12 Keterampilan Operasional Gudang Logistik Penting!

Supply Chain Jun 18, 2023

Keterampilan operasi gudang seringkali khusus untuk pekerjaan fisik di gudang, seperti stamina, organisasi, atau pengoperasian alat berat. Anda dapat mengembangkan dan mengasah keterampilan ini dari peran gudang sebelumnya atau pengalaman kerja lainnya. Mengetahui lebih banyak tentang keterampilan gudang dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan profesional yang dicari pemberi kerja atau menentukan apakah itu jalur karir yang ingin Anda kejar. Dalam artikel ini, pasartrainer.com membahas 12 keterampilan teratas yang Anda butuhkan untuk bekerja di gudang logistik dengan kiat praktis tentang cara meningkatkannya untuk membantu Anda mengembangkan karir sebagai operator gudang.

1. Kemampuan Mengorganisir

Menjadi terorganisir dan fokus pada detail sangat penting sebagai operator gudang logistik. Kemampuan mengorganisir dapat membantu proses pergudangan berjalan secara efisien dengan membantu Anda menyimpan inventaris yang akurat, operasi yang aman, dan lingkungan kerja yang positif. Untuk mempertahankan keterampilan organisasi Anda, Anda dapat bekerja untuk menjaga area Anda tetap teratur dan bersih selama shift Anda dan membantu rekan kerja lainnya melakukan hal yang sama.

2. Literasi

Melek huruf dan berhitung bisa menjadi sangat penting saat Anda bekerja sebagai operator gudang logistik. Dari membaca slip pengepakan, jumlah pesanan dan instruksi, kemampuan Anda untuk membaca dan memahami informasi dan angka sangatlah penting. Anda sering dapat meningkatkan keterampilan literasi Anda dalam membaca lembar pengambilan dan dokumentasi gudang dengan meminta saran dari rekan kerja dan pemimpin, serta mengumpulkan tip dan teknik untuk meningkatkan kinerja Anda.

3. Kemampuan komputer

Meskipun tidak semua posisi operasi gudang menggunakan komputer, keterampilan kemahiran komputer dapat membantu Anda menonjol dari kandidat pekerjaan lainnya. Karena semakin banyak aspek gudang yang mengintegrasikan teknologi dan menerapkan proses otomatis, memiliki keterampilan komputer dapat membantu Anda tetap mengetahui fungsi sehari-hari dari operasi gudang logistik. Kemahiran komputer seringkali mencakup keterampilan dasar seperti pengolah kata, penyimpanan file, dan penggunaan email atau messenger.

4. Ketangkasan

Koordinasi tangan-mata yang kuat penting saat bekerja di gudang. Misalnya, Anda dapat membaca pesanan dan label pengemasan, mengoperasikan kontrol mesin, atau menghitung inventaris secara manual. Dalam kasus ini, ketangkasan dan penglihatan yang baik dapat membantu meminimalkan kesalahan dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

5. Kecepatan dan ketepatan

Sebagai operator gudang, Anda mungkin memiliki kuota harian atau tenggat waktu yang ketat. Kemampuan Anda untuk bekerja dengan kecepatan yang konsisten dengan akurasi biasanya penting di gudang. Anda mungkin juga ingin tetap memperhatikan keamanan dan kualitas. Tingkat kinerja yang cepat dapat berkontribusi untuk mencapai target individu dan perusahaan.

6. Motivasi diri

Karena sebagian besar pekerjaan sebagai operator gudang tidak diawasi, motivasi diri bisa menjadi sangat penting. Membuat diri Anda bertanggung jawab terhadap target, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan melakukan pekerjaan berkualitas dengan bangga dapat membantu Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi, menerima ulasan karyawan yang positif, dan mendapatkan skor kepuasan pelanggan yang kuat.

7. Pemecahan Masalah

Anda mungkin menghadapi tantangan saat bekerja di gudang logistik, seperti kerusakan mesin konveyor di jalur pengemasan atau item yang kehabisan stok dan masalah-masalah lain yang bersifat manajerial. Pemecahan masalah yang efektif dapat membantu pekerjaan Anda sebagai operator gudang karena sebagian besar pekerjaan Anda tidak diawasi. Misalnya, mengetahui cara mematikan sabuk konveyor atau menempatkan pemberitahuan kehabisan stok di dalam kotak bersama dengan pesanan lainnya akan sangat membantu. Mampu menangani masalah teknis juga dapat meningkatkan nilai Anda sebagai karyawan, terutama jika Anda satu-satunya di perusahaan Anda yang memiliki kemampuan tersebut.

