12 Tips Membangun Usaha Yang Berkelanjutan

Leadership & Soft Skills Jul 21, 2023

Semua orang tahu betapa sulit dan stresnya ketika Anda baru memulai bisnis Anda. Pada saat yang sama, perjalanan bisnis Anda bisa mendebarkan dan memuaskan dengan kiat-kiat bisnis yang tepat sejak awal. Sebagai wirausaha dan wiraswasta, Anda harus memperhatikan semua aspek bisnis Anda, termasuk berurusan dengan masalah keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran. Ada banyak saran yang beredar di internet untuk wirausaha dan wiraswasta pemula, tetapi berikut adalah 12 tips lengkap untuk membangun usaha yang berkelanjutan versi pasartrainer.com.

1. Tetap Fokus Tapi Fleksibel

Kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan bagi wirausaha dan wiraswasta adalah memiliki tujuan yang jelas, namun tetap cukup fleksibel untuk berkembang ketika faktor internal atau eksternal menerangi kebutuhan akan pendekatan yang berbeda atau lebih bernuansa. Selain dengan mengejar keuntungan tanpa henti dengan mengor itu, sambutlah kenyataan bahwa kesuksesan tidak lagi samabankan orang, komunitas, dan planet ini.

2. Prioritaskan Orang

Bisnis yang berkelanjutan bergantung pada anggota tim yang menyegarkan dan menyemangati untuk berpikir jangka panjang dan memprioritaskan eksternalitas positif dan keuntungan bagi masyarakat di luar pertumbuhan berorientasi diri murni. Ini mengharuskan para pemimpin menempatkan kesejahteraan rakyatnya di atas tujuan lainnya. Melakukan hal itu menciptakan lingkaran umpan balik yang baik yang mendorong pemikiran berkelanjutan di seluruh organisasi.

3. Selalu Berinovasi

Kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan bagi wirausaha dan wiraswasta adalah fokus terus-menerus pada reinvention dan inovasi. Setiap keputusan bisnis utama harus memperkuat keyakinan bahwa mereka sedang membangun organisasi pembelajaran yang berfokus pada inovasi. Ini adalah inovasi tidak hanya dalam teknologi, tetapi juga di seluruh organisasi.

4. Investasikan Tim Anda

Pelihara dan kembangkan orang-orang Anda. Tanyakan kepada karyawan Anda apa yang ingin mereka lakukan dan bagaimana mereka ingin berkembang baik secara pribadi maupun profesional. Investasikan dalam pelatihan untuk mereka. Tunjukkan minat yang tulus pada minat dan keluarga mereka. Pastikan bisnis melakukan pekerjaan luar biasa yang mereka banggakan. Beri mereka kompensasi dengan baik, mengejutkan mereka dari waktu ke waktu dengan hadiah atau pengalaman yang berarti.

5. Integrasikan Dan Pertahankan Nilai Inti Anda yang Kuat

Nilai inti yang kuat yang wirausaha dan wiraswasta integrasikan tidak hanya dengan tim mereka, tetapi juga dengan pelanggan adalah kuncinya. Saat mengidentifikasi klien target pasar Anda, fokuslah pada psikografis klien yang Anda inginkan dan memastikan mereka selaras dengan nilai-nilai Anda. Ketika Anda mengambil pendekatan ini, hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dalam dan lebih tahan lama, yang juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Anda.

6. Melatih Kesabaran

Ketahuilah bahwa tidak setiap aspek dalam membangun bisnis adalah akselerasi (sprint); tetapi kebanyakan merupakan maraton yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kesetiaan yang tak tergoyahkan pada nilai-nilai inti Anda. Oleh karena itu, nikmatilah proses bisnis secara bertahan dan tetap melakukan evaluasi serta pembaruan strategi bisnis.

7. Berkomunikasi Secara Transparan Dengan Klien

Kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan bagi wirausaha dan wiraswasta adalah melalui komunikasi yang dipercepat. Komunikasi yang dipercepat yaitu dengan menjaga transparansi waktu nyata antara bisnis dan kliennya. Apakah pelaksanaan penjualan berjalan sesuai rencana atau menghadapi tantangan, klien harus selalu diperbarui.

