8 Ide Bisnis Menarik untuk Pensiunan, Tetap Produktif di Masa Tua!

entrepreneurship Mar 5, 2024

Memasuki masa pensiun, banyak orang tua yang masih ingin melakukan aktivitas produktif. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu membangun usaha untuk pensiunan. Siapa bilang, jika usaha hanya bisa digarap oleh kawula muda saja. Kenyataannya ada sejumlah bisnis yang masih cocok dikelola oleh para pensiunan.

Bagi sebagian orang, masa pensiun justru dapat menjadi kesempatan emas untuk membangun suatu bisnis atau usaha. Hal ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan selain uang pensiunan yang cair setiap bulan. Lalu, jenis usaha apa saja yang cocok bagi pensiunan?

8 Ide Usaha untuk Pensiunan agar Produktif di Masa Tua

Menikmati masa pensiun tidak selalu berarti harus bersantai-santai setiap hari. Tidak ada salahnya untuk tetap produktif dengan menjalankan bisnis untuk sumber penghasilan baru. Berikut beberapa ide usaha yang cocok bagi kaum pensiunan:

1.    Penyewaan Aset

Ide bisnis pertama yang bisa dipilih oleh pensiunan yaitu penyewaan aset. Bila kamu memiliki rumah, kendaraan bermotor, atau mungkin alat dekorasi pesta yang jarang terpakai, bisa jadi peluang bisnis yang baik. kamu bisa menyewakan setiap aset tersebut dan mendapatkan keuntungan.

Sebelum memutuskan untuk membeli barang baru, tidak ada salahnya untuk menyewakan aset yang saat ini sudah dimiliki. Misalnya, penyewaan mobil dan motor. Meskipun begitu, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu sistem penyewaan yang aman. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kejahatan yang tidak diinginkan.

2.    Toko

Membuka toko juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin membuka bisnis di masa pensiunan. Toko ini dapat menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti toko baju, toko alat tulis, toko kelontong, toko tanaman hias, alat listrik, dan lainnya.

Usaha ini bisa kamu mulai sendiri di rumah tanpa harus menyewa bangunan pada orang lain. Jadi, kamu bisa mengalokasikan dana yang dimiliki untuk membeli peralatan yang bagus dan melengkapi isi toko.

3.    Perkebunan atau Peternakan

Jika kamu hidup di area pedesaan, membuka perkebunan atau peternakan mungkin bisa jadi ide yang bagus untuk dicoba. kamu bisa mencoba usaha ternak lele atau membuka usaha ayam petelur. Dua jenis usaha tersebut membutuhkan modal yang cukup minim dengan keuntungan yang cukup maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa menjalankan bisnis perkebunan. Cobalah untuk membuka bisnis tanaman hidroponik ataupun non-hidroponik, sesuai jenis tanaman yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tersebut.

4.    Bimbel

Tidak hanya membuka perkebunan dan peternakan, kamu juga bisa membuka jasa bimbingan belajar. Bila kamu memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk membuka jasa bimbel.

Misalnya, dulu kamu merupakan seorang guru atau tenaga pengajar lainnya. Ketika sudah pensiun, kamu bisa tetap mengajar dengan cara membuka kursus atau bimbingan belajar. Selain berupa ilmu akademik, kamu juga bisa membuka kursus lainnya seperti kursus piano, kursus bernyanyi, dan sebagainya.

5.    Warung Sembako

Tidak hanya membuka toko, membuka warung sembako juga bisa menjadi ide bisnis untuk pensiunan yang tidak kalah menarik untuk digeluti. Warung ini akan menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Misalnya, beras, minyak, telur, gula, dan sebagainya.

Dengan membuka warung, kamu tetap bisa sambil menjalankan kegiatan sehari-hari. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Dengan dana Rp5 juta saja, kamu sudah bisa membangun sebuah warung sembako. Jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan matang, agar warung kamu laris.

6.    Bisnis Kontrakan atau Kos

Memiliki usaha kontrakan atau kos-kosan menjadi salah satu bisnis menarik untuk pensiunan yang banyak diimpikan. Terlebih bila kamu tinggal di area yang ramai oleh karyawan atau pelajar.

Bisnis kontrakan atau kos bisa menjadi salah satu sumber passive income yang cukup menjanjikan. kamu tidak perlu banyak bergerak, tinggal menikmati penghasilan setiap bulannya dari aset tersebut. Namun, modal yang dibutuhkan untuk membangun aset ini tentunya tidak sedikit.

7.    Usaha Fotokopi

Ide usaha berikutnya yang bisa kamu coba yaitu membuka toko fotokopi. Jenis usaha ini masih cukup menjanjikan di era yang sudah serba canggih seperti sekarang. kamu bisa merekrut karyawan atau mengelola toko fotokopi ini sendiri.

Agar laris manis, kamu bisa membukanya di kawasan anak sekolah, pekerja kantoran, atau mahasiswa.  Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa melengkapi toko tersebut dengan berbagai ATK, dan peralatan yang banyak dibutuhkan oleh anak sekolah.

8.    Bisnis Franchise

Bisnis franchise ternyata tidak kalah menarik untuk digeluti oleh kaum pensiunan. Ada beberapa jenis franchise yang bisa kamu pilih, seperti kuliner, minimarket, laundry, dan lainnya.

kamu bisa memilih bisnis franchise yang tidak terlalu besar agar modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Selain itu, kamu juga bisa memilih franchise makanan atau minuman yang sedang populer di masyarakat.

Selain mengetahui ide usaha untuk pensiunan di atas, sebaiknya kamu juga membekali diri dengan mengikuti pelatihan entrepreneurship di Pasar Trainer. Dengan pelatihan ini, kamu bisa mempelajari ilmu bisnis sekaligus persiapan masa pensiunan.


Referensi

www.bfi.co.id - 11 Ide Usaha Setelah Pensiun dan Tips Agar Tetap Produktif
www.cnbcindonesia.com - 5 Ide Bisnis Buat Orang Usia Kepala 5 Cocok Buat Pensiunan
bnp.jambiprov.go.id - 11 Ide Bisnis Bagi Pensiunan

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.