8 Keuntungan Menggunakan CMS untuk Website Bisnis

Content Management System merupakan sebuah platform yang dapat digunakan untuk mengatur isi dari berbagai jenis website. Mulai dari website perusahaan, berita toko online, dan jenis website lainnya.

Di era digital, penggunaan website untuk bisnis merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, media ini dapat mempermudah pelanggan untuk menemukan bisnis dan meningkatkan kepercayaan mereka pada bisnis tersebut. 

Apa Itu Content Management System?

Konten manajemen yaitu sebuah software yang dapat membantu menangani infrastruktur dasar untuk membuat situs web. Dengan platform ini, kita tidak perlu repot mengurus kode pemrograman web dan bisa lebih fokus terhadap konten dan desain dari situs web tersebut.

Umumnya, ada beberapa jenis konten manajemen yang cukup populer digunakan, di antaranya:

  • WordPress.org
  • Drupal
  • PrestaShop
  • Magento
  • Joomla!

Masing-masing platform tersebut tentunya memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Namun, umumnya software tersebut memiliki fitur dasar seperti template desain, plugin, tema, dan ekstensi yang dapat disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan web bisnis. Dengan beberapa fitur tersebut, kita dapat membangun situs web yang lebih fleksibel dengan mudah.

8 Manfaat Pakai CMS untuk Membuat Website Bisnis

Untuk membuat situs web, salah satu cara paling sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan platform pengelola konten ini. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya:

  • Mendapat Kontrol Penuh

Salah satu keuntungan membuat situs web menggunakan platform ini yaitu kita memiliki kontrol penuh terhadap desain dan konten yang diunggah ke situs web tersebut. 

Kita bisa langsung memperbarui situs web tanpa harus mengandalkan layanan tertentu untuk melakukannya. Hal ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah, tanpa harus mengerti desain atau coding.

  • Pengembangan Bersifat Modular

Pada saat membangun sebuah situs web menggunakan konten manajemen, kita dapat menambah atau menghapus fitur situs web yang sudah diterbitkan dengan mudah. Pasalnya, setiap elemen dan fitur yang ada memiliki sifat modular.

Jadi, misalnya dalam situasi tertentu kita ingin mengganti template, kita bisa langsung mencari template situs web yang baru dengan mudah dan mengganti template yang sudah tidak ingin digunakan lagi.

  • Desain dan Konten Dapat Diperbarui dengan Mudah

Agar tetap bisa tampil eksis di mata pelanggan, kita harus selalu melakukan pembaruan desain ataupun konten dari situs web bisnis. Dengan menggunakan CMS, hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. 

Selain itu, biasanya situs web juga akan mendapat peringkat dari mesin pencari berdasarkan konten yang paling terbaru. Tentunya, dalam hal ini konten manajemen sangat bisa diandalkan.

  • Tersedia Banyak Fitur

Platform konten manajemen ini juga memungkinkan kita untuk membangun website dengan banyak halaman atau fitur. Untuk mengoptimasi situs web, kita juga dapat menggunakan plugin pada situs web yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, ingin menambahkan fitur keranjang, metode pembayaran, dan lain sebagainya.

  • Memungkinkan Banyak User

Umumnya, sebuah situs web tidak hanya dibangun oleh satu orang saja. Dengan menggunakan konten manajemen, hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Pemilik situs web bisa menggunakan fitur multiple user untuk memberikan akses pada orang tertentu.

Orang-orang yang mendapat akses khusus tersebut dapat memodifikasi situs web dengan mudah dari mana saja selama mereka terhubung dengan internet. Jadi, developer tidak perlu bergantian menggunakan satu akun untuk mengakses web tersebut.

  • Fitur Keamanan yang Canggih

Umumnya, platform konten manajemen telah dilengkapi oleh fitur keamanan yang canggih. Fitur ini diperlukan sebagai perlindungan database atau konten situs web dari cyber yang berbahaya. 

Kita bisa menggunakan konten manajemen untuk membatasi akses konten atau menambahkan fitur keamanan tertentu pada saat login admin. Dengan demikian, konten dan database akan terlindungi.

  • SEO Friendly

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari menggunakan manajemen konten yaitu sudah ramah SEO. Tentunya, hal ini sangat menguntungkan terutama bagi situs web bisnis. 

Dengan adanya bantuan SEO, konten yang ada di situs web tersebut berpotensi menduduki posisi pertama di mesin pencari. Hasilnya, bisnis akan terangkat dan kemungkinan menjadi konversi.

  • Mudah Digunakan

Salah satu alasan banyak orang yang mengandalkan konten manajemen untuk membuat situs web yaitu karena penggunaannya yang sangat mudah. Kita dapat mengelola atau mengunggah beragam jenis konten dengan mudah. Mulai dari gambar, produk, video, artikel blog, hingga ulasan dari para pelanggan. 

Pengguna tidak perlu memiliki kemampuan teknis yang mendalam agar dapat mengelola konten. Pasalnya, tampilan antarmuka yang sederhana memudahkan kita dalam mengakses dan mengelola konten.

Demikian beberapa keuntungan dari Content Management System untuk membangun situs web bisnis. Untuk meningkatkan pengetahuan terkait hal ini, ikutilah Pelatihan Digital Marketing dari Pasar Trainer. Di sana akan dibahas mengenai management, copywriting, dan SEO yang tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang bisnis.


Referensi

www.hostinger.co.id - Apa Itu CMS


azuralabs.id - Keuntungan dan Cara Menggunakan Sistem Manajemen Konten CMS untuk E-Commerce


www.baliwebdesign.co.id - Keuntungan CMS untuk Website


badoystudio.com - Keuntungan Menggunakan CMS