7 Tips Mengelola Hubungan Bisnis dengan Klien, Perusahaan Wajib Tahu!

Human Capital Aug 30, 2024

Di dunia industri yang semakin kompetitif, kita semua perlu tips mengelola hubungan bisnis dengan klien. Mengapa demikian?

Hubungan bisnis dengan klien menjadi aspek krusial yang bisa menentukan tercapainya keberhasilan perusahaan. Dengan mengelola hubungan baik dengan klien, kita bisa mendapatkan manfaat jangka panjang seperti kolaborasi tetap yang menguntungkan, membuka peluang bisnis, meningkatkan ekspansi usaha, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, mari kita pahami terlebih dahulu tips-tips yang bisa digunakan untuk menjaga hubungan bisnis dengan klien. 

7 Tips Mengelola Hubungan Bisnis dengan Klien

Mengelola hubungan bisnis dengan klien ada kalanya penuh dengan tantangan. Perbedaan budaya, karakter, keinginan, dan kebutuhan bisa jadi alasannya. Tapi tenang, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga hubungan bisnis dengan klien.

1. Pahami Karakter dan Kebutuhan Klien

Pertama, kita harus memahami dengan baik bagaimana karakter dan kebutuhan klien. Setiap klien memiliki motivasi, keinginan, kebutuhan, dan preferensi yang berbeda. Maka dari itu, kita membutuhkan pendekatan dan strategi komunikasi yang berbeda pula. 

Misalnya, kita memiliki perusahaan yang bekerja di bidang jasa penulisan konten media sosial. Karakter klien kita cukup perfeksionis dan teliti sehingga menginginkan ide yang orisinil. 

Maka dari itu, kita bisa menyusun strategi pendekatan dengan memberikan ide-ide konten media sosial yang terbaru, unik, dan orisinil. 

Dengan begitu, klien akan memberikan kepercayaan kepada kita sebab mampu memahami kebutuhan mereka dengan baik. 

Masih bingung menentukan gaya bicara yang tepat dengan klien? Tenang, kita bisa mengandalkan pelatihan Strategy To Speak With Business Partner or Team Based On Their Color dari PasarTainer. 

2. Jalin Komunikasi 

Tips mengelola hubungan bisnis dengan klien yang esensial adalah menjalin komunikasi. Percayalah, kunci dari keberhasilan suatu hubungan terletak pada proses komunikasinya. 

Hal ini juga berlaku pada konteks hubungan bisnis dengan klien. Tanpa komunikasi yang efektif, kita tidak bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka. Akibatnya, kita menjadi kesulitan untuk melakukan negosiasi bisnis. 

Kita bisa mengajak klien bertemu secara rutin untuk berdiskusi perihal proyek bersama. Saat ini, teknologi telah memudahkan proses komunikasi bisnis menjadi lebih praktis tanpa bertatap muka langsung seperti melalui aplikasi layanan video call.

Tentu mudah, bukan? Intinya, kita perlu berinteraksi untuk menginformasikan setiap progres perkembangan bisnis agar proses kerja sama lancar dan tidak ada kendala.  

3. Tetapkan Harapan dan Target yang Realistis

Tips selanjutnya adalah menetapkan harapan dan target yang realistis. Ada kalanya hubungan bisnis yang tidak optimal disebabkan oleh perbedaan harapan antara pihak-pihak bersangkutan. 

Kita harus mengkomunikasikan kemampuan atau kelebihan serta keterbatasan perusahaan dalam menjalankan sebuah proyek. Hal ini dilakukan untuk menghindari perselisihan di kemudian hari. 

Kita wajib memperjelas harapan dan target bersama di awal. Jangan sampai, klien berekspektasi lebih tanpa mengetahui kendala dan hambatan yang kita imiliki. 

Misalnya, kita bisa menyampaikan kemampuan pengerjaan proyek dalam kurun waktu tertentu. Sampaikan juga apa saja yang harus dilakukan oleh klien untuk mendukung keberhasilan proyek. Intinya, tetapkan target bersama secara rinci dan jelas. 

4. Junjung Transparansi

Menjunjung tinggi transparansi menjadi tips mengelola hubungan bisnis yang tidak boleh terlewatkan. 

Keterbukaan menjadi indikator kejujuran dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, kita perlu berdiskusi dengan klien tentang proyek kerja sama mulai dari biaya, proses pengerjaan, pembagian tanggung jawab, dan lain sebagainya. 

Sikap terbuka akan membuat klien percaya terhadap kinerja dan dedikasi kita terhadap kolaborasi bisnis. 

5. Beri Value Lebih secara Konsisten

Kesuksesan hubungan bisnis tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan proyek jangka pendek. Kesuksesan juga ditentukan oleh kepuasan klien terhadap kinerja kita. 

Maka dari itu, berikan value lebih secara konsisten bahkan melebihi ekspektasi agar klien merasa puas. 

Misalnya, kita bisa menyelesaikan proyek dengan tenggat waktu lebih cepat atau melampaui target yang sudah ditentukan. 

Hal ini akan menumbuhkan rasa kepuasan klien yang tentunya berdampak pada hubungan bisnis jangka panjang. 

6. Tanggapi Masalah secara Responsif

Tips mengelola hubungan bisnis selanjutnya adalah menanggapi masalah secara responsif. Apabila muncul kendala atau hambatan dalam proses pengerjaan proyek kerja sama, komunikasikan terlebih dahulu dengan klien. 

Berikan tanggapan secara responsif dan solutif pada setiap masalah yang muncul. Misalnya, ada permasalahan perbedaan pendapat selama proyek berlangsung. 

Kita wajib menghargai dan memahami perbedaan tersebut serta mencari jalan tengah untuk pengerjaan proyek tersebut.  

7. Jangan Lupa Beri Apresiasi

Tips terakhir, jangan lupa beri apresiasi kepada klien yang sudah mempercayakan proyek mereka kepada perusahaan kita. Apresiasi ini tidak harus rumit atau mahal,  terkadang, sesederhana ucapan terima kasih yang tulus sudah cukup untuk meninggalkan kesan mendalam di hati klien. 

Mengakui kepercayaan yang telah diberikan oleh klien menunjukkan bahwa kita menghargai hubungan bisnis yang telah terjalin. 

Jangan lupa ucapkan ‘maaf’ apabila selama bekerja sama terdapat kesalahan yang mungkin tidak disengaja. 

Demikian 7 tips mengelola hubungan bisnis dengan klien yang bisa kita manfaatkan demi kesuksesan perusahaan. Ingin mendapatkan keterampilan dalam mengelola hubungan baik?

Kita bisa meningkatkan keterampilan tersebut melalui Pelatihan Human Capital di PasarTrainer. Program ini dirancang tidak hanya untuk memperkuat hubungan bisnis eksternal dengan klien, tetapi juga untuk memperkokoh kerja sama internal di dalam perusahaan.


Referensi

https://www.sab.id - 7 Strategi Mengelola Hubungan Klien Bisnis B2B


glints.com - Menjaga Hubungan Baik dengan Klien


www.studilmu.com - 8 Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Klien

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.