicara di depan umum, pastikan Anda mempersiapkannya. Berikut adalah beberapa langkah dasar untuk memastikan Anda siap untuk pidato Anda:

  1. Kumpulkan materi Anda. Ini akan mencakup bahan referensi, peragaan slide, dll.
  2. Persiapkan pidato Anda. Ini termasuk menuliskannya, memeriksanya, dan menyelesaikannya.
  3. Latih pidato Anda untuk diri sendiri. Yang terbaik adalah melakukan ini di depan cermin dan memiliki cara untuk mengatur waktu sendiri. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menjalankan pidato dan bagaimana penampilan Anda saat melakukannya.
  4. Latih pidato Anda di depan seseorang. Melakukan pidato Anda di depan orang lain juga dapat membantu, sehingga Anda dapat menerima umpan balik atas pidato Anda dan cara Anda menyampaikannya. Cobalah untuk memilih seseorang yang tidak terbiasa dengan topik tersebut. Mereka akan dapat melihat bagaimana Anda menyajikannya dan seberapa jelas topik Anda, tanpa terlalu fokus pada materi pelajaran.

2. Gunakan Teknologi dalam Pidato Publik

Presentasi tidak harus membosankan dan monoton. Dengan teknologi komputer saat ini, presentasi Anda dapat memiliki berbagai lapisan media. Audio, video, dan grafik yang disempurnakan benar-benar dapat membuat presentasi menonjol, mengurangi tekanan pada keterampilan berbicara di depan umum Anda. Dalam kelas pelatihan yang kami selenggarakan, kami menggunakan presentasi visual slide show yang membantu kami melewati setiap langkah di kelas.

3. Gunakan Kamar Kecil Untuk Latihan Public Speaking

Menggunakan kamar kecil untuk berlatih pidato Anda akan memungkinkan Anda menyegarkan penampilan dan melakukan bisnis apa pun yang harus Anda lakukan sebelumnya. Kamar kecil atau toilet adalah tempat yang terasa nyaman untuk siapa saja untuk melakukan kegiatan seperti bernyanyi atau untuk melakukan latihan public speaking sendiri. Gunakan fasilitas itu dengan baik dan mulailah berlatih.

4. Tetap Terhidrasi Selama Pidato

Kami telah melihat banyak pembicara publik berbicara hampir satu jam tanpa minum air. Saat presentasi berlangsung, kami bisa melihat dehidrasi tersebut memengaruhi mereka. Untuk menghindarinya, simpan sebotol air di dekat Anda selama pidato. Minum bila perlu akan membantu Anda tetap terhidrasi dan mencegah mulut Anda mengering. Hanya saja, jangan minum terlalu banyak sehingga Anda membutuhkan kamar kecil saat berbicara!

5. Tersenyumlah Selama Pidato Publik

Ekspresi wajah sangat terlihat saat Anda memberikan presentasi. Orang-orang memperhatikan mulut Anda karena Andalah yang berbicara. Dalam latihan public speaking sendiri, cobalah untuk tersenyum saat Anda melatih presentasi Anda. Jika Anda tidak tersenyum, sepertinya Anda tidak menikmati apa yang Anda bicarakan; audiens tidak akan peduli apa yang Anda diskusikan jika mereka pikir Anda tidak peduli.

6. Gunakan Tangan Anda Saat Berbicara

Jangan kaku saat memberikan presentasi. Alih-alih, gerakkan tangan Anda saat berbicara. tidak harus di atas, tetapi sesuatu yang halus untuk menunjukkan bahwa Anda santai dan tahu apa yang Anda bicarakan. Penonton suka melihat pembicara yang kata-katanya cocok dengan bahasa tubuhnya.

7. Berdandan untuk Pidato Anda

Ingatlah bahwa semua mata akan tertuju pada Anda selama presentasi. Jadi, Anda perlu mendandani bagian itu. Kenakan pakaian terbaik Anda, dandani diri Anda dengan benar, dan pastikan Anda terlihat tajam. Hindari sesuatu yang mencolok atau mengganggu seperti perhiasan yang dapat memantulkan cahaya atau menimbulkan kebisingan. Anda ingin audiens fokus pada Anda, bukan pada apa yang Anda kenakan. Oleh karena itu latihan public speaking sendiri juga berkaitan dengan latihan berpakaian yang elegan.

8. Dorong Partisipasi Audiens

Selama konferensi yang kami hadiri, pembicara sering meminta orang-orang bertepuk tangan untuk menunjukkan apakah mereka telah melakukan sesuatu sebelumnya. Dia mengakui itu untuk menunjukkan kepada orang-orang di luar ruangan bahwa dia memiliki presentasi yang bagus yang membuat orang bertepuk tangan. Kebanyakan presenter menyuruh orang mengangkat tangan, yang tidak menimbulkan suara sama sekali. Itu berhasil dan membuat orang tertawa. Temukan cara untuk memeras beberapa partisipasi audiens untuk melonggarkan segalanya. Anda juga harus mengizinkan audiens untuk mengajukan pertanyaan di akhir presentasi.

9. Bersiaplah untuk Apapun Selama Pidato Publik

Hal-hal dapat terjadi selama presentasi yang akan membuang banyak hal penting dan dapat memecahkan fokus audiens. Pertanyaan acak di tengahnya, kegagalan teknologi, atau beberapa informasi Anda tidak akurat pada hari presentasi. Meskipun sulit untuk mempersiapkan saat sesuatu hal terjadi, Anda harus selalu siap, fokus dan fleksibel terhadap semua situasi.

10. Hadapi Ketakutan Anda Berbicara di Depan Umum

Pada akhirnya, terserah Anda untuk menghadapi ketakutan Anda berbicara di depan umum. Tetaplah santai dan fokus pada gagasan Anda supaya Anda tidak kehilangan perhatian dari para audiens Anda. Berlatihlah melakukan candaan-candaan kecil atau membuat suatu kalimat yang dapat menimbulkan pertanyaan tidak bertopik bagi audiens agar membuat suasana lebih hidup dan membawa Anda pada titik ternyaman hingga Anda merasa ‘inilah timing yang tepat’ untuk menyampaikan gagasan Anda secara tegas dan terarah. Dalam latihan public speaking sendiri ini, PR Anda adalah mengoreksi diri Anda sendiri dan hadapi ketakutan internal Anda sendiri. Caranya sederhana, yaitu merekam dan melihat serta mendengar diri Anda sendiri ketika berbicara!

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan latihan public speaking sendiri di rumah, pasartrainer.com dan para trainer terbaiknya selalu siap untuk membantu meningkatkan keterampilan public speaking Anda!

Referensi

Lucas, S. (2019). The Art of Public Speaking (International Edition). USA: ‎McGraw-Hill.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117-122. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4335

Pasar Trainer. (2023). 10 Cara Meningkatkan Skill Public Speaking. Diakses pada 18 Mei 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/10-cara-meningkatkan-skill-public-speaking

Pasar Trainer. (2023). 10 Contoh Komunikasi Publik yang Dilakukan Perusahaan-Perusahaan Raksasa. Diakses pada 18 Mei 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/10-contoh-komunikasi-publik-yang-dilakukan-perusahaan-perusahaan-raksasa

Zainal, A. G. (2022). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara Di Depan Umum. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.