7 Langkah Decision Making Process yang Efektif untuk Seorang Leader

Leadership & Soft Skills Aug 6, 2024

Decision making process (proses pengambilan keputusan) adalah cara mengumpulkan informasi, mempertimbangkan alternatif solusi, serta menentukan opsi akhir sebagai keputusan terbaik. 

Bagi seorang leader di perusahaan, hal tersebut krusial. Sebab, hasil keputusan umumnya melibatkan para pemangku kepentingan. Itulah mengapa, perlu melewati langkah-langkah yang tepat agar prosesnya efektif. 

Leader harus menganalisis secara rasional dan mempertimbangkan berdasarkan data relevan. PasarTrainer menyediakan Pelatihan Decision Making agar para leader dapat membuat keputusan dengan efektif. 

Adapun langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan bisa Anda ketahui melalui pembahasan berikut.

Ini 7 Langkah Decision Making Process yang Efektif untuk Seorang Leader

Membuat keputusan perlu menilai risiko, mempertimbangkan konsekuensi, dan berpikir secara kritis agar kesalahan minimum serta hasilnya maksimum. Melakukan tujuh langkah di bawah ini akan meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan seorang leader:

  • Mengidentifikasi Apa yang Harus Diputuskan

Kita bisa mengajukan beberapa pertanyaan saat mengidentifikasi apa yang perlu diputuskan. Misalnya: 

  1. Apa masalah yang sedang terjadi?
  2. Apa tujuan yang ingin diperoleh melalui penerapan keputusan ini?
  3. Bagaimana mengukur kesuksesan pengambilan keputusannya?

Pertanyaan tersebut merupakan teknik menetapkan tujuan secara umum agar memudahkan kita mendapatkan solusi terbaik. Saat telah ditentukan secara jelas, maka kita punya banyak informasi agar mencapai keputusan paling tepat dalam memecahkan masalah.

  • Mengumpulkan Informasi Pendukung yang Relevan

Langkah penting selanjutnya agar keputusan lebih matang adalah mengumpulkan informasi pendukung yang relevan. Bisa dalam bentuk data historis terkait masalahnya atau kasus pemecahan masalah yang serupa di masa lalu.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi dari luar tim atau luar perusahaan. Berbagai sumber informasi akan membantu keputusan lebih efektif. 

Menemukan sumber daya eksternal bisa melalui riset pasar, kolaborasi dengan konsultan, serta menghubungi kolega perusahaan lain dengan pengalaman relevan. Jadi, tim perusahaan dapat menemukan solusi yang variatif untuk permasalahannya.

  • Mencari Solusi Alternatif

Kita perlu mencari lebih dari satu solusi alternatif untuk sebuah masalah. Sebab, beberapa pemangku kepentingan mungkin membutuhkan solusi yang berbeda menyesuaikan perannya. 

Sebagai contoh, perusahaan sedang membutuhkan alat manajemen kerja yang memadai. Tim desain perusahaan tentu berbeda kebutuhan alatnya dengan tim pengembangan. Itulah mengapa, tidak semua masalah selesai hanya dengan satu solusi saja.

  • Mempertimbangkan Pilihan Terbaik

Apabila telah menemukan berbagai solusi berbeda, langkah selanjutnya adalah menganalisis bagaimana solusi tersebut akan mengatasi masalah. Lakukan identifikasi pro dan juga kontra pada setiap opsi. Lalu, eliminasi alternatif dari opsi tersebut. 

Terdapat cara umum agar pertimbangan pilihan terbaik lebih efisien, yakni melalui konsep seperti analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). 

Kita juga bisa menggunakan matriks keputusan serta membuat daftar pro serta kontra untuk masing-masing opsi. Kemudian, tetapkan keputusan akhir yang menjadi pilihan terbaik dengan mempertimbangkan pengaruhnya pada setiap pemangku kepentingan. 

  • Menindaklanjuti Pilihan dengan Rencana Implementasi

Jika keputusan telah mencapai kesepakatan, maka solusi pun dapat diterapkan. Manfaatkan waktu untuk menyusun rencana implementasi agar memudahkan tim memfokuskan pikiran mengenai langkah selanjutnya. 

Melalui penerapan rencana dan pemantauan progres, maka kita bisa melihat apakah keputusan yang dibuat efektif atau tidak.

  • Mengevaluasi dan Meninjau Melalui Metrik Kesuksesan 

Pengambilan keputusan bisa kita evaluasi dan tinjau melalui metrik kesuksesan demi mengetahui apakah solusi memenuhi standar kesuksesan.  Contoh pertanyaan berikut dapat menjadi metrik kesuksesan:

  1. Bagaimana keputusan memengaruhi perusahaan? Apakah positif atau negatif?
  2. Apakah pemangku kepentingan mendapatkan manfaat melalui keputusan ini?

Bila solusi ternyata bukan pilihan terbaik, maka terapkan manajemen proyek berulang. Metode tersebut memungkinkan perusahaan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan. Termasuk memilih keputusan terbaik untuk mengatasinya memanfaatkan sumber daya yang sudah ada.

Pentingnya Mengetahui Proses Pengambilan Keputusan untuk Seorang Leader

Lalu, mengapa penting bagi leader memahami proses pengambilan keputusan? Berikut merupakan alasannya: 

  • Memaksimalkan Produktivitas

Seorang leader yang mampu memutuskan secara efektif akan mendorong proyek selesai lebih cepat karena terhindar dari inefisiensi. Terutama ketika leader bisa mempertimbangkan apa pro serta kontra suatu pekerjaan dan segera membuat keputusan.  

  • Menemukan Jalan Keluar saat Situasi Urgen

Bisa menemukan solusi sebagai jalan keluar ketika situasi urgen termasuk alasan pentingnya mengetahui proses pengambilan keputusan untuk seorang leader

Ini demi memperkecil kerusakan serta memperbesar manfaat untuk perusahaan bahkan saat urgen. Jadi, leader harus mampu menilai kebutuhan perusahaan dan memutuskan langkah terbaik sebagai jalan keluarnya. 

  • Meminimalkan Konflik  

Leader bisa menentukan ekspektasi dan standar pekerjaan dengan jelas untuk menghindari kesalahpahaman terhadap karyawan. Berikan arahan agar distribusi pekerjaan lebih merata, sehingga minim konflik antar anggota tim.

Setelah paham pentingnya mengetahui proses pengambilan keputusan untuk seorang leader, maka saatnya mengikuti Pelatihan Leadership dari PasarTrainer. Tersedia banyak program berkualitas untuk mengoptimalkan kualitas sebagai leader

Tim kami ahli dan berpengalaman. Jadi, program ini terjamin meningkatkan efektivitas leader saat pengambilan keputusan. Kunjungi PasarTrainer sekarang untuk pemesanan! 


Referensi

www.kuncie.com - Proses Pengambilan Keputusan yang Baik


asana.com - Decision Making Process


www.soundingboardinc.com - Leadership Capability Decision Making


www.indeed.com - Why is Decision Making an Important Leadership Skill

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.