8 Manfaat Mengikuti Sertifikasi BNSP, Peluang Lebih Dilirik Perusahaan!

Certification Mar 4, 2024

Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat mengikuti sertifikasi BNSP. Padahal, sertifikasi ini dapat memberikan peluang lebih besar untuk dilirik oleh perusahaan. Setiap perusahaan pastinya ingin mendapatkan karyawan dengan keterampilan yang mumpuni sesuai bidang yang dibutuhkan. Nah, sertifikasi ini menjadi salah satu indikatornya.

Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga independen. Tujuannya yaitu agar performa para tenaga kerja dapat meningkat, di semua bidang profesi. Lalu, apa saja manfaatnya?

8 Manfaat Mengikuti Sertifikasi BNSP

Proses sertifikasi BNSP akan dimulai dengan mengerjakan uji kompetensi terlebih dahulu. Proses ini akan berlangsung secara sistematik, objektif, dan sesuai dengan standar kompetensi. Adapun manfaat dari sertifikasi BNSP yaitu:

1.    Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagi lulusan baru, kehadiran sertifikasi ini dapat meningkatkan rasa percaya diri pada saat mengajukan lamaran kerja. Sertifikasi BNSP bisa dijadikan sebagai pembuktian bahwa keterampilan yang kamu miliki telah diakui oleh penguji dan dianggap kompeten untuk bekerja.

Tentunya, hal ini akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Sekalipun kamu belum memiliki pengalaman kerja karena masih fresh graduate.

Sementara itu, bagi karyawan tetap sertifikasi ini dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika diberi tugas kantor. Karyawan akan merasa lebih bangga dan mampu karena keterampilannya sudah tersertifikasi sehingga mendorongnya untuk bekerja dengan baik.

2.    Mengenal Tingkat Kemampuan Diri

Tidak sedikit orang yang tidak mengenali tingkat kemampuan dirinya sendiri. Dengan adanya sertifikasi ini, kamu berkesempatan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki dalam bidang terkait.

Hal ini bisa dilihat dari hasil ujian yang kamu dapat ketika mengikuti proses sertifikasi. kamu bisa tahu seberapa cakap kamu terhadap suatu pekerjaan. Nilai ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui keterampilan mana yang masih perlu ditingkatkan.

3.    Meningkatkan Akses Pengembangan Diri

Manfaat mengikuti sertifikasi BNSP berikutnya yaitu meningkatkan akses pengembangan diri. Kemampuan seseorang yang sudah memiliki sertifikat BNSP, akan diakui secara global. Hal ini memungkinkan pemiliknya untuk meningkatkan kemampuan diri menuju tingkat yang lebih tinggi.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan bonafit. Pasalnya, pemilik sertifikasi BNSP cenderung dianggap memiliki nilai yang lebih unggul.

4.    Mempermudah Perusahaan untuk Mencari Karyawan Kompeten

Manfaat mengikuti sertifikasi BNSP juga dapat mempermudah perusahaan dalam proses pencarian karyawan. Mereka dapat menggunakan sertifikasi ini sebagai indikator tingkat kompetensi calon karyawan yang akan disaring.

Karyawan yang sudah tersertifikasi, cenderung lebih kenal dengan bidang kerja sesuai profesinya. Hal ini dapat menjadi standar keahlian yang dimilikinya. Jadi, karyawan tersebut tinggal terus mengasah keterampilannya agar semakin terampil ketika sudah masuk perusahan.

5.    Meningkatkan Performa Kerja

Bila kamu bercita-cita ingin menjadi seorang profesional, tentu dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu dengan mengikuti sertifikasi BNSP.

Biasanya, sebelum mengikuti ujian sertifikasi, peserta akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sesuai kompetensi profesi yang diminati. Manfaat mengikuti sertifikasi BNSP ini dapat memberikan pengetahuan terkait standar terbaik dalam suatu pekerjaan.

Tentunya hal ini juga akan menguntungkan bagi perusahaan. Pasalnya, karyawan akan memiliki kemampuan kerja yang dapat diandalkan. Karyawan tersebut diharapkan lebih teliti dan telaten ketika bekerja sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

6.    Menguatkan Tim Kerja

Kekuatan tim kerja merupakan salah satu hal penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Karyawan bersertifikasi dapat memperkuat kinerja tim, karena anggota tim memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sudah memadai dalam bidangnya.

Dengan begitu, kinerja tim akan berlangsung dengan lebih efektif untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Selain itu, kehadiran sertifikasi ini juga dapat memperkuat rasa saling percaya antar sesama anggota tim. Hal ini dapat menghasilkan komunikasi dan kolaborasi yang baik.

7.    Menghadirkan Standar Industri yang Lebih Konsisten

Adanya sertifikasi profesi dapat menjadi salah satu tolak ukur standar industri yang lebih konsisten. Pasalnya, sertifikasi BNSP mengacu pada standar nasional sesuai ketentuan BNSP.

Berkat standar ini, organisasi atau perusahaan bisa memastikan setiap individu dalam bidang tertentu memiliki tingkat keterampilan dan pengetahuan yang  setara. Hal ini memungkinkan tercapainya kualitas yang lebih konsisten pada layanan dan pekerjaan.

8.    Memenuhi Syarat Hukum dan Regulasi

Manfaat selanjutnya dari sertifikasi profesi yaitu sebagai pemenuhan syarat hukum dan regulasi yang berlaku. Perlu diketahui bahwa ada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan sertifikasi tertentu sebagai salah satu syarat pemenuhan regulasi dan standar hukum.

Dengan memiliki sertifikat BNSP, seseorang bisa memenuhi syarat ini dan bukti bahwa mereka telah sesuai dengan regulasi dan standar hukum yang berlaku.

Melihat beberapa manfaat mengikuti sertifikasi BNSP di atas, sebaiknya kamu juga segera mengikuti kegiatan sertifikasi tersebut. kamu bisa mengikuti pelatihan BNSP Sertifikasi di Pasar Trainer. Ada beberapa jenis sertifikasi yang dapat diikuti, mulai dari HR Manager, HR Supervisor, Skema Operator K3, dan masih banyak lagi.


Referensi

www.qubisa.com - Manfaat Sertifikasi BNSP
rivierapublishing.id - Manfaat Sertifikasi BNSP
gajigesa.com - Manfaat Sertifikat BNSP

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.