11 Jenis Training Karyawan: Mana yang Tepat untuk Tenaga Kerja Anda?

Human Capital Mar 3, 2023

Perusahaan akan selalu berbanding lurus dengan kualitas karyawannya karyawannya dan untuk mencapai puncaknya, karyawan memerlukan pelatihan yang tepat. Program pelatihan karyawan yang efektif memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi pergantian hingga meningkatkan produktivitas. Namun, banyak organisasi berjuang untuk mengidentifikasi jenis pelatihan karyawan yang akan memberikan dampak terbesar. Bagi sebagian besar perusahaan, pendekatan yang mencakup berbagai jenis pelatihan bagi karyawan akan menjadi cara yang paling efektif. Di bawah ini adalah daftar 11 jenis training karyawan di tempat kerja yang paling umum.

Cek Disini Daftar Training Karyawan untuk Perusahaan Anda

1. Orientasi Karyawan Baru

Orientasi karyawan baru biasanya terjadi pada hari-hari atau minggu-minggu pertama masa kerja karyawan. Program orientasi, yang diberikan banyak perusahaan kepada calon karyawan baru lintas fungsi, biasanya memberikan ikhtisar tingkat tinggi tentang misi, visi, dan nilai perusahaan. Mereka juga memberikan informasi yang dibutuhkan setiap karyawan tentang topik seperti kebijakan perusahaan, struktur pelaporan, rencana tunjangan, dan banyak lagi.

2. Pelatihan Tim

Program pelatihan tim mendorong keterlibatan dan produktivitas. Mereka mengembangkan hubungan yang bermanfaat di antara rekan kerja dan meningkatkan proses. Perusahaan dapat menyampaikannya dalam format intensif, seperti selama retret atau dalam jangka waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Area fokus umum untuk program pelatihan tim dalam training karyawan adalah komunikasi interpersonal, peningkatan dan manajemen proses, dan penetapan tujuan. Meskipun pelatihan tim bermanfaat kapan saja, ini sangat penting bagi organisasi yang melakukan reorganisasi atau perubahan kepemimpinan atau setelah merger.

3. Pelatihan Eksekutif Senior

Sementara semua pemimpin mengandalkan keterampilan dasar tertentu, eksekutif senior membutuhkan kotak alat yang diperluas secara signifikan. Program yang dibuat untuk eksekutif senior cenderung berfokus pada bidang seperti strategi, inovasi, dan pengembangan budaya. Mereka juga dapat menjelajahi subjek yang lebih sempit untuk peran tertentu. Misalnya, program untuk teknologi senior atau eksekutif pemasaran dapat berfokus pada tantangan dan peluang yang muncul khusus untuk posisi tersebut. Banyak peserta menemukan bahwa program pelatihan eksternal memberikan kesempatan unik untuk berjejaring dan belajar dari rekan eksekutif senior dari perusahaan dan industri lain.

4. Pelatihan Kepemimpinan

Transisi dari peran kontributor individu untuk mengelola kinerja orang lain merupakan titik perubahan penting dalam karir karyawan. Namun banyak perusahaan yang hanya memberikan sedikit dukungan selama transisi ini. Program pelatihan kepemimpinan dan manajemen yang ada di training karyawan membantu mengembangkan keterampilan utama seperti pengembangan karyawan, pendelegasian, dan memberikan umpan balik. Mereka datang dalam beberapa format berbeda, mulai dari kursus kepemimpinan online hingga peluang bimbingan internal.

5. Pelatihan Keterampilan Teknis

Mayoritas karyawan di suatu perusahaan perlu memperoleh keterampilan baru untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif sehingga training karyawan dianggap penting. Mengingat pesatnya perubahan teknologi dan fakta bahwa uraian pekerjaan berkembang dengan cepat karena permintaan pasar, hal tersebut tidaklah mengherankan. Namun, jika perusahaan tidak mengambil langkah untuk mengatasi kesenjangan keterampilan yang diakibatkannya, mereka tidak akan dapat memaksimalkan kinerja karyawannya.

