15 Alasan Lembaga Pelatihan Kerja Bisa Melatih Keterampilan

Office Management Apr 17, 2023

Dunia kerja menuntut para pekerja untuk terus mengasah keterampilan yang dimilikinya agar mereka dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Namun, keterampilan yang diberikan secara interen oleh pihak perusahaan terkadang tidak cukup dan membutuhkan bantuan dari pihak ketiga yaitu lembaga pelatihan kerja. Alasannya tentu saja beragam. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan Anda 15 alasan mengapa Anda harus melatih keterampilan di lembaga pelatihan kerja.

1. Penerapan pendidikan dan eksplorasi karir

Belajar adalah satu hal penting, tetapi memiliki keterampilan praktis di dunia kerja dan menerapkannya adalah cara yang bagus untuk menjelajahi berbagai jalur karier dan spesialisasi yang sesuai dengan minat pribadi. Misalnya jika Anda ingin menjadi seorang manajer resiko yang handal, maka lembaga pelatihan kerja yang cocok untuk Anda ikuti adalah lembaga pelatihan spesialis manajemen resiko.

2. Untuk mempersiapkan tugas baru

Jika Anda ditawari tugas baru, diharapkan Anda akan melakukan pekerjaan dengan baik dan sukses. Sebagai hasil dari harapan ini, sebagian besar profesional terdorong untuk mengikuti program pelatihan sehingga mereka dapat lebih memahami tugas, persyaratannya, harapannya, dan cara menyelesaikannya dengan sukses.

3. Untuk lebih memahami Tentang bidang pekerjaan

Ada program pelatihan yang disesuaikan untuk berbagai bidang seperti saat ini. Semua program pelatihan ini berfokus pada pemberian pengetahuan yang diperlukan individu dalam bidang pekerjaan tertentu, untuk lebih memahami hal yang sama dan meningkatkan tingkat keberhasilan mereka.

4. Untuk mengetahui trend terbaru

Tren pasar terus berubah di setiap bidang, terutama dengan integrasi teknologi. Ini membawa praktik yang berbeda dan membuat beberapa menjadi usang. Agar tetap relevan di bidang apapun, seorang profesional harus menyadari perubahan tren di lapangan. Informasi tersebut sudah tersedia dalam program pelatihan yang dirancang untuk mengajarkan tentang tren spesifik dan efek serta pengaruh selanjutnya.

5. Untuk mendapatkan perspektif orang lain

Program pelatihan menyediakan platform di mana Anda dapat mendengar perspektif orang lain yang berbeda tentang masalah yang berbeda. Informasi ini seringkali berasal dari fasilitator dan peserta. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin mendapatkan informasi yang awalnya tidak Anda cari, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

6. Membangun networking dengan peserta diklat lain dari perusahaan lain

Networking atau jaringan menciptakan hubungan baru yang dapat menguntungkan pihak-pihak yang terlibat. Namun, karena faktor-faktor seperti jadwal bisnis yang panjang, mungkin sulit bagi Anda untuk mendapatkan paparan pakar industri yang dapat diajak berjejaring. Para profesional mendapatkan kesempatan untuk berjejaring dengan peserta dari bisnis dan perusahaan lain saat menjalani program pelatihan kerja, yang merupakan alasan lain mengapa beberapa profesional memilih untuk terlibat di dalamnya.

7. Untuk menjawab pertanyaan berlama-lama terkait pekerjaan

Program pelatihan kerja menyediakan platform yang sangat dibutuhkan bagi para profesional untuk mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan mereka dan mendapatkan jawabannya. Biasanya, tidak mungkin mendapatkan jawaban ini karena kurangnya platform untuk mengajukan pertanyaan atau kurangnya pakar industri untuk memberikan jawaban yang terinformasi dengan baik.

8. Untuk meningkatkan nilai pasar

Dengan standar pendidikan yang berkembang, para profesional diganti setiap hari. Ini sebagian besar untuk mereka yang memiliki nilai pasar rendah dalam hal keterampilan yang mereka bawa ke pekerjaan. Program pelatihan yang berorientasi pada nilai sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan seseorang dan menambahkan prestasi dan sertifikasi ke CV seseorang. Ini memastikan bahwa seseorang mempertahankan nilai pasar yang relevan dalam pekerjaan.

