11 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kebahagiaan Dan Semangat Anda di Tempat Kerja

Human Capital Jun 18, 2023

Saat memulai pekerjaan baru, seperti hubungan kencan baru, semuanya segar dan menyenangkan. Anda sedang mengerjakan proyek baru, bertemu rekan kerja baru, dan mempelajari keterampilan baru. Namun, mudah terjebak dalam rutinitas yang bisa membuat Anda merasa bosan karena Anda terlalu sering mendapati diri Anda duduk di bilik yang sama dan melakukan tugas yang sama setiap hari dengan sedikit motivasi. Bukankah hidup akan menjadi indah jika Anda bisa pergi bekerja setiap hari dan MERASA seolah-olah Anda baru saja memulai pekerjaan baru? Kami di sini untuk memberi tahu Anda bahwa Anda BISA memiliki kegembiraan, dorongan, dan motivasi itu, tidak peduli berapa lama Anda berada di posisi Anda saat ini. Berikut 11 cara meningkatkan semangat kerja yang akan meningkatkan mood Anda di kantor dan di luar pekerjaan.

1. Personalisasikan Bilik Anda

Cara meningkatkan semangat kerja yang pertama berhubungan dengan tempat Anda bekerja. Perubahan sederhana pada bilik biasa yang membosankan dapat sangat membantu dalam memotivasi pekerja dan meningkatkan produktivitas mereka. Tambahkan tanaman atau beberapa foto inspiratif untuk membuat bilik Anda terasa lebih menarik.

2. Jangan Lupa Tersenyum

Kita sering berbicara tentang pentingnya SENYUM yang sederhana. Pertama, tersenyum cenderung membuat Anda merasa lebih bahagia meskipun Anda sedang mengalami hari yang buruk. Ini seperti menipu pikiran Anda agar merasa baik. Tersenyum juga menular, dan dapat memberikan pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda. Cara meningkatkan semangat kerja ini akan semakin efektif jika Anda melakukannya di depan cermin sebelum berangkat kerja.

3. Selalu Bersedia Membantu

Percaya atau tidak, memberikan uluran tangan ternyata bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Saat kita menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan kita sendiri, kita akan mendapat manfaat sebanyak mereka! Tentu saja, Anda ingin berhati-hati agar tidak melampaui batas. Kami menyarankan untuk membantu orang lain selama 10-30 menit sehari selama Anda dapat menyelesaikan tugas Anda tepat waktu.

4. Istirahat

Meskipun mungkin bukan ide bagus untuk mengobrol dengan rekan kerja sepanjang hari, meluangkan waktu 5 menit untuk bersosialisasi dapat berdampak besar pada suasana hati Anda. Bersosialisasi akan memungkinkan Anda untuk beristirahat dari proyek yang sedang Anda kerjakan, menjernihkan pikiran, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan rekan kerja Anda. Istirahat dari pekerjaan Anda benar-benar akan menjadi cara meningkatkan semangat kerja yang memungkinkan Anda untuk kembali mengisi daya dan siap melakukannya lagi!

5. MEMILIH untuk Bahagia

Benar sekali, Anda bisa memilih untuk bahagia atau tidak bahagia di tempat kerja (dan dalam kehidupan), meski tidak semudah kedengarannya. Anda harus menghindari orang-orang negatif dan gosip dan tetap positif bahkan ketika keadaan menjadi sulit. INGAT: apa yang Anda fokuskan akan mereproduksi dalam hidup Anda. Fokus pada hal positif dan perhatikan bagaimana suasana hati Anda, situasi Anda, dan orang-orang di sekitar Anda dipengaruhi. Kami suka mengatakan ini, "Katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan melakukannya, dan kemudian BERTINDAKLAH seperti itu!"

6. Lakukan Apa yang Anda Cintai SETIAP HARI

Anda mungkin tidak menyukai setiap aspek pekerjaan Anda dan tidak apa-apa, tetapi Anda harus menemukan setidaknya satu hal yang Anda sukai darinya! Fokus pada semua yang berhasil agar dapat memajukan Anda dan menumbuhkan Anda; walaupun hanya beberapa hal. Luangkan beberapa menit dan pikirkan keterampilan dan minat Anda. Masukkan ini ke dalam pekerjaan Anda. Jika ini tidak mungkin Anda lakukan, mungkin sudah waktunya untuk pekerjaan baru.

