12 Tugas Analis Kredit yang Utama

General Banking Mar 25, 2023

Keterampilan analis kredit termasuk yang terkait dengan keuangan, akuntansi, dan ekonomi. Banyak industri mengandalkan analis kredit untuk mengevaluasi dan menganalisis data keuangan tentang latar belakang klien. Analis kredit menginterpretasikan angka dan data menggunakan keterampilan observasi yang kuat dan perhatian terhadap detail. Dalam artikel ini, kami mengulas 12 kemampuan mengerjakan tugas analis kredit yang paling penting untuk dapat melakukan analisis kredit.

1. Keterampilan Akuntansi

Latar belakang akuntansi biasanya merupakan prasyarat untuk menjadi analis kredit. Seorang analis kredit biasanya melakukan tugas akuntansi dasar seperti menyeimbangkan buku besar, membuat laporan keuangan, dan meninjau statistik. Penting juga untuk mengetahui terminologi ekonomi, bisnis dan keuangan. Sementara sebagian besar analis kredit memiliki gelar sarjana di bidang keuangan, akuntansi, ekonomi, manajemen risiko, dan bidang terkait lainnya, beberapa analis kredit membangun latar belakang akuntansi mereka melalui pelatihan kerja dan pengalaman kerja yang berkaitan dengan pengerjaan tugas analisis kredit.

2. Pengetahuan Tentang Industri

Untuk membuat penilaian dan rekomendasi yang tepat, analis kredit harus memiliki latar belakang industri tempat mereka bekerja. Banyak industri memiliki persyaratan berbeda dan menggunakan berbagai metode investigasi. Oleh karena itu, analis kredit sering kali akrab dengan industri tempat mereka bekerja untuk membuat laporan dan analisis yang andal. Analis kredit yang baik selalu memperbaharui pengetahuan industri mereka sehingga mereka dapat membuat keputusan yang paling tepat ketika menjalankan tugas analisis kredit.

3. Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu tugas analisis kredit bagi analis kredit adalah menyiapkan laporan tentang peringkat, posisi keuangan, dan analisis lain yang membutuhkan keterampilan menulis yang kuat. Selain itu, analis kredit sering bekerja dengan manajemen perusahaan dan klien untuk membahas masalah dan menjelaskan analisis mereka. Mereka juga sering bekerja dalam tim yang membutuhkan komunikasi dan interaksi yang cair dan konstan.

4. Penyelesaian Masalah

Beberapa tugas analisis kredit yaitu membantu klien memenuhi persyaratan dan tujuan keuangan. Hal ini membutuhkan keterampilan analitis yang luas, cerdik, dan latar belakang atau pengalaman relevan yang dapat diandalkan di lapangan serta sikap positif untuk menemukan solusi, yang semuanya merupakan keterampilan pemecahan masalah. Jika berhasil membantu klien, analis dapat membentuk hubungan jangka panjang. Menemukan solusi atas permasalahan yang kompleks pada saat menjalankan tugas analisis kredit juga membantu dalam mengurangi risiko dalam bisnis.

5. Pengetahuan Dalam Analisis Risiko

Pengetahuan dalam analisis risiko membantu analis kredit meramalkan kemungkinan tantangan saat menangani data keuangan dan membuat laporan serta rekomendasi. Analis kredit sering dapat memberikan penjelasan menyeluruh tentang alasan suatu perusahaan pemberi kredit dapat menyetujui pinjaman atau investasi, sehingga manajer dan pemilik bisnis memiliki gagasan yang jelas tentang risikonya. Semakin baik pengetahuan tentang analisis resiko, maka akan menunjang pengerjaan tugas analisis kredit.

6. Keterampilan Investigasi

Tugas umum lainnya dari seorang analis kredit adalah meminta informasi dari klien dan memverifikasi jawaban mereka. Analis kredit sering mengelola informasi dalam jumlah besar untuk membuat penilaian yang masuk akal dengan rekomendasi mereka. Misalnya, seorang analis kredit di industri real estat mengumpulkan bukti melalui investigasi latar belakang dan dokumen pendukung untuk memahami apakah klien cenderung melunasi pinjaman dalam jangka waktu tertentu.

