10 Tugas Sales Marketing Hotel

Communication Jul 3, 2023

Tantangan di industri pemasaran hotel adalah banyaknya persaingan. Terutama dengan semakin populernya situs web seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com dan lain sebagainya, yang semakin menantang untuk tampil menonjol dalam persaingan dengan tujuan untuk mengumpulkan lebih banyak pemesanan. Meskipun pemasar hotel sangat akrab dengan tantangan ini, mereka masih ditugasi untuk mencapai metrik mereka, yang sering dikaitkan dengan pemesanan. Bagaimana Anda memastikan orang-orang dapat menemukan hotel Anda sejak awal, lalu segera memesan tempat menginap di tempat Anda? Berikut adalah 10 tips efektif yang harus dilakukan sales marketing hotel untuk meningkatkan pemasukan perusahaan versi pasartrainer.com!

1. Jadikan Hotel Mudah Ditelusuri Secara Online!

Teknologi telah mengambil alih berbagai segi pemasaran dan promosi. Pelancong masa kini diberdayakan untuk melakukan penelitian komparatif mereka sendiri bahkan tanpa meninggalkan tempat tidur mereka. Tugas sales marketing hotel adalah membuat hotel relevan di mana saja secara online untuk pemesanan potensial sehingga orang dapat menemukan hotel Anda di browser saat mereka perlu memesan tempat menginap. Jangan membatasi diri Anda hanya pada satu platform sosial, mesin pencari, atau situs web perjalanan. Anda harus menggali analitik situs web Anda, mencari tahu dari mana orang biasanya memesan, dan menciptakan kehadiran yang menarik dan kompetitif di platform tersebut.

2. Pasarkan ulang, Pasarkan ulang, Pasarkan ulang

Pemasaran ulang adalah komponen penting untuk pemasaran hotel karena wisatawan terganggu tidak hanya oleh gangguan sehari-hari (seperti notifikasi telepon pop-up dan tangisan bayi), tetapi juga karena ada ratusan opsi lain yang dapat mereka pilih. Dengan pemasaran ulang, sales marketing hotel dapat menurunkan tingkat pengabaian dan menutup lebih banyak pemesanan dengan menampilkan iklan bergambar yang menarik kepada orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi situs Anda, untuk mengingatkan mereka bahwa Anda ada di sana dan mengarahkan mereka melalui proses tersebut.

3. Pastikan Anda Menargetkan Audiens yang Tepat

Banyak hotel memiliki beragam pelanggan dengan tingkat pendapatan berbeda, karena mereka mungkin menawarkan kamar di sisi yang lebih mewah (seperti kamar presidensial) dan kamar lain yang sering dijual dengan harga diskon. Kedua audiens ini perlu dipecah dan ditargetkan secara terpisah. Bahkan ada perbedaan untuk jaringan hotel yang sama di lokasi yang berbeda. Semua hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat menyusun kampanye pemasaran Anda. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menentukan audiens Anda sehingga Anda dapat menyusun pesan yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat!

4. Alokasikan Lebih Banyak Anggaran Pemasaran Selama Musim Pemesanan Puncak

Jika Anda menjalankan resort atau hotel di Puncak Bogor atau jalur persewaan pantai, musim pemesanan puncak Anda akan sangat berbeda. Sebagai pemasar hotel, sales marketing hotel kemungkinan besar menyadari kapan musim pemesanan puncak Anda, tetapi Anda mungkin tertinggal selangkah dalam hal penganggaran iklan. Cari tahu kapan segala sesuatunya sibuk, stabil, dan lambat, lalu sesuaikan anggaran Anda untuk melakukan promosi.

5. Berikan Insentif untuk Membuat Orang Tertarik

Jika tidak ada alasan yang jelas, seperti memiliki harga terendah atau ulasan terbaik, pikirkan beberapa insentif dan penawaran unik yang dapat Anda berikan kepada prospek (pelanggan target). Misalnya, sales marketing hotel dapat menawarkan diskon 15% kepada semua tamu yang baru pertama kali datang. Insentif juga bagus untuk menciptakan rasa urgensi untuk mendorong orang memesan dengan Anda sebelum mereka melewatkan penawaran khusus waktu terbatas.

