Apa itu Big Data? Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Data Mar 8, 2024

Big data menjadi sebuah konsep yang seringkali dibahas di era digital seperti saat ini. Pasalnya, data ini menjadi salah satu hal penting bagi keberlanjutan suatu bisnis. Data ini yang akan menyimpan semua informasi dari pembeli yang terus berkembang seiringnya waktu. 

Informasi yang disimpan yaitu berupa nomor telepon, lokasi pembelian, preferensi barang, jenis kelamin, dan informasi penting lainnya. Data tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam bisnis. Untuk mengenal lebih jauh, mari simak informasi di bawah ini.

Apa itu Big Data?

Ini merupakan sebuah kumpulan data yang kompleks dan besar. Data ini akan terus berkembang seiring waktu dan dihasilkan oleh aktivitas internet, baik untuk tujuan bisnis ataupun tujuan pribadi. 

Sebagai contoh, mungkin awalnya kamu berpikir jika data yang masuk hanyalah berupa nama, email, serta nomor telepon. Namun, ketika kamu melakukan pencarian di Google, mencari produk di marketplace, atau mengunggah konten di media sosial, data tersebut akan terus berkembang. 

Semua data tersebut akan terus berkembang bersama data pengguna internet lainnya dari berbagai pelosok dunia. Nah, kumpulan data inilah yang akan menampung data-data tersebut. Biasanya, perusahaan akan memanfaatkan data tersebut untuk data mining.

Kumpulan data ini memiliki karakteristik yang sering disebut dengan “The Three V”, yang terdiri dari Volume (ukuran data yang besar), Velocity (kecepatan data), dan Variety (keragaman data).

Selain itu, kumpulan data juga memiliki dua karakteristik tambahan, yaitu Value (nilai atau makna), dan Veracity (tingkat akurasi dari proses penghimpunan data). Sebuah data bisa dikatakan sebagai “Data Besar” bila sudah memenuhi kelima karakteristik tersebut.

Apa Pentingnya Big Data?

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah kumpulan data ini penting? Diketahui, banyak perusahaan yang memanfaatkan kumpulan data ini untuk dapat memberikan layanan terbaik, meningkatkan operasi, serta membuat iklan marketing yang lebih sesuai. Selain itu, data ini juga dapat dimanfaat untuk meningkatkan profit dan pendapatan.

Jadi, apabila ditanya apa pentingnya big data? Jawabannya tentu sangat penting. Bisnis yang mampu memanfaatkan data ini dengan efektif memiliki peluang untuk bisa lebih unggul dari kompetitornya yang tidak memanfaatkan data ini. Pasalnya, perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih relevan dan tepat.

Tidak hanya bagi bisnis saja, data ini juga dapat dimanfaatkan oleh para peneliti medis untuk menentukan gejala dari penyakit tertentu dan faktor risikonya. Selain itu, kumpulan data juga dapat membantu dokter untuk menentukan diagnosa penyakit yang dialami oleh pasien.

Manfaat Kumpulan Data untuk Mengembangkan Bisnis

Setelah mengetahui pengertiannya, mungkin kamu penasaran apa saja manfaat kumpulan data ini bagi pengembangan bisnis. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut:

Memudahkan Pengembangan Produk

Perusahaan dapat memanfaatkan kumpulan data untuk mengembangkan produk agar memiliki kualitas yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya, dari kumpulan diketahui konsumen lebih menyukai produk dengan ukuran besar agar lebih hemat dan praktis. Maka, kamu bisa memproduksi produk dengan ukuran yang lebih besar dan meningkatkan kualitasnya. 

Selain itu, kumpulan data ini juga dapat dimanfaatkan untuk menganalisis produk dengan penjualan yang rendah. kamu bisa memutuskan untuk menghentikan produksi atau memperbarui produk tersebut dengan terobosan baru.

Meningkatkan UX Mobile

Perlu disadari bahwa smartphone memiliki peluang lebih besar untuk mengumpulkan data secara realtime. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kumpulan data dari ponsel pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX) terhadap tampilan aplikasi atau website.

Misalnya, seorang pengguna sangat menyukai e-commerce A dibanding Y. Dari data tersebut, kamu bisa memperhatikan tampilan UX ataupun UI dari e-commerce tersebut. Selanjutnya, kamu bisa mengadaptasi tampilan tersebut pada aplikasi atau website.

Mendorong Inovasi

Seperti yang diketahui, kumpulan data menyimpan banyak informasi penting dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Bila cerdik, perusahaan dapat menggunakan data tersebut untuk membuat sebuah inovasi baru.

Caranya yaitu dengan mempelajari hubungan antara lembaga, entitas, manusia, serta proses. Dari data tersebut, kamu bisa menentukan cara baru untuk membuat sebuah inovasi baru berdasarkan tren yang lebih banyak diminati oleh konsumen. 

Misalnya, dalam sebuah data ditemukan bahwa pelanggan saat ini lebih suka belanja menggunakan layanan kurir dan diantar langsung ke rumahnya. Maka, kamu juga bisa menyediakan layanan tersebut. 

Demikian informasi lengkap mengenai big data. Mulai dari pengertian, karakteristik, hingga manfaatnya bagi bisnis. Melihat dari informasi di atas, sudah sepatutnya perusahaan mulai memanfaatkan data tersebut untuk menjalankan bisnisnya. Tujuannya, agar bisnis bisa lebih unggul dibanding kompetitor.

Dalam hal ini, kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dengan mengikuti pelatihan data di Pasar Trainer. Pelatihan ini mencakup berbagai kebutuhan dalam dunia IT, mulai dari kumpulan data, data analytics, data science, dan masih banyak lagi.


Referensi

www.dicoding.com - Apa Itu Big Data
www.umn.ac.id - Big Data Pengertian Contoh dan Fungsinya
www.dewaweb.com - Big Data
www.binaracademy.com - Apa Itu Big Data

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.