8. Menyeimbangkan Kebutuhan Bisnis

Kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan adalah menciptakan keseimbangan. Perusahaan yang sukses terus-menerus memantau lingkungan mereka, mengambil risiko yang telah diperhitungkan, dan mencari cara untuk berinovasi untuk menemukan keseimbangan yang sempurna. Hal terpenting dalam menemukan keseimbangan ini adalah mengukur apa yang Anda lakukan dan mendengarkan dengan cermat. Anda mungkin mengabaikan peluang atau tidak memahami kebutuhan pasar saat ini.

9. Bertujuan Untuk Peningkatan Berkesinambungan

Ada banyak faktor yang terlibat dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, seperti merekrut talenta yang tepat, memiliki pencapaian dan rencana pertumbuhan jangka panjang, menemukan risiko dan peluang dengan cepat, dan banyak lagi. Tetapi untuk berhasil dalam salah satu dari itu, Anda harus menerapkan proses peningkatan berkelanjutan untuk semua departemen Anda serta untuk kualitas layanan atau produk Anda.

10. Mencari Umpan Balik Pelanggan

Bangun untuk dan oleh pelanggan Anda. Terlalu banyak organisasi membuat keputusan bisnis yang terbatas untuk keuntungan jangka pendek dan tidak stabil. Merek terkemuka memanfaatkan umpan balik pelanggan untuk mengarahkan keputusan bisnis bagi pemangku kepentingan utama mereka yaitu pelanggan.

11. Buat Aliran Pendapatan yang Beragam

Bersiaplah untuk bertahan dari pasang surut di pasar dengan menciptakan aliran pendapatan yang beragam untuk mengurangi konsentrasi tinggi di satu area atau ketergantungan pada satu pelanggan. Tentukan kandidat suksesi untuk posisi kunci Anda untuk mencegah gangguan pada operasi. Dan terakhir, investasikan dalam keragaman latar belakang dan pengalaman di semua tingkatan perusahaan Anda untuk memungkinkan pembangunan layanan inovatif dengan lebih cepat.

12. Jadilah Konsisten

Konsistensi dengan strategi jangka panjang adalah pembeda nomor satu antara keputusan yang baik dan keputusan yang buruk. Dengan konsistensi, maka akan membuat nama Brand wirausaha dan wiraswasta terus diingat dan diandalkan oleh para pelanggan Anda.

Jika Anda tertarik untuk belajar tentang cara membangun usaha yang sukses dan berkelanjutan, serta menjadi wirausaha dan wiraswasta yang cerdik, Anda dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang relevan di situs pasartrainer.com. Situs tersebut adalah pusatnya pelatihan bersertifikasi dengan para trainer-trainer berkualitas dan berpengalaman di bidangnya.

Referensi

Expert Panel. (2021). 14 Key Steps To Building A Sustainable Business. Forbes. Diakses pada 22 Juni 2023 dari:

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/02/22/14-key-steps-to-building-a-sustainable-business/?sh=374060297752

Ozga, E. (2023). 10 Tips For Growing A Sustainable Business. ABN Resource. Diakses pada 22 Juni 2023 dari:

https://abnresource.com/44/leadership/10-tips-for-growing-a-sustainable-business/

Pasar Trainer. (2023). 10 Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses. Leadership & Soft Skills. Diakses pada 22 Juni 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/10-cara-menjadi-wirausaha-yang-sukses

Pasar Trainer. (2023). Ingin Jadi Wirausaha atau Wiraswasta? Berikut Penjelasannya! Partnership. Diakses pada 22 Juni 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/ingin-jadi-wirausaha-atau-wiraswasta-berikut-penjelasannya

Saputra, A. (2023). ‚ÄčMembangun Bisnis Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan. UKM Indonesia ID. DIakses pada 22 Juni 2023 dari: https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/membangun-bisnis-berkelanjutan-yang-ramah-lingkungan

Suryanti, E. N., Mukti, F. S., & Jatmika, S. (2023). SUSTAINABLE BUSINESS: Membangun Bisnis Berkelanjutan Skala UMKM Yang Berbasis Komunitas. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.