6. Bangun Kemitraan Lokal

Kemungkinan hotel Anda dikelilingi oleh bisnis dan atraksi lokal. Apakah itu restoran terkenal, toko, atau studio yoga. Berteman dengan pemilik bisnis lokal adalah cara yang bagus untuk membangun kemitraan dan saling mempromosikan satu sama lain, terutama jika Anda memasarkan hotel butik daripada rantai. Misalnya, Anda dapat membangun kemitraan dengan tempat pembuatan bir populer dan mengadakan kontes di mana pemenang mendapatkan tur tempat pembuatan bir gratis dan mencicipi bir bersama dengan diskon menginap di hotel Anda. Membangun hubungan ini akan menghasilkan pemasaran yang mudah, efektif, dan terjangkau yang pasti akan meningkatkan tingkat pemesanan Anda.

7. Jangan Hanya Pasarkan Hotelnya, Pasarkan Juga Lokasinya

Kemungkinan banyak calon wisatawan masih ragu-ragu apakah kota tempat hotel Anda berada adalah tempat di mana mereka ingin menggunakan waktu mereka yang berharga. Inilah sebabnya mengapa sales marketing hotel tidak boleh hanya berfokus pada fasilitas yang ditawarkan hotel tetapi juga layanan kamar dan kolam renang tanpa batas adalah hal yang cerdas, sama pentingnya untuk mempromosikan lokasi Anda.

8. Pastikan Situs Web Anda Sederhana dan Menakjubkan

Saat merombak situs web Anda, fokuslah untuk menjaga desain dan navigasi tetap bersih, tajam, dan sederhana. Pastikan foto hotel Anda profesional, beresolusi tinggi, dan ditampilkan dalam format dan rasio yang benar agar berfungsi baik untuk desktop maupun seluler. Pertahankan bahasa yang jelas dan sederhana, dan pastikan proses pemesanan mudah untuk menghindari pengabaian pemesanan di tengah jalan. Video juga cenderung berfungsi dengan baik karena memamerkan ruang Anda dengan cara yang lebih menyeluruh dan menarik.

9. Melampaui dan Melampaui Layanan Pelanggan Sebelum, Selama, dan Setelah Mereka Menginap

Langkah pertama adalah memastikan staf Anda dipekerjakan dan dilatih dengan mentalitas yang mengutamakan pelanggan. Meskipun bekerja dengan orang bisa sangat menantang, selalu mengutamakan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Misalnya, pengunjung hotel Anda kesal dengan pemandangan dari kamar mereka dan tidak ada kamar terbuka lain yang tersedia. Cobalah untuk mencari tahu apakah Anda dapat memindahkan mereka untuk sisa masa tinggal mereka nanti, dan untuk mengkompensasi masalah tersebut, berikan mereka sebotol minuman berbuih dan catatan tulisan tangan yang meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Jenis gestur ini dapat memberikan dampak yang bertahan lama dan menunjukkan kepada pelanggan betapa Anda menghargai mereka.

10. Bangun Program Loyalitas Pelanggan

Terkadang pelanggan lama Anda dapat menjadi audiens terbaik untuk dipasarkan. Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk memastikan pelanggan kembali lagi dan lagi. Mengapa? Program-program ini dirancang untuk memberikan diskon besar dan fasilitas khusus kepada pengunjung yang kembali. Mungkin program sales marketing hotel berfungsi lebih baik dengan memungkinkan tamu memperoleh poin dan mencapai level tertentu setiap tahun (Emas, Platinum, dll.).

Jika Anda tertarik lebih lanjut untuk bekerja di bidang sales marketing hotel atau ingin melatih tim marketing Anda, kunjungi situs pasartrainer.com dan temukan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan Anda!

Referensi

Darios, I. (2022). 12 Essential Strategies To Boos Your Hotel Sales (+How To Build A Hotel Sales Team). Cloudbeds. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://www.cloudbeds.com/articles/hotel-sales/

Hartati, H., Sulawati, S., & Angraini, D. (2022). Strategi Pemasaran Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel 88 Parepare. Amsir Bunga Rampai Journal, 1(1), 109-114. Diakses pada 8 Juni 2023 dari:

https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/abrj/article/view/161

Hill, J. A. (2016). 10 Things a Hotel General Manager Can Do to Help Sales. Linkedin. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://www.linkedin.com/pulse/10-things-hotel-general-manager-can-do-help-sales-jo-anne-hill

Kelana, I. (2021). Strategi Pemasaran Hotel pada Era Digital. Republika. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://republika.co.id/berita/r3vow1374/strategi-pemasaran-hotel-pada-era-digital

Rahmawati, A., Althalets, F., & Putra, M. T. F. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Hunian Kamar Pada Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Cendikia, 5(1), 168-179. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/77/14

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.