7. Terus Tumbuh

Cara meningkatkan semangat kerja berikutnya adalah menyadari siapa diri Anda dan apa tujuan Anda. Anda adalah satu-satunya orang yang dapat mengontrol pertumbuhan Anda baik secara profesional maupun pribadi. Untuk tumbuh, Anda harus bersedia untuk berubah dan beradaptasi. Buat rencana dan tetapkan tujuan spesifik kemudian kejarlah. Jangan biarkan orang lain mencegah Anda mengejar hal-hal yang akan membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

8. Bekerja Sebagai Sebuah Tim

Anda akan menemukan bahwa pekerjaan Anda sering dikaitkan dengan pekerjaan orang lain. Ketika sekelompok orang bersatu sebagai sebuah tim, sungguh menakjubkan apa yang bisa dicapai. Selain itu, saat Anda menyadari bahwa pekerjaan Anda membantu orang lain menyelesaikan pekerjaannya, pekerjaan yang Anda lakukan bisa terasa jauh lebih bermakna. Biasakan memuji, mengangkat, dan menghormati orang lain. Anda tidak bersaing, Anda bersama-sama, jadi kita ingin melihat orang lain berhasil!

9. Pelan-Pelan Dan Nikmati Setiap Waktu Di Tempat Kerja

Cara meningkatkan semangat kerja berikutnya berhubungan dengan kebiasaan kita di tempat kerja. Kita terbiasa terburu-buru menyelesaikan sesuatu dengan cepat, sering kali melakukan banyak tugas dan bekerja sendiri secara berlebihan. Luangkan waktu sebentar untuk fokus pada satu tugas, dan satu tugas saja. Misalnya, NIKMATI kopi pagi Anda tanpa membaca email atau berkonsentrasi pada gangguan lain untuk memberikan pandangan yang menyegarkan.

10. Bermeditasi

Sesi meditasi cepat (sekitar satu menit) dapat menghilangkan kecemasan dan stres plus sangat mudah dilakukan. Cukup bernapas dan sesuaikan dengan setiap nafas yang Anda ambil. Perhatikan pikiran dan emosi yang muncul di kepala Anda. Berhubungan dengan mereka dan buat pilihan untuk melepaskan pikiran itu atau mengambil tindakan.

11. Renungkan Hari Anda

Di penghujung hari, pikirkan peristiwa positif dan negatif yang terjadi hari itu. Meskipun kita sering berbicara tentang tetap positif, penting juga untuk mengenali hal-hal negatif sehingga perbaikan dapat dilakukan. Cara ini banyak digunakan sebagai cara meningkatkan semangat kerja oleh para profesional tingkat atas. Oleh karena itu, cobalah untuk merefleksikan hari-hari Anda secara konsisten.

Sekarang kami menyerahkannya kepada Anda. Anda memiliki berbagai pilihan cara meningkatkan semangat kerja dan hidup Anda. Apakah Anda akan memilih untuk mengikuti beberapa tip mudah ini untuk menjadi lebih bahagia di tempat kerja atau Anda akan duduk dan tidak melakukan apa-apa? Jawabannya harus jelas. Kami INGIN Anda bahagia. Karier Anda adalah HIDUP Anda, nikmatilah!

Referensi

Abril, D. (2023). Work reset: 13 Tips To Make Your Job Less Stressful This Year. The Washington Post. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://www.washingtonpost.com/technology/2023/01/11/work-tips-new-year/

BNI Life. (2023). 10 Tips Jitu Agar Tetap Semangat Kerja di Kantor. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://www.bni-life.co.id/id/lifeblog/10-tips-jitu-agar-tetap-semangat-kerja-di-kantor

Clappon, P. (2016). 25 Little Things That Make You Happy At Work. Hppy. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://gethppy.com/workplace-happiness/25-little-things-that-make-you-happy-at-work

iProbe, R. (2022). 7+ Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan yang Harus Diperhatikan Perusahaan. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://runiprobe.id/blog/motivasi-kerja-karyawan/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.