6 Tips Mengajar Online yang Efektif, Trainer Wajib Paham!

Ketika kita berperan sebagai trainer, memahami tips mengajar online esensial hukumnya. Ini demi memastikan proses mengajar efektif dan materi yang diajarkan dipahami oleh peserta training. 

Ada sejumlah aspek yang perlu kita perhatikan dalam mengajar online. Beberapa aspek yang utama seperti kualitas internet, distraksi, hingga interaksi. Untuk memahami lebih dalam bagaimana cara mengajar online agar lebih efektif, berikut tips-tips yang bisa diikuti.

Terapkan 6 Tips Mengajar Online Ini agar Efektif

Mengajar online juga bisa berjalan efektif dan minim kesalahan asalkan kita menerapkan berbagai tips di bawah ini.

1. Pastikan Kualitas Internet Memadai

Hambatan umum ketika mengajar online adalah kualitas internet yang kurang memadai. Oleh sebab itu, kita perlu memerhatikan aspek ini sebelum mengajar online. Pastikan provider internet yang digunakan memiliki sinyal yang stabil agar tidak rentan delay.

Terutama mengingat mengajar online biasanya akan menggunakan materi dalam bentuk video. Kualitas internet yang memadai pun menjamin video lancar. Begitu pula dengan gerakan serta ekspresi wajah kita yang lebih jelas untuk dilihat.

Jadi, memastikan kualitas internet memadai menjadi persiapan menjelang mengajar online yang tidak boleh luput dikerjakan. 

2. Dukung Proses Mengajar dengan Properti Pendukung

Properti pendukung seperti action figure, alat peraga, atau foto menjadi contoh daya tarik ketika mengajar online. Peserta yang mengikuti sesi mengajar pun akan lebih terpusat perhatiannya pada kita ketika ada sesuatu yang kita peragakan. 

Menggunakan properti pendukung pun membantu kita menjelaskan materi lebih mudah pada peserta. Terutama saat kita ingin menyampaikan analogi dari materi yang sedang dibahas. 

Tips mengajar online satu ini dijamin akan membantu sesi penyampaian materi lebih atraktif dan tidak membosankan. Jadi, upayakan untuk menyiapkan properti pendukung yang relevan dengan materi ajar. Dapatkan juga tips dan trik mengajar online melalui Pelatihan Training Skills di PasarTrainer!

3. Mengajarlah di Ruang Minim Distraksi

Distraksi saat mengajar online akan menurunkan ketertarikan serta fokus peserta. Bagaimana peserta bisa fokus bila terdapat suara tukang konstruksi bangunan atau klakson kendaraan di tengah-tengah penyampaian materi?

Maka dari itu, sebaiknya siapkan ruangan khusus yang minim distraksi bila ingin mengajar online. Kita bisa menyewa ruang meeting yang biasanya tersedia di kafe secara khusus agar mengajar online lebih optimal. 

Bentuk persiapan menjelang mengajar online tersebut juga membantu kita lebih leluasa ketika harus lebih aktif dan ingin melangsungkan aktivitas tertentu. Seperti game atau sesi tanya jawab dengan peserta. 

Selain ruang minim distraksi, pastikan pencahayaan di ruang tersebut juga optimal. Ini akan membantu kita tampil lebih menarik di display video aplikasi meeting online seperti Google Meet hingga Zoom. 

4. Wajib Menyelipkan Ice Breaking

Tips mengajar online berikutnya adalah menyelipkan ice breaking di sela-sela sesi mengajar. Untuk mendapatkan ide ice breaking yang menarik, kita bisa mencarinya di Youtube. 

Ice breaking juga bisa kita masukkan di awal sesi mengajar agar peserta lebih santai. Ini menjadi cara memecah suasana yang kaku dan canggung. Para peserta pun jadi lebih siap menerima materi karena kita memberikan kesan yang ramah.

Satu trik agar ice breaking tidak hanya sekadar ice breaking adalah cantumkan makna pembelajaran di dalamnya. Jadi, cari ice breaking yang relevan dengan materi ajar agar menjadi transisi antar materi yang lebih mulus.

5. Memfasilitasi Training dengan Alat Bantu  

Untuk meningkatkan level mengajar online, kita bisa berinvestasi pada alat bantu. Misalnya, mic eksternal, kamera webcam eksternal, hingga drawing pad. Tips mengajar online ini juga direkomendasikan jika kita mulai menyelami pekerjaan trainer secara lebih profesional.

Meskipun laptop telah dilengkapi dengan microphone yang cukup memadai, namun mic eksternal membantu merekam audio lebih jelas dan minim noise. Kita juga bisa memperlihatkan sudut pandang video yang lebih luas dengan kamera eksternal. 

Sedangkan, alat bantu berupa drawing pad memungkinkan kita menggambar serta menulis pada whiteboard di aplikasi Zoom. 

6. Jalin Interaksi secara Konsisten

Teknik mengajar yang efektif adalah yang tidak terlihat seperti sedang mengajar. Melainkan seperti sedang mengobrol atau berdiskusi. Selain membantu kita lebih dekat ke peserta, menjalin interaksi secara konsisten juga memastikan sesi mengajar mendapatkan feedback yang baik.

Untuk menjalin interaksi yang konsisten, lakukan persiapan menjelang mengajar online berupa membuat powerpoint atau slide presentasi. Kita bisa menyisipkan visual yang unik dan mengundang peserta agar berkomentar. Baik itu melalui kolom chat atau secara langsung. 

Bila kita melemparkan pertanyaan pada peserta, kita bisa memberikan apresiasi berupa hadiah kecil-kecilan. Kita pun dapat bekerja sama dengan moderator atau host training agar memfasilitasi interaksi selama sesi mengajar online. 

Jika diperlukan, lakukan gladi bersih agar pola interaksi yang ingin dilakukan bisa lebih lancar dan maksimal. 

Selain enam tips mengajar online tersebut, PasarTrainer punya lebih banyak tips dan trik efektif agar sesi mengajar lebih menarik. Untuk itu, segera ikuti Pelatihan Training Skills agar mengajar online mendapatkan feedback memuaskan! Kunjungi PasarTrainer untuk pendaftaran yang praktis!


Referensi 

blog.teachmint.com - 8 Cara Mengajar Online yang Efektif dan Menyenangkan


www.hrexcellency.com - Tips Menjadi Trainer Online yang Kreatif


www.hrexcellency.com - Tips Online Training: 7 Kesalahan Trainer yang Bikin Online Training Nggak Asyik