9. Untuk mempersiapkan pensiun atau usaha sendiri

Penting bahwa meskipun Anda bekerja, Anda mempersiapkan diri untuk pensiun. Sebagian besar profesional menggunakan kesempatan yang diberikan dalam program pelatihan untuk mempelajari keterampilan yang berbeda atau terjun ke bidang yang diminati. Setelah pensiun, mereka kemudian melakukan aktivitas yang dipelajari dan menggunakannya untuk memperbaiki diri, alih-alih mengandalkan pensiun dan tunjangan pensiun lainnya. Lembaga pelatihan kerja kewirausahaan adalah salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, karena dalam pelatihan yang mereka adakan tentunya akan memberikan Anda bekal ilmu yang memadai sesuai dengan tuntutan jaman.

10. Menjalankan perintah perusahaan

Ini mungkin bukan alasan yang paling ideal tetapi tetap saja menjalankan perintah perusahaan adalah alasan yang terjadi lebih sering. Dalam beberapa kasus, perusahaan mengirimkan profesional tertentu ke program pelatihan, baik sebagai persyaratan atau sebagai cara untuk meningkatkan bisnis. Penugasan wajib ini kemudian menjadi alasan profesional mengambil pelatihan di tempat pertama.

11. Mengembangkan profesionalisme

Pelatihan leadership dapat membekali siswa dengan soft skill yang dibutuhkan di tempat kerja dan di posisi kepemimpinan. Di era digital saat ini, orang menilai soft skill lebih penting daripada keterampilan teknis. Keterampilan, seperti komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan kerja sama tim semuanya dapat dipelajari melalui magang dan digunakan di luar pengalaman itu.

12. Pelajari bagaimana tempat kerja profesional beroperasi

Bergantung pada jurusan Anda, Anda dapat membaca tentang bagaimana organisasi berkembang dan berfungsi dalam buku teks, mendengar dari pembicara tamu yang berbicara tentang struktur organisasi atau mendalami studi kasus tentang budaya tempat kerja, tetapi tidak ada yang sebanding dengan menjalani pengalaman yang sebenarnya. Pelatihan oleh suatu lembaga pelatihan kerja akan membantu siswa mempelajari semua tentang budaya tempat kerja, hubungan karyawan, dan struktur kepemimpinan, yang seharusnya membantu mereka bergabung dalam pekerjaan profesional pertama mereka dengan lebih mudah daripada jika mereka belum memiliki pengalaman profesional.

13. Membangun resume yang lebih baik

Sebagian besar organisasi menginginkan karyawan memiliki semacam pengalaman profesional, bahkan untuk pekerjaan tingkat pemula. Jika Anda adalah finalis untuk suatu posisi dan belum memiliki sertifikasi yang memadai tetapi finalis lain memilikinya, Anda mungkin kehilangan kesempatan kerja, jadi pastikan Anda setidaknya memiliki satu sertifikasi di resume Anda untuk memberi Anda kesempatan memenangkan kompetisi dengan program pelatihan atau program sertifikasi yang relevan di suatu lembaga pelatihan kerja.

14. Mendapatkan umpan balik profesional

Anda tidak hanya akan membantu lembaga tempat Anda berlatih, tetapi mereka juga akan membantu Anda. Sementara para ahli akan mempersiapkan Anda untuk sisi teoretis bidang Anda dan proyek langsung, pelatihan di lembaga pelatihan kerja memberikan kesempatan untuk menerima umpan balik dari seseorang yang bekerja di bidang yang Anda inginkan setiap hari.

15. Mencari tahu apa yang Anda suka dan tidak suka

Lembaga pelatihan kerja akan memberikan gambaran yang luas tentang kondisi lingkungan kerja di berbagai perusahaan. Gambaran yang diberikan ini tentunya akan membuat Anda menyadari apa yang sesungguhnya Anda suka dan tidak suka, atau apa yang Anda butuhkan dan tidak butuhkan.

Referensi

Akmalia, R. C., & Salsabila, B. L. (2023). 9 Reasons Why People Join A Training Program. Diakses pada 4 April 2023 dari: https://www.dcolearning.com/9-reasons-why-people-join-a-training-program/

Malo, J. (2018). 10 Reasons Why An Internship is Important to All Students. Campus Life. Diakses pada 4 April 2023 dari: https://blog.suny.edu/36201/10-reasons-why-an-internship-is-important-to-all-students/

PQM. (2023). 5 Alasan Program 'Training The Trainer' Lebih Dari Sekedar Penghematan Training Budget. Productivity & Quality Management Consultants. Diakses pada 4 April 2023 dari: https://pqm.co.id/5-alasan-program-training-the-trainer-lebih-dari-sekedar-penghematan-training-budget/

Irene. (2021). 5 Manfaat Ikut Pelatihan di Karier.mu! Kariermu. Diakses pada 4 April 2023 dari: https://www.karier.mu/blog/umum/5-manfaat-ikut-pelatihan-di-karier-mu/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.