5 Jenis Google Ads dan Manfaatnya bagi Marketing Bisnis

Digital Marketing Jan 30, 2024

Google Ads menjadi metode marketing yang kini semakin digemari, mengingat Google merupakan platform besar dengan pencarian jutaan hingga miliaran per harinya. Oleh sebab itu, Kamu yang memiliki bisnis perlu mempelajari tentang iklan Google ini agar meningkatkan penjualan. 

Adapun iklan di Google ini berbayar dengan tarif tertentu bagi setiap bisnis yang ingin mengiklankan layanan atau produknya. Iklan akan menjangkau target audiens yang tepat sesuai pengaturan yang Kamu buat. 

5 Jenis Google Ads

Beriklan di Google akan memberikan Kamu banyak opsi, sehingga bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan promosi produk atau layanan. Adapun jenis iklan di Google terdiri dari lima bentuk yang berbeda, yaitu:

Search Ads

Jenis iklan yang satu ini berbentuk teks, yang akan muncul pada halaman pencarian Google. Search ads terletak di paling atas pada halaman hasil pencarian organik, atau bisa juga di paling bawah halamannya.

Letak tersebut menyesuaikan dengan penawaran yang Anda lakukan, sehingga semakin tinggi harga yang Kamu bayar, akan semakin baik pula visibilitas letak iklan Kamu. 

Cara kerja dari search ads adalah menargetkan keyword yang paling umum dicari oleh pengguna, atau bisa Kamu kenal sebagai search intent.

Display Ads

Untuk jenis yang satu ini akan melibatkan visual berupa gambar. Iklan akan ditayangkan ke seluruh channel milik Google, seperti contohnya Youtube dan Gmail. Selain gambar, visual pun bisa berbentuk gif hingga video.

Display ads akan membantu Kamu menjangkau audiens yang memiliki persona selaras dengan target pasar bisnis. Sebab, iklan tidak hanya ditayangkan pada hasil penelusuran saja, namun juga channel lain Google yang otomatis lebih besar traffic iklannya.

Shopping Ads

Jenis Google Ads selanjutnya adalah shopping ads, yang iklannya berbasis pada produk. Lebih tepatnya, produk akan ditampilkan pada kategori ‘Shopping’ dengan tampilan gambar produk, lalu dilengkapi informasi seperti nama produk, harga, ulasan, hingga nama tokonya.

Kamu bisa memilih iklan jenis ini apabila ingin meningkatkan traffic menuju e-commerce serta menaikkan penjualan. Ini berkaitan dengan tersedianya visual produk, sehingga peluang menarik pelanggan pun lebih besar. 

Video Ads

Apabila Kamu ingin mengiklankan produk atau layanan dalam bentuk video, maka memilih jenis ini jadi opsi yang tepat. 

Iklan akan dipasang di Youtube, serta seluruh website hingga aplikasi dalam Google Video Partner, menyesuaikan dengan format dan setelan iklannya. 

Kamu pun bisa mengatur apakah iklan video ingin diletakkan di awal, pertengahan, atau di akhir setelah video Youtube.

App Ads

Satu lagi jenis dari iklan Google, yaitu app ads, yang penayangannya pada Google Play hingga Google Display Network.

Jenis iklan ini tidak seperti iklan-iklan sebelumnya yang harus membuat iklan sendiri, sebab iklan akan dirancang secara otomatis untuk Kamu.

Kamu cukup mencantumkan teks copy, lalu starting bid, anggaran, hingga lokasi iklannya. Setelah itu, tinggal menunggu Google mengadaptasi infonya agar menghasilkan iklan untuk berbagai jaringan dan format.

5 Manfaat Google Ads bagi Marketing Bisnis

Setelah mengetahui berbagai jenis iklan Google, berikut manfaat dan keuntungan yang akan Kamu rasakan setelah beriklan di mesin pencari terbesar ini:

Menjangkau Audiens yang Besar

Mengingat pengguna Google melebihi 4 miliar dan berada di seluruh dunia, maka tidak diragukan lagi bahwa iklan Kamu akan menjangkau audiens yang besar. 

Ini membuat pelanggan potensial bagi bisnis Kamu bertambah lebih tinggi peluangnya, sehingga kesempatan beriklan di Google setidaknya perlu dicoba jika ingin memajukan bisnis.

Menaikkan Awareness bagi Brand

Beriklan di Google pun bisa membantu Kamu menaikkan brand awareness, sebab campaign iklan dapat Kamu jalankan sendiri. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan promosi dan goal pemasarannya.

Meskipun tidak ada yang klik iklan Kamu, calon pelanggan tetap akan melihat brand Kamu melalui berbagai channel yang tersedia pada Google Ads.

Mencapai Target Audiens yang Spesifik

Google memiliki fitur yang bisa memungkinkan Kamu mencapai target audiens paling spesifik sesuai target pasar. Ini termasuk demografi audiens, lalu aktivitas, hingga ketertarikan audiens. 

Jadi, iklan Kamu pun lebih optimal dan efektif dalam penayangannya, terutama dari segi tarif iklan yang layak dan sebanding dengan harganya.

Mengoptimasi dan Mengontrol Iklan

Selanjutnya, Kamu bisa mengontrol dan mengoptimasi iklan menyesuaikan dengan tujuan promosi yang ingin bisnis Kamu capai. Kamu bisa menjalankan iklan pada setiap prospek di marketing funnel serta customer journey yang tersedia.

Menambah Conversion

Mengiklankan produk menjadi cara menambah conversion yang diandalkan, terutama ketika Kamu beriklan di Google. Sebab, menambah conversion jadi hal yang lebih mudah setelah Kamu menayangkan iklan di mesin pencari dengan audiens besar satu ini.

Lima jenis iklan Google beserta manfaatnya untuk marketing bisnis Kamu bisa menjadi referensi apabila Kamu ingin beriklan di Google namun belum mewujudkannya hingga saat ini. 

Apabila ingin memaksimalkan iklan Google, Anda bisa mengikuti training digital marketing PasarTrainer. Tersedia program Google Ads Fundamental, yang akan memberikan Kamu intisari dari beriklan di Google. Jadi, jangan ragu dan daftar sekarang!


Referensi

aptana.co.id - Apa itu Google Ads Kenali Pengertian dan Keuntungannya untuk Bisnis Anda
www.exabytes.co.id - Apa itu Google Ads
idwebhost.com - Apa itu Google Ads

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.