7 Tips untuk Membuat dan Menyampaikan Presentasi yang Efektif

Communication Nov 28, 2023

Momen krusial dalam karier sering kali melibatkan presentasi yang efektif, seperti pertemuan dengan klien, pelaporan hasil kerja, pendanaan atau pitching, serta perencanaan bisnis dan strategi.

Maka dari itu, kemampuan presentasi dan menyampaikan pesan dengan jelas sangat penting untuk dimiliki. Keahlian ini melibatkan banyak aspek, mulai dari desain hingga kemampuan berinteraksi dengan audiens.

Pada artikel ini, tim Pasar Trainer akan membantu kamu memahami dan menerapkan 7 tips krusial untuk membuat presentasi yang informatif dan memikat perhatian.

7 Tips untuk Membuat dan Menyampaikan Presentasi yang Efektif

Mulai dengan menerapkan 7 tips ini agar setiap elemen dalam slide presentasimu berperan efektif dalam menyampaikan suatu pesan:

Pilih Font dan Desain yang Mudah Dibaca

Penggunaan font yang terlalu artistik dapat mengurangi kejelasan. Jadi, pakai font standar seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri agar keterbacaannya tinggi. 

Ukuran font minimal 30pt agar audiens dapat membaca seluruh informasi dengan akurat, termasuk yang duduk di bagian belakang ruangan. 

Untuk desain slide, pilih latar belakang dan warna teks dengan kontras tinggi, seperti hitam pada putih atau sebaliknya. Ini untuk memudahkan pembacaan dan membuat presentasi yang efektif

Desain harus sederhana dan tidak mengganggu. Pastikan penggunaan gambar atau grafik relevan dan mendukung poin kamu.

Sederhanakan Teks

Saat menyusun teks, lebih baik gunakan poin-poin kunci daripada paragraf panjang. Ini membantu audiens untuk mengikuti dan memahami poin utama dengan lebih mudah. Setiap slide sebaiknya hanya mengandung satu atau dua ide utama. 

Jika kamu perlu menjelaskan lebih detail, lakukan secara lisan saja, sekaligus untuk mengasah kemampuan presentasi. Sebab, slide hanyalah alat bantu visual, bukan naskah yang harus dibaca olehmu atau audiens.

Gunakan Elemen Visual secara Efektif

Elemen visual seperti grafik, diagram, dan foto dapat meningkatkan pemahaman audiens. Namun, gunakan elemen visual ini secara bijak agar tidak mengalihkan perhatian mereka.

Grafik atau diagram harus langsung pada poinnya untuk menghindari kerumitan atau bertumpuknya informasi. Foto yang digunakan harus berkualitas tinggi dan relevan dengan materi, namun memiliki loading speed yang cepat. 

Menggunakan infografis adalah cara yang bagus untuk menyajikan data atau statistik secara menarik dengan logical flow yang mudah dipahami. 

Pastikan Konsistensi Setiap Slide

Konsistensi dalam presentasi yang efektif mampu menciptakan kesan profesional dan memudahkan audiens mengikuti alur presentasimu. Ini termasuk penggunaan skema warna yang seragam, gaya font konsisten, dan layout slide serupa. 

Misalnya, jika kamu menggunakan bullet points, pastikan format dan spasinya konsisten di seluruh slide. Jika kamu menggunakan warna tertentu untuk menekankan poin penting, gunakan warna yang sama di seluruh presentasi.

Sampaikan Kalimat Pembuka yang Hook 

Kalimat pembuka yang memikat adalah kunci untuk menangkap perhatian audiens sejak detik pertama. Mulailah dengan fakta mengejutkan, statistik yang relevan, statement yang berani, atau pertanyaan retoris yang memicu pemikiran. 

Contohnya, jika kamu membahas tentang teknologi, mulailah dengan statistik terbaru tentang perkembangannya atau dampak terbesar yang dihasilkannya. 

Selain menarik perhatian, hal ini juga menetapkan nada dan konteks presentasimu. Namun, kalimat pembuka harus tetap relevan dengan topik untuk mendorong rasa ingin tahu audiens.

Berinteraksi dan Perhatikan Kebutuhan Target Audiens

Mengenal audiens merupakan kunci untuk presentasi yang efektif dan sukses. Sesuaikan isi dan gaya presentasimu dengan karakteristik mereka, seperti latar belakang profesional, tingkat pengetahuan tentang topik, dan minat. 

Gunakan pertanyaan interaktif untuk melibatkan mereka saat presentasi, seperti meminta pendapat atau pengalaman terkait topik. Ini tidak hanya membuat audiens terlibat tetapi juga memberi kamu umpan balik langsung tentang pemahaman mereka. 

Selain itu, berikan waktu untuk sesi tanya jawab agar audiens bisa mengklarifikasi dan mendalami topik.

Rajin Berlatih agar Memahami Isi Presentasi Lebih Dalam

Dengan berlatih, kamu tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga memperdalam pemahaman tentang materi. 

Mulailah dengan berlatih sendiri, kemudian lanjutkan dengan berlatih di depan rekan atau keluarga untuk mendapatkan umpan balik. Perhatikan waktu yang kamu butuhkan untuk setiap bagian presentasi, dan pastikan kamu tidak terlalu cepat atau lambat. 

Latihan juga membantumu mengidentifikasi bagian mana yang mungkin memerlukan penjelasan lebih lanjut atau penyederhanaan. Ingat, semakin sering kamu berlatih, semakin alami caramu menyampaikan presentasi.

Akhirnya, semakin mudah juga bagi kamu untuk beradaptasi dengan situasi yang kemungkinan tidak terduga ketika presentasi sebenarnya.

Presentasi yang efektif memperhatikan bagaimana kamu menyampaikan informasi. Maka dari itu, diperlukan latihan, perhatian terhadap detail teks, dan desain. Ikuti 7 tips di atas agar kamu bisa menyampaikan isi presentasi dengan baik, terutama dalam setting profesional.

Ingin meningkatkan kemampuan presentasimu lebih lanjut? Kunjungi Pasar Trainer dan bergabunglah dengan kelas komunikasi yang paling tepat untukmu! Melalui bimbingan dari ahlinya yang berpengalaman, kamu akan menguasai seni presentasi di akhir pelatihan.


Referensi

lldikti6.kemdikbud.go.id - 9 Rahasia Aturan Presentasi yang Efektif
support.microsoft.com - Tips Untuk Membuat dan Menyajikan Presentasi yang Efektif
glints.com - Lowongan Presentasi yang Baik
www.cnnindonesia.com - 5 Cara Presentasi Efektif dan Menarik Audiens di Depan Kelas

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.