6 Tips Memilih dan Menggunakan Produk Asuransi agar Optimal!

Insurance Feb 28, 2024

Asuransi menjadi cara melindungi aset serta menjamin masa depan kamu. Berbagai manfaat asuransi yang menguntungkan memang menggiurkan. Namun, penting untuk mengetahui berbagai tips memilih dan menggunakan produk asuransi agar tepat guna dengan kebutuhan kamu.

Sebab, percuma bila memiliki asuransi bila tidak memenuhi dan menjamin kebutuhan kamu sebagai pemilik produk. Itulah mengapa, lakukan riset terlebih dahulu mengenai benefit atau manfaat produk asuransi sebelum membelinya. Selain itu, lakukan tips berguna berikut!

Begini 6 Tips Memilih dan Menggunakan Produk Asuransi agar Optimal

Untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan produk asuransi, kamu bisa menerapkan berbagai tips esensial berikut ini:

1.    Lakukan Riset Komprehensif tentang Produknya

Perusahaan asuransi menawarkan paling sedikit 10 produk dalam pemasarannya. Contoh asuransi yang ditawarkan mulai dari produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, hingga asuransi pensiun.

Dalam tiap jenis produk asuransi tersebut, terdapat manfaat pertanggungan berbeda-beda. Misalnya, asuransi jiwa tipe berjangka yang manfaat pertanggungannya bisa kamu rasakan dalam waktu lima atau sepuluh tahun.

Jadi, lakukan riset komprehensif atau menyeluruh mengenai produknya. Lihat apakah produk tersebut memenuhi kriteria yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai melewatkan detail kecil, karena kamu berisiko menyesal di kemudian hari.

2.    Kenali Dulu Reputasi Perusahaannya

Tips memilih dan menggunakan produk asuransi selanjutnya adalah mengenali reputasi perusahaan.

Reputasi perusahaan asuransi juga menjadi faktor penting dalam pemilihan produk asuransi. Ini untuk menjamin bahwa solusi proteksi yang mereka janjikan bisa dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, pilih perusahaan asuransi dengan reputasi dan kredibilitas baik.

kamu bisa melakukan riset komprehensif juga mengenai perusahaan asuransi, jadi bukan hanya riset menyeluruh tentang produknya saja. Hal yang perlu kamu lihat pada reputasi perusahaan adalah performa serta track record ketika menangani klien per beberapa tahun ke belakang.

Jadi, kamu dapat membayangkan dan mempertimbangkan tingkat keamanan dari dana asuransi yang kamu investasikan pada produk asuransinya. Ini akan membantu kamu lebih tenang ketika membayar premi asuransi.

3.    Beli Produk Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Belilah produk asuransi karena kamu memang membutuhkannya, bukan karena mengikuti tren memiliki asuransi tanpa tahu detail produknya. Apabila asal beli tanpa memperhatikan kebutuhan, maka kamu akan rugi.

Sebab, asuransi berlaku jangka panjang. kamu pun harus rutin membayar premi per bulannya. Ini akan membuat kamu merasakan beban membayar di tengah perjalanan, karena memang dari awal sebenarnya tidak membutuhkan produk asuransi tersebut.

Beban membayar pun muncul akibat kamu tidak menyesuaikan pembelian produk asuransi dengan kemampuan finansial. Ini berisiko membuat kamu harus mengorbankan pos keuangan tertentu agar tetap dapat membayar asuransi.

Jadi, penting untuk menyesuaikan kebutuhan serta kemampuan finansial dengan produk asuransinya. Jangan sampai memilih asuransi dengan perlindungan terlalu kecil yang tidak maksimal.

Jangan sampai pula memilih produk dengan proteksi terlalu besar. Bisa jadi kamu membayar mahal untuk proteksi yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

4.    Minta Bimbingan dengan Agen yang Ahli

Tips memilih dan menggunakan produk asuransi yang optimal berikutnya adalah dengan meminta bimbingan dan konsultasi dari agen ahli. Agen tersebut sebaiknya memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Ini menunjukkan kredibilitas agen, sehingga kamu dapat mengajukan klaim asuransi maupun mengurus administrasi dengan mudah. Agen akan bertanggung jawab dan membantu kamu dalam mendapatkan produk yang sesuai.

5.    Aktif Mengajukan Pertanyaan

Ketika kamu sudah mendapatkan agen yang ahli dan berlisensi, maksimalkan dengan aktif bertanya ketika kamu kurang paham dan ragu terhadap manfaat dari produk asuransinya. Tidak perlu sungkan sebab yang rugi bila tidak bertanya adalah kamu sendiri.

Jadi, sebaiknya ajukan pertanyaan langsung pada ahlinya sehingga kamu tidak mengira-ngira dan berasumsi mengenai manfaat dari produk asuransi. Ini akan menjadi bumerang bagi kamu ketika ingin klaim asuransi di masa depan.

6.    Ketahui Bagaimana Proses Administrasi Produk

Mengetahui dengan jelas bagaimana proses administrasi untuk mengurus asuransi menjadi tips memilih dan menggunakan produk asuransi yang tidak boleh terlewat. Pastikan kamu membeli produk dari perusahaan asuransi yang memudahkan administrasi para nasabahnya.

Sebagai contoh, asuransi dengan fasilitas non tunai atau cashless akan lebih mudah kamu gunakan daripada asuransi dengan sistem reimbursement. kamu hanya perlu mendatangi rumah sakit, lalu tunjukkan kartu anggota untuk mengklaim asuransi.

Sementara itu, sistem reimbursement mengharuskan kamu melunasi lebih dulu dan memproses klaim asuransi di belakang. Ini tentu kurang efektif dan efisien, terutama ketika kamu ingin klaim untuk akses fasilitas kesehatan.

Berbagai tips memilih dan menggunakan produk asuransi tersebut sebaiknya kamu terapkan agar tidak berujung mengalami kerugian di akhir. Untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis di bidang asuransi, pastikan mendapat bimbingan dari para ahli industri asuransi.

PasarTrainer menyediakan Program Pelatihan Asuransi yang komprehensif, sehingga tepat dalam membantu kamu mengembangkan kemampuan dan pemahaman mengenai asuransi. Jadi, segera maksimalkan ilmu tentang asuransi kamu bersama PasarTrainer!


Referensi

www.prudential.co.id - Tips Memilih Asuransi
www.prudential.co.id - Fungsi Asuransi
www.manulife.co.id - 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Perusahaan Asuransi untuk Hari Tua
alive.generali.co.id - Inilah 6 Cara Memilih Asuransi yang Baik Untuk Kamu dan Keluarga

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.