7. Analisis Matematika Dan Data Finansial

Analis kredit melakukan perhitungan matematis dan menganalisis data dalam jumlah besar. Untuk menganalisis informasi keuangan seperti pendapatan dan pengeluaran, seorang analis kredit biasanya ahli dalam analisis data menggunakan perangkat lunak komputer. Seringkali, seorang analis kredit mengambil pekerjaan menantang yang melibatkan perhitungan dan statistik yang rumit, seperti manajemen risiko. Meskipun demikian, untuk membuat perhitungan yang paling akurat, seorang analis kredit biasanya memiliki pengalaman dalam prosedur akuntansi dan ekonomi. Mereka juga dapat dengan jelas menjelaskan topik keuangan yang rumit karena banyak bank meminta analis kredit untuk melakukan tugas analisis kredit dengan cara berkomunikasi langsung dengan klien atau pemilik perusahaan.

8. Berpikir Analitis Dan Kritis

Untuk membuat keputusan yang paling tepat dalam menjalankan tugas analisis kredit, seorang analis kredit harus memiliki keterampilan berpikir kritis dan analitis. Artinya, mereka harus bisa melihat semua kemungkinan alternatif dan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari pilihan yang berbeda. Selain itu, mereka juga logis dalam pendekatan mereka saat menguji hipotesis atau masalah. Keterampilan analitis sangat penting bagi analis kredit untuk sampai pada keputusan terbaik sebelum membuat rekomendasi.

9. Keterampilan Manajemen Data

Sebagian besar pekerjaan analis kredit melibatkan pengelolaan data untuk digunakan oleh tim lain atau digunakan di kemudian hari. Tugas analis kredit adalah dapat menyimpan dan mengontrol segala informasi yang mereka kumpulkan di lapangan untuk berkontribusi pada database yang lebih besar atau proyek yang berkaitan dengan tugas analisis kredit lainnya. Mereka dapat membantu memasukkan, menyortir, dan meninjau kumpulan data besar ini.

10. Analisis Investasi

Analis kredit harus memiliki pengetahuan luas tentang analisis investasi sebagai salah satu tugas analisis kredit. Mereka mungkin menganalisis pengembalian investasi, dampak inflasi dan hasil yang disesuaikan dengan risiko. Menganalisis informasi investasi secara lengkap membantu analis kredit merekomendasikan investasi yang sesuai untuk pemilik bisnis atau pelanggan.

11. Keterampilan Penganggaran

Salah satu tugas analisis kredit yaitu memperkirakan transaksi keuangan di masa depan. Untuk melakukan ini, analis kredit harus tahu cara membuat prakiraan keuangan menggunakan asumsi, tren pendapatan, standar pasar, dan informasi penting lainnya. Analis kredit juga dapat membuat anggaran untuk proyek dan program dengan memperkirakan pendapatan dan pengeluaran sepanjang tahun.

12. Melakukan Audit

Salah satu tugas terpenting dalam tugas analisis kredit adalah audit lengkap untuk pemilik atau klien perusahaan. Seorang klien mungkin meminta audit setelah melihat data atau kejadian keuangan yang meragukan yang mempengaruhi stabilitas bisnis mereka. Selain itu, mereka juga dapat meminta audit keuangan saat bersiap mengajukan perlindungan kebangkrutan dari kreditur.

Referensi:

Fitriadi, F. (2023). Analisis Kredit: Definisi, Tujuan, Dan Prinsip-Prinsipnya. Kreditpedia. Diakset dari: https://www.kreditpedia.net/analisis-kredit/

GTI. (2023). Credit Analyst: Job Description. Target Jobs. Diakses dari: https://targetjobs.co.uk/careers-advice/job-descriptions/credit-analyst-job-description

Ibnu. (2022). Analis Kredit dan Tanggung Jawab Pekerjaannya. Accurate. Diakses dari: https://accurate.id/ekonomi-keuangan/analis-kredit/

Indeed Editorial Team. (2023). 16 Essential Credit Analyst Skills (Plus Common Job Duties). Indeed. Diakses dari:

https://sg.indeed.com/career-advice/career-development/credit-analyst-skills

Jusuf, J. (2014). Analisis Kredit Untuk Credit (Account) Account Officer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Morah, C. (2022). Analyzing a Career in Credit Analysis. Career Advice. Diakses dari: https://www.investopedia.com/articles/financial-careers/09/career-credit-analysis-analyst.asp

Redaksi OCBC NISP. Analisis Kredit Adalah: Definisi, Tujuan, Aspek & Contohnya. OCBC NISP. Diakses dari:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/11/15/analisis-kredit-adalah

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.