6. Pengembangan Soft Skills

Soft skill, sifat dan perilaku yang membantu karyawan melakukan yang terbaik, tidak semudah mengukur keterampilan teknis. Namun bukan berarti karyawan tidak dapat mengembangkan soft skill dengan usaha yang sungguh-sungguh. Ada banyak program pengembangan soft skill yang efektif di berbagai training karyawan, dan mereka memberikan keterampilan mulai dari empati hingga manajemen waktu. Sementara pembinaan dari para pemimpin penting untuk membangun soft skill, sebagian besar karyawan juga akan mendapat manfaat dari program pelatihan formal yang dirancang untuk membantu karyawan memahami dan mempraktikkan keterampilan tersebut.

7. Pelatihan Produk

Perusahaan tidak dapat secara efektif menjual produk (yang bisa berupa apa saja dari objek fisik hingga aplikasi) kecuali jika karyawan mereka memahami dan menginjili untuk mereka. Program pelatihan produk, yang biasanya dibuat sendiri atau dengan bantuan konsultan, memperkenalkan karyawan dengan berbagai fungsi dan nilai jual produk perusahaan mereka. Training karyawan semacam ini lebih baik karena dapat memposisikan karyawan untuk unggul dalam pekerjaan mereka baik dalam pemasaran, pengembangan produk, atau keuangan dan juga membuka peluang untuk inovasi dan iterasi.

8. Pelatihan Penjualan

Yaitu penggabungan antara pengetahuan yang mendetail tentang suatu produk dengan taktik penjualan langsung untuk membantu mencapai kesepakatan dengan pelanggan. Training karyawan semacam ini dapat mencakup semuanya, mulai dari mengidentifikasi prospek terbaik untuk produk atau layanan tertentu hingga menyusun percakapan dengan prospek hangat hingga menawarkan demo. Jenis pelatihan ini sangat penting dalam menjelaskan kasus yang menarik dan mendetail bagi calon pelanggan untuk melakukan investasi besar.

9. Pelatihan Penjaminan Mutu

Pelatihan penjaminan mutu adalah salah satu training karyawan yang banyak dilakukan di perusahaan dengan elemen produksi atau distribusi yang berat. Sementara spesifikasinya akan bervariasi tergantung pada sifat produksi, pelatihan penjaminan mutu memberi karyawan keterampilan yang dibutuhkan untuk mempertahankan kualitas produksi tinggi, menilai produk yang cacat atau masalah lain, dan meningkatkan sistem produksi.

10. Pelatihan Kepatuhan

Sebagian besar industri, mulai dari jasa keuangan hingga konstruksi, menghadapi semacam beban regulasi. Pelatihan kepatuhan, sering diberikan sebagai bagian dari proses orientasi karyawan, membiasakan tenaga kerja dengan peraturan yang berlaku untuk industri mereka dan memberi tahu mereka tentang kewajiban hukum mereka. Beberapa industri memerlukan pelatihan kepatuhan dan terkadang sertifikasi karyawan sebagai bagian dari proses pendisiplinan keuangan.

11. Pelatihan Keselamatan

Pelatihan keselamatan, yang sangat penting dalam industri yang melibatkan kerja fisik, mengurangi baik risiko yang diambil karyawan maupun kewajiban potensial perusahaan. Beberapa program pelatihan keselamatan, seperti latihan pencegahan kebakaran atau penguncian, agak universal, sementara yang lain sangat spesifik untuk industri. Misalnya, perusahaan yang menggunakan bahan kimia berbahaya akan memerlukan protokol pelatihan keselamatan yang ketat, sedangkan perusahaan jasa makanan harus memberikan pelatihan keamanan makanan. Program-program training karyawan ini mungkin diperlukan untuk memelihara lisensi atau asuransi.

Referensi:

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804-812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Candrawardhani, S. (2022). Training Karyawan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat. Kitalulus. Diakses dari: https://www.kitalulus.com/bisnis/manfaat-training-karyawan#:~:text=%E2%80%8D-,Apa%20itu%20Training%20Karyawan%3F,dengan%20cara%20yang%20lebih%20baik.

Emeritus. (2022). 14 Types of Employee Training: Which Is Right for Your Workforce? Diakses dari: https://emeritus.org/blog/types-of-employee-training/

Sardji, R. (2023). 8 Jenis Pelatihan Karyawan yang Paling Dibutuhkan Saat ini. MDI Partner in New Normal. Diakses dari:

https://www.mditack.co.id/2020/09/10/8-jenis-pelatihan-karyawan-yang-paling-dibutuhkan-saat-ini/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.