15 Teknik Agar Bisnis Digital Marketing Anda Sukses!

Digital Marketing Apr 16, 2023

Dunia teknologi terus berkembang dan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga memungkinkan siapa saja dapat mengakses pasar secara luas. Dengan perkembangan teknologi ini, kini semua orang memiliki kesempatan dan peluang yang tidak terbatas untuk dapat memakmurkan diri dan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini karena penggunaan teknologi digital terus digunakan untuk kepentingan pengembangan bisnis konvensional maupun jenis bisnis baru melalui teknik digital marketing. Akan tetapi, tidak sedikit pula bisnis yang kalah bersaing dengan bisnis sejenisnya sehingga mengakibatkan kebangkrutan. Meskipun demikian, orang-orang yang sukses dan makmur berkat adanya digital marketing juga memiliki jumlah yang tidak sedikit. Mereka yang gagal mungkin karena tidak menguasai teknik-teknik digital marketing yang tepat, sedangkan mereka yang sukses kemungkinan besar karena telah menguasai teknik-teknik digital marketing yang tepat. Oleh karena itu, berikut ini adalah 15 teknik agar bisnis digital marketing Anda bisa meraih kesuksesan.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial sama seperti taman yang sangat luas dan disinggahi oleh banyak orang untuk berinteraksi di lingkungan nyata. Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial dan menaruh perhatian di sana. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membangun profil di berbagai media sosial untuk memperkenalkan kepada semua orang yang ada di sana mengenai bisnis Anda. Meskipun teknik bisnis digital marketing dengan media sosial sangat populer dan dilakukan oleh hampir semua pebisnis besar, teknik ini tetap dapat diandalkan sebagai pondasi atau bangunan awal dalam membangun toko virtual.

2. Membuka Bisnis Di E-commerce

E-commerce merupakan sebuah pasar digital yang dibangun untuk memfasilitasi kegiatan business to business dan business to consumer. Dengan e-commerce, Anda dapat memperkenalkan produk-produk Anda pada para konsumen secara luas dan melakukan kegiatan jual-beli online dengan aman. E-commerce juga mengizinkan setiap penjual untuk menaruh kata kunci yang dapat mengarahkan konsumen ke toko Anda ketika konsumen mencari suatu barang dengan kata kunci tertentu.

3. Mengoptimalkan Profil Bisnis

Konsumen digital mayoritas diisi oleh orang-orang yang cerdas dan melek teknologi terkini. Mereka menyukai kejelasan tentang suatu brand dan produk yang dihasilkannya sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli suatu barang secara online. Teknik bisnis digital marketing ini menitikberatkan Anda untuk membangun profil bisnis yang jelas dan mudah dicari oleh para konsumen. Misalnya dengan memasang logo perusahaan dan membuat deskripsi singkat tentang perusahaan beserta contact person customer service yang dapat dihubungi.

4. Mengupload Konten

Dalam teknik bisnis digital marketing, salah satu kunci utama yang perlu dilakukan agar dapat menarik minat para pelanggan adalah dengan membuat konten dan menguploadnya secara luas. Misalnya jika Anda menjual busana stylish, maka konten yang dapat Anda upload adalah pameran busana dengan Anda sendiri sebagai artisnya atau serahkan pada orang lain yang berbakat. Anda tidak harus memposting setiap hari, namun anda wajib konsisten dengan waktu upload Anda.

5. Mengembangkan Blog/Website

Ini adalah langkah yang sangat baik untuk memperoleh perhatian dari konsumen karena blog atau website dapat dimanfaatkan untuk membangun traffic perusahaan melalui penggunaan kata kunci yang berkaitan dengan topik informatif dan spesifik yang dicari orang. Misalnya, jika bisnis Anda menjual busana, memiliki artikel blog seperti "cara memilih kain yang lembut dan tidak mudah kusut" atau "cara membersihkan setelan jas dengan benar" akan membawa orang ke situs Anda saat mereka mencari informasi tersebut. Dari sana, Anda dapat mengarahkan mereka ke layanan Anda.

Backlinks adalah suatu link yang disisipkan diantara kata-kata atau kalimat yang diposting pada suatu konten di blog atau website. Backlinks digunakan untuk mengarahkan seseorang untuk mengakses link tertentu seperti pelatihan creative marketing yang disediakan oleh pasartrainer.com.

