11 Skill Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki

Leadership & Soft Skills Mar 10, 2023

Banyak orang mungkin mengira jika kepemimpinan organisasi merupakan status atau kedudukan di puncak tangga perusahaan. Tetapi pada dasarnya, kepemimpinan dalam organisasi tidak selalu berupa status eksekutif di sebuah perusahaan.

Kepemimpinan sendiri berarti suatu sikap yang digunakan untuk mempersuasi orang lain sehingga dapat bergerak untuk mencapai tujuan tertentu. Ada banyak skill kepemimpinan yang berbeda. Namun, sebagian besar pemimpin memiliki keahlian kepemimpinan tertentu yang sama. Oleh karena itu, berikut ini merupakan 11 skill kepemimpinan yang wajib dimiliki individu:

1. Komunikasi Terbuka

Seorang pemimpin yang baik menjaga jalur komunikasi terbuka dengan anggota tim dan dapat dengan ringkas menjelaskan tujuan dan tugas organisasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi, seperti sesi satu lawan satu, email, video, obrolan, panggilan telepon, dan media sosial. Dengan skill kepemimpinan ini, maka seorang pemimpin akan secara efektif dapat membagikan pesan yang jelas dan membuat ide-ide kompleks menjadi mudah dipahami oleh semua orang.

2. Empati

Skill kepemimpinan empati berfokus pada cara untuk mengidentifikasi orang lain dengan memahami perspektif mereka. Pemimpin yang menunjukkan empati berhasil karena mereka dapat lebih memahami bagaimana perasaan karyawan tentang lingkungan kerja mereka. Hal ini memungkinkan para pemimpin untuk membawa perubahan positif bagi tenaga kerja.

3. Pemikiran Strategis

Pemimpin membutuhkan keterampilan berpikir strategis dan kritis, karena mereka ditugaskan untuk mengambil keputusan yang menantang. Seorang pemimpin yang kuat membuat keputusan yang diteliti dengan baik dan diteliti secara objektif yang dapat mengarahkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Selain itu, dengan skill kepemimpinan ini maka individu dapat menganalisis resiko yang dapat muncul serta mengantisipasinya dengan mempersiapkan langkah alternatif.

4. Kreativitas

Seorang pemimpin kreatif dapat melakukan brainstorming ide-ide baru dan menginspirasi orang lain menuju kreativitas dan inovasi. Dengan skill kepemimpinan ini, seorang pemimpin akan selalu bisa mengenali dan menghargai karyawan atas masukan kreatif mereka sehingga membuat karyawan lain merasa lebih bersemangat untuk meningkatkan produktivitas mereka.

5. Aksi Positif

Seorang pemimpin yang hebat haruslah mampu membawa kepositifan ke dalam lingkungan kerja, yang pada gilirannya mengangkat karyawan dan mendorong mereka untuk bekerja lebih baik. Skill kepemimpinan ini dapat dipupuk dengan menunjukkan kepedulian, rasa hormat, diplomasi, dan empati terhadap tim.

6. Fleksibilitas

Pemimpin terbaik harus mampu keluar dari zona nyaman mereka dan dengan cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi kerja. Mereka dapat memecahkan masalah dan berimprovisasi dengan cepat. Seorang pemimpin yang sukses juga mempromosikan keterlibatan karyawan di sekitarnya dan bersedia menerima umpan balik yang konstruktif dari tim. Dengan skill kepemimpinan ini, maka seseorang dapat menjaga kondusivitas perusahaan.

7. Resolusi Konflik

Seorang pemimpin yang hebat tidak hanya tahu bagaimana menghindari konflik di tempat kerja tetapi juga dapat menyelesaikannya secara efisien dan tepat waktu. Saat menyelesaikan konflik, pemimpin dengan skill kepemimpinan ini akan tetap berkepala dingin dan memutuskan cara yang tepat untuk menyelesaikan konflik secara analitis.

8. Tanggung Jawab

Kesuksesan dan kegagalan sebuah tim berada di pundak seorang pemimpin. Oleh karena itu, pemimpin harus bertanggung jawab atas tindakan mereka dan mau disalahkan ketika terjadi kecelakaan. Pemimpin hebat mengambil tanggung jawab dan menyusun strategi untuk perbaikan alih-alih menunjuk dan menyalahkan orang lain. Dengan skill kepemimpinan ini, maka seorang individu akan bisa lebih diandalkan dan dipercaya oleh banyak orang sehingga memungkinkan dirinya untuk naik jabatan tertentu berdasarkan banyaknya kepercayaan yang diberikan dan kredibilitas yang dimiliki.

9. Kemampuan Mengorganisir

Posisi kepemimpinan sangat bergantung pada keterampilannya dalam mengelola organisasi. Seorang pemimpin yang sukses dapat menangani berbagai proyek yang berbeda, menghabiskan banyak waktu untuk masing-masing proyek, memprioritaskan dan memastikan bahwa semua tenggat waktu proyek terpenuhi. Skill kepemimpinan organisasi ini mencakup banyak skill lain seperti kemampuan persuasif yang bersifat mengajak orang lain untuk terlibat dalam aksi tertentu, kemampuan untuk membagi porsi pekerjaan, cara memberikan contoh dan mentoring atau pendampingan, serta kemampuan-kemampuan lain yang bertujuan untuk menggerakan dan membangun kerjasama dengan orang lain.

10. Kemampuan Delegasi

Terkadang, sulit bagi para pemimpin untuk melepaskan proyek yang mereka sukai. Namun, seorang pemimpin yang hebat mengetahui kekuatan dan keterampilan utama dari setiap karyawan dan mendelegasikan mereka sesuai dengan persyaratan proyek. Skill kepemimpinan ini juga membantu membangun hubungan dalam tim karena karyawan merasa dihargai, dihormati, dan dipercaya.

11.  Kemampuan Memberikan Dan Menerima Masukan

Pemimpin yang efektif tidak pernah melewatkan kesempatan untuk memberikan umpan balik atau masukan yang konstruktif kepada anggota tim mengenai kinerja mereka. Tanpa umpan balik, karyawan tidak dapat mengukur posisi atau kemampuan mereka dan area mana yang perlu mereka tingkatkan. Selain itu, skill kepemimpinan ini juga mengharuskan individu untuk mampu mencerna dan mengelola kritik, masukan, maupun koreksi dari orang lain sehingga dapat membuatnya memiliki kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya.

Referensi:

Alberta. (2023). Leadership Skills Are For Everyone. Government of Alberta. Diakses dari: https://alis.alberta.ca/succeed-at-work/make-your-work-life-more-satisfying/leadership-skills-are-for-everyone/

Andari, A., & Nafiudin, N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Trans Retail Indonesia Serang. Jurnal Manajemen, 9(1), 68-82. https://doi.org/10.30656/jm.v9i1.1485

Bahri, S. (2021). 7 Soft Skill Kepemimpinan yang Wajib Kamu Miliki. Blog MySkill. Diakses dari: https://blog.myskill.id/dunia-kerja/soft-skill-kepemimpinan/

Mangkunegara, A. A. A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafruddin, & Suci, R. P. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Di Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Kepulauan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 55-65. https://doi.org/10.31328/jim.v5i1.935

Yasar, K., & McLaughlin, E. (2022). Definisition: Leadership Skills. Tech Target. Diakses dari: https://www.techtarget.com/searchcio/definition/leadership-skills

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.