8. Kerja tim

Kemampuan Anda untuk bekerja sebagai bagian dari tim sangat penting untuk posisi gudang, terlepas dari seberapa kecil atau besarnya tugas tersebut. Kerja tim mungkin mencakup rekan kerja pengemas yang memenuhi kuota pada shift yang sama atau kolaborasi untuk menghasilkan peningkatan proses guna menghemat uang dan meningkatkan tarif pengepakan, misalnya. Bekerja dengan orang lain adalah keterampilan yang kuat untuk dikembangkan dan diasah untuk peran gudang apa pun.

9. Komunikasi

Komunikasi lisan dan tertulis yang efektif juga penting saat bekerja di gudang karena setiap orang biasanya perlu tetap mendapat informasi tentang apa yang dilakukan rekan kerja mereka untuk menjaga keselamatan. Beberapa contoh umum lainnya di mana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki keterampilan komunikasi yang baik di gudang adalah:

  • Berbagi pembaruan operasional
  • Menjelaskan perubahan pada proses atau kebijakan
  • Memberikan arahan tentang cara mengoperasikan mesin baru
  • Mendiskusikan tujuan produktivitas atau prosedur keselamatan

10. Fleksibilitas

Menjadi fleksibel dan beradaptasi dengan situasi di lingkungan gudang yang serba cepat dapat membantu Anda menemukan peluang baru atau membantu orang lain saat tugas harus diselesaikan. Misalnya, ketidakhadiran yang tidak direncanakan mungkin berarti Anda berpindah dari tugas terjadwal untuk membantu tim lain atau menangani tugas di luar tanggung jawab normal Anda. Mengambil tantangan seperti itu dan mempertahankan pandangan positif dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah karyawan yang fleksibel, dapat diandalkan, dan mudah beradaptasi.

11. Stamina

Stamina dan daya tahan penting saat bekerja di gudang. Anda mungkin mengalami shift yang lama, sering kali berdiri selama beberapa jam setiap kali. Misalnya, beberapa tanggung jawab di gudang logistik yang mungkin membutuhkan stamina adalah mengoperasikan sabuk konveyor pengepakan atau memuat kotak ke dalam truk pengiriman untuk seluruh giliran kerja Anda. Dalam satu shift, Anda mungkin membungkuk, meraih, mengangkat, dan meregangkan tubuh, jadi rentang gerak yang baik dapat membantu mengurangi ketegangan fisik pada tubuh Anda. Kebugaran dan mobilitas umum yang baik dapat membantu memastikan Anda tetap aman dan menangani pekerjaan Anda dengan mudah.

12. Kemauan untuk belajar

Hampir semua pekerjaan memiliki sesuatu untuk diperbaiki, dan banyak yang melihat teknologi dan metode baru dikembangkan. Kemampuan Anda untuk belajar terus menerus dan beradaptasi serta mendapatkan lebih banyak keterampilan dapat membantu Anda tetap kompetitif di bidang pekerjaan Anda dan berpotensi mendapatkan rasa hormat dan penghargaan dari para pemimpin. Untuk menunjukkan kesediaan Anda untuk belajar, Anda dapat mempertimbangkan untuk bertanya tentang peluang pengembangan profesional di tempat kerja atau menjadi sukarelawan untuk proyek atau acara pelatihan yang akan datang.

Kini Anda telah mengetahui 12 keterampilan penting yang wajib dimiliki di bidang gudang logistik. Namun, Anda mungkin memerlukan pelatihan komprehensif yang dapat meningkatkan ke-12 keterampilan minimal yang harus dikuasai tersebut. Kunjungi pasartrainer.com dan temukan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kebutuhan karir Anda!

Referensi

Adawiyah, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pengelolaan Gudang. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(2), 72-77. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i2.539

Arsana, I. P. J. (2016). Buku Manajemen Pengadaan. Yogyakarta: Deepublish.

Pasar Trainer. (2023). 10 Prinsip Pengadaan Barang yang Efektif. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://pasartrainer.com/blog/10-prinsip-pengadaan-barang-yang-efektif

Thamrin, J. (2022). Analisis Manajemen Pergudangan pada PT Tinta Kreatif Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 5(2), 1205-1213. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.690

Widiyanto, Rizaldy, W., & Rachmat, R. D. (2019). 2019. Strategi Manajemen Pergudangan: Smart Warehouse Management Strategy. Bogor: In Media.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.