4 Jenis Pelatihan Teknologi dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Technology Dec 12, 2023

Tidak hanya pegawai IT saja yang perlu diberikan pelatihan teknologi, seluruh pegawai juga perlu mendapatkan ilmu tentang IT, atau Information Technology. Mengapa demikian? Tentu tidak lepas dari kemajuan zaman yang kini hampir semua aspek telah menerapkan digitalisasi.

Bila perusahaan kamu juga menerapkan sistem digital untuk menyelesaikan pekerjaan, maka pegawai yang tidak menguasai IT akan tertinggal. Selain menghambat progres perusahaan, value pegawai tersebut akan kalah dengan AI, atau Artificial Intelligence, yang sudah jauh lebih canggih.

Maka dari itu, mari ketahui apa saja contoh jenis pelatihan di bidang teknologi yang bisa kamu berikan untuk seluruh pegawai perusahaan berikut ini!

4 Jenis Pelatihan Teknologi untuk Berbagai Profesi

Kamu bisa mewujudkan perusahaan yang melek teknologi dengan memberikan berbagai training atau pelatihan di bidang teknologi yang variatif seperti di bawah ini.

Pelatihan IT Administrasi

Pegawai di bidang administrasi perusahaan dapat mengikuti pelatihan yang fokusnya membahas hal-hal seperti:

  • Pengarsipan Elektronik, yang fokusnya mengajarkan sistem pengarsipan data perusahaan dengan Microsoft Excel;
  • Pengelolaan Dokumen, yang bertujuan menambah keterampilan pegawai untuk mengelola dokumen perusahaan;
  • Koneksi Data Microsoft Excel, yang membuat pegawai belajar tentang teknologi tabel dan perhitungan sehingga mereka bisa menemukan, lalu menggabungkan atau memperbaiki informasi perusahaan ketika harus dianalisis;
  • Otomatisasi Olah Data, yang mengajarkan pegawai cara mengolah informasi dalam jumlah besar secara otomatis melalui Ms Excel.

Pelatihan IT Manajemen

Pelatihan teknologi berikutnya adalah untuk pegawai di bidang manajemen perusahaan, yang fokus pelatihannya terdiri dari:

  • Manajemen Risiko, yang memberikan pegawai pemahaman tentang kerangka dalam manajemen risiko berdasarkan teknologi informasi;
  • Manajemen Proyek, yang membahas berbagai elemen untuk manajemen proyek perusahaan berdasarkan teknologi informasi;
  • Audit Perusahaan, yang mengajarkan tentang sistem IT perusahaan, aplikasi IT, pengembangan sistemnya, hingga audit khusus.

Pelatihan IT Komunikasi Bisnis

Untuk pegawai di bidang komunikasi bisnis, terdapat pelatihan information technology yang membahas tentang:

  • Dasbor Interaktif Microsoft Excel, yang bermanfaat untuk kelola data analisa keuangan perusahaan, kinerja perusahaan, hingga kinerja KPI;
  • Komunikasi Visual dengan Infografis, yang bertujuan agar pegawai terampil menyusun komunikasi visual serta menerapkannya ke bentuk infografis.

Pelatihan IT Human Resource Department (HRD)

Satu lagi pelatihan Information Technology yang bisa kamu berikan, yaitu pada bagian HRD perusahaan. Pelatihan akan fokus pada pemahaman pegawai tentang prinsip dasar untuk menyusun sistem informasi bagi data yang  HRD olah.

4 Manfaat Pelatihan Teknologi untuk Perusahaan

two smiling men looking at MacBook
Photo by DISRUPTIVO / Unsplash

Setelah mengetahui contoh-contoh pelatihan di bidang teknologi yang bisa kamu berikan untuk pegawai di perusahaan, berikut ini manfaat yang akan perusahaan kamu dapatkan apabila memberikan seluruh pegawai training di bidang information technology:

Operasional Lebih Efisien

Setelah menguasai digitalisasi pada sistem kerja perusahaan, maka operasional perusahaan pun otomatis akan lebih efisien. Sebab, pegawai telah paham framework untuk menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih produktif.

Pekerjaan pun bisa selesai lebih cepat karena pegawai dibantu oleh sistem digitalisasi yang mumpuni. Perusahaan pun akan mencapai target dengan lebih mudah melalui cara tersebut.

Keamanan Perusahaan Terjamin

Manfaat pelatihan teknologi berikutnya adalah perusahaan memiliki perlindungan yang lebih terjamin terhadap ancaman pencurian atau pun kebocoran data. Sebab, pegawai akan lebih waspada terhadap email yang berisiko sebagai phishing.

Kemungkinan perusahaan terkena cyber attack pun akan berkurang, karena setiap pegawai paham bagaimana manajemen risiko pada teknologi terkini.

Tidak Ketergantungan dengan Pegawai IT

Perusahaan yang sebelumnya selalu memanggil pegawai di bidang IT apabila terdapat masalah pada hardware atau software, kini tidak lagi ketergantungan. 

Setiap pegawai akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk memperbaiki isu yang ada, sehingga lebih mandiri tanpa mengandalkan dan menunggu pegawai IT lagi.

Dampak positif pada pegawai IT perusahaan kamu pun bisa terlihat dari waktunya yang dapat digunakan untuk lebih fokus pada tugas di bidang pekerjaannya sendiri, sehingga membuat perusahaan berkembang lebih cepat.

Jasa dan Pelayanan Lebih Optimal

Satu lagi manfaat pelatihan di bidang teknologi untuk perusahaan, yaitu menjadi lebih produktif sebagai sebuah perusahaan karena setiap pegawai sudah menguasai sistem digitalisasi internal yang berlaku.

Ini akan membuat perusahaan mampu memberikan pelayanan dan jasa lebih optimal kepada pelanggannya. Selain itu, perusahaan pun akan berpotensi membuka peluang kerja sama baru dan meningkatkan value perusahaan secara keseluruhan.

Demikian contoh pelatihan di bidang teknologi serta manfaat yang akan perusahaan rasakan ketika memberikan seluruh pegawai pelatihan IT yang krusial tersebut. Kini, kamu tinggal bekerja sama dengan penyedia program pelatihan di bidang teknologi seperti PasarTrainer.

PasarTrainer menawarkan berbagai program pelatihan dengan fokus teknologi yang berbeda, untuk membantu pegawai kantor atau pun fresh graduate yang sedang mencari kerja upgrade kemampuan teknologinya. Cek semua pelatihan teknologi yang tersedia di sini!


Referensi

hrdspot.com - Training IT
integrasolusi.com - Beragam Training IT yang Penting Serta Kelebihannya
skillup.tech - Why You Should be Offering IT Training for All Your Employees

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.