8 Ide Bisnis untuk Gen Z yang Potensial dan Untung Besar

entrepreneurship Jun 25, 2024

Banyak ide bisnis untuk Gen Z yang bisa kita lakukan. Terutama mengingat kemajuan era digital yang menjadi gerbang untuk berbagai jenis bisnis kekinian. Hanya butuh smartphone dan internet saja, kita bisa menjalani bisnis yang berpeluang mendapatkan untung besar. 

Jangan membuang waktu, mari kita menggali ide bisnis yang ideal untuk Gen Z coba jika ingin mendapatkan keuntungan! 

Ini 8 Ide Bisnis untuk Gen Z yang Potensial dan Untung Besar

Semakin maju dunia yang kita tinggali, semakin banyak pula peluang bisnis dari berbagai industri yang bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan. Beberapa ide bisnis di bawah ini menjadi contohnya:

  • Platform Belajar Online

Setelah pandemi lalu, kegiatan belajar dan mengajar online kini semakin populer. Oleh sebab itu, kita bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis belajar online. Buat platform online untuk kegiatan pembelajaran seperti webinar, kursus, hingga konsultasi akademis. 

Kelebihan dari pembelajaran online terdapat pada fleksibilitas waktunya. Selain itu, akses untuk materi pelajaran pun akan lebih praktis. Jadi, bisnis ini merupakan solusi belajar bersifat inklusif untuk seluruh golongan.

  • Bisnis Perangkat Wearable

Wearable seperti fitness tracker, smartwatch, hingga smartband bisa menjadi produk jualan yang mendatangkan keuntungan besar. Perangkat wearable tersebut semakin diminati karena kemudahan dan efisiensi dari berbagai fiturnya. 

Contohnya, komunikasi online, pemonitoran aktivitas fisik, hingga pemantauan kesehatan.  

Ide bisnis untuk Gen Z satu ini akan menjadi pemenuhan kebutuhan untuk berbagai kalangan dengan gaya hidup modern. Itulah mengapa, Gen Z cocok menjalankan bisnis ini. 

  • Jasa Manajemen Media Sosial

Kita juga bisa membuka jasa manajemen media sosial. Platform seperti Instagram, LinkedIn, hingga Facebook menjadi sarana untuk menguatkan kehadiran online baik untuk individu atau perusahaan. 

Namun, tidak semua perusahaan atau individu paham mengenai bagaimana manajemen media sosial yang baik. Bagi yang menguasai industri pemasaran digital, hal tersebut dapat menjadi celah untuk bisnis. 

Membuka jasa manajemen media sosial meliputi layanan seperti produksi konten, mengatur waktu unggah konten, menganalisis performa akun, hingga meningkatkan interaksi akun. 

  • Platform Terapi Online

Kesehatan mental adalah topik yang kini semakin awam di kalangan masyarakat, terutama Gen Z. Itulah mengapa, ide bisnis untuk Gen Z ini dapat sekaligus menjadi awareness terhadap kesehatan mental. 

Platform bisa kita peruntukkan bagi pengguna yang ingin mengelola masalah pada kesehatan mental. Contohnya, kecemasan, stres, dan depresi. Adapun layanan yang bisa disediakan selain terapi online yaitu mood tracking, meditasi, hingga komunitas kesehatan mental.

  • Katering Sehat

Selain kesehatan mental, makanan sehat pun juga meningkat popularitasnya saat ini. Untuk kalangan masyarakat yang sibuk bekerja, kebutuhan makan sehat menjadi tantangan. Ini mengingat sedikitnya waktu yang mereka miliki untuk menyiapkan makanan sehat tersebut. 

Kita bisa mengambil peluang melalui bisnis katering sehat yang menyediakan katering harian dan layanan antar. Bahan-bahan yang digunakan harus organik dan segar. Selain itu, pastikan nutrisi setiap menu katering seimbang porsinya. 

  • Bisnis Skincare Eco-Friendly

Skincare sudah dianggap sebagai kebutuhan primer, terutama untuk kalangan wanita. Kini, pengguna skincare sudah semakin peduli akan lingkungan. Ini turut memengaruhi keputusan mereka dalam membeli skincare, sehingga produk skincare yang eco-friendly lebih disukai. 

Kita dapat menjual produk eco-friendly skincare sebagai ide bisnis untuk Gen Z. Skincare harus dengan penggunaan bahan-bahan yang organik, alami, serta diambil secara prinsip berkelanjutan (sustainable). 

Adapun jenis produknya bervariasi, mulai dari sunscreen, toner, hingga moisturizer. Perhatikan juga kemasan skincare agar tetap pada konsep eco-friendly. Menggunakan kardus atau kertas untuk kemasannya pun lebih ideal untuk dilakukan.

  • Membuka Pet Shop (Toko Hewan Peliharaan)

Bisnis selanjutnya yang ideal untuk Gen Z adalah pet shop. Terlebih melihat banyaknya pet owner atau pemilik hewan peliharaan yang juga berasal dari kalangan Gen Z. 

Kita bisa menyediakan berbagai produk di pet shop. Beberapa contohnya seperti makanan, snack, aksesori, mainan, hingga vitamin dan obat-obatan. Layanan seperti grooming, pet clinic, serta pet hotel pun bisa disediakan agar mendatangkan pelanggan.

  • Bisnis Sustainable Fashion

Fast fashion sudah menjadi masalah memprihatinkan dalam industri fashion untuk waktu yang lama. Selain berdampak buruk pada lingkungan, fast fashion juga tidak memperlakukan pekerja dengan etis. 

Membuka bisnis sustainable fashion menjadi jalan agar memiliki keunggulan di antara kompetitor. Kita bisa menggunakan bahan pakaian yang ramah lingkungan, misalnya dari bahan daur ulang atau material tekstil organik. 

Lalu, terapkan proses produksi dan manufaktur yang etis dengan memerhatikan kesejahteraan pekerja. Terutama yang mendesain, menjahit, hingga mendistribusikan produk fashion

Delapan ide bisnis untuk Gen Z tersebut akan semakin optimal apabila kita mengikuti Program Pelatihan Entrepreneurship dari PasarTrainer. Khususnya jika kita baru memulai dan belum memiliki fundamental bisnis yang kokoh. 

Tersedia program seperti Business Basic yang sederhana hingga Maximize Your Profit using Hypno Selling Level Up 4.0 untuk versi lanjutan. Kita bisa mengunjungi laman PasarTrainer sekarang dan memilih Program Pelatihan Entrepreneurship yang ingin ditekuni!


Referensi

www.webnesia.co.id - Ini Dia 21 Ide Bisnis Milenial dan Gen Z Dengan Modal Kecil


www.gamelab.id - Info Cuan 25 Ide Bisnis Untuk Milenial dan Gen Z yang Lagi Trend di Tahun 2024


info.populix.co - Ide Bisnis Milenial dan Gen Z

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.