7. Mengoptimisasi SEO

Muncul di halaman pertama atau kedua hasil pencarian Google benar-benar dapat menjadi perbedaan antara bisnis yang sukses atau bisnis yang gagal. Dengan SEO, maka bisnis Anda akan lebih mudah dilihat oleh semua orang yang menggunakan kata kunci tertentu.

8. Mendapatkan Perhatian Publik

Mendapatkan perhatian publik secara luas tidaklah mudah, namun dengan rajin mengikuti trend tertentu dan menaruh hashtag yang relevan, Anda memiliki kemungkinan untuk menjadi perhatian publik secara luas. Hal ini didukung dengan konten Anda kreatif Anda.

9. Membangun Interaksi

Berinteraksi dengan publik. Tanggapi komentar, bagikan umpan balik positif, bagikan pertanyaan dan jawaban, komentari kiriman orang lain. Bersikaplah profesional dan mungkin gunakan selera humor!

10. Bekerjasama Dengan Pihak Lain

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengefektifkan kinerja bisnis digital marketing adalah dengan membangun kolaborasi dengan pihak lain. Contohnya yaitu jika Anda adalah pengusaha busana, maka pihak lain yang dapat diajak kerjasama adalah bisnis lain yang bergerak di bidang kain, retail atau bahkan influencer. Lakukan strategi win-win solution agar dapat menguntungkan kedua belah pihak.

11. Mengiklankan Produk Secara Berbayar

Di berbagai platform teknologi digital menyediakan fitur pengiklanan berbayar. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengakselerasi perhatian publik secara luas dan membuat mereka mengeksplor produk-produk Anda.

12. Membuat Video Iklan

Video iklan yang menarik tentunya harus diimbangi dengan konten edukatif agar bisa lebih efektif. Misalnya jika Anda membuat video iklan tentang Busana batik, jelaskan kelebihan bahan, motif dan segala hal yang patut diberitahukan kepada publik.

13. Mengikuti Pelatihan

Pelatihan bisnis digital marketing sangat beragam. Dan setiap penyelenggara pelatihan memiliki banyak kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, salah satu pelatihan bisnis digital marketing yang dapat mengasah keterampilan Anda dapat ditemukan dengan mengakses pasartrainer.com

14. Memiliki Mentor yang Tepat

Menjalankan bisnis digital marketing tanpa mentor hampir sama seperti bepergian ke banyak tempat melalui jalanan asing yang sangat luas, tanpa panduan petunjuk arah atau GPS. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang menjalankan bisnis ini dengan bimbingan dengan mentor yang memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang baik. Namun, dalam situs pasartrainer.com, anda dapat menemukan mentor-mentor handal yang dapat memberikan bimbingan yang baik dan efektif bagi diri Anda.

15. Membangun Audiens

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa strategi pemasaran digital yang bagus untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda, tidak ada waktu seperti sekarang untuk memulai. Setiap menit Anda tidak menggunakan ini adalah satu menit dari kesempatan yang terbuang. Setelah Anda mengaturnya, Anda bisa duduk dan melihat lalu lintas masuk.

Referensi

Jacobs, B. (2023). 15 Effective Digital Marketing Strategies For Business. Diakses dari: https://riserr.com/15-effective-digital-marketing-strategies-for-businesses/

Jubelio. (2021). 8 Strategi Pemasaran Produk Ini Sukses Tingkatkan Penjualan. Diakses dari: https://jubelio.com/2021/strategi-pemasaran-produk-efektif/

Pasar Trainer. (2023). Beranda Pasar Trainer. Diakses dari: https://pasartrainer.com/

Pasar Trainer. (2023). Creative Marketing: GETTING STARTED. Diakses dari: https://pasartrainer.com/digital-marketing/inhouse/digital-marketing-getting-started

Pasar Trainer. (2023). Digital Marketing. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/digital-marketing

Valeria, G. (2021). Strategi Pemasaran Online dan Teknik Paling Ampuh untuk Bisnismu. Koinworks. Diakses dari: https://koinworks.com/blog/macam-macam-strategi-pemasaran-online/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.