Apa itu DISC Personality Test? Kenali Definisi, Manfaat, dan Tipe Kepribadiannya

Human Capital Sep 2, 2024

Menyatukan banyak karakter dalam sebuah perusahaan ada kalanya memang penuh dengan tantangan. Maka dari itu, DISC personality test memainkan peran penting untuk mengidentifikasi kepribadian anggota perusahaan. 

Tidak sedikit para human capital specialist menggunakan tes psikotes ini dalam proses rekrutmen karyawan baru. Tes kepribadian ini bisa dipakai untuk membaca kecenderungan pola perilaku seseorang ketika dihadapkan suatu masalah, kondisi lingkungan baru, dan lain sebagainya. Lantas, apa itu tes kepribadian DISC? Apa manfaatnya untuk perusahaan? 

Apa itu DISC Personality Test?

Ini adalah salah satu tes psikologi yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Selain MBTI, perusahaan menggunakan tes psikologi DISC untuk mengetahui karakter utama seseorang yang berkaitan dengan dominance, influence, submission, dan compliance

Singkatnya, karakter dominance menitikberatkan pada kepercayaan diri seseorang, influence berkaitan dengan kemampuan dalam mempengaruhi seseorang, submission berhubungan dengan kerja sama, dan compliance menandakan keahlian serta akurasi. 

Dari karakter-karakter tersebut, perusahaan bisa menetapkan kriteria tertentu untuk proses rekrutmen karyawan khususnya dalam membentuk sebuah tim. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari tes psikologi DISC ini?

Manfaat DISC Personality Test

Selain membantu proses rekrutmen secara umum, tes kepribadian DISC tentu memiliki segudang manfaat diantaranya yaitu: 

  • Mendapatkan informasi mengenai diri individu dari bagaimana cara menghadapi masalah hingga mengelola stres;
  • Mencari kecocokan antar tim sehingga meningkatkan hubungan tim;
  • Menyediakan pelayanan dan fasilitas kerja sama tim untuk menghindari konflik;
  • Mengelola tim dengan lebih baik dengan mengetahui prioritas anggota tim. 

Biasanya, tes ini memang bertujuan untuk mengetahui komposisi tim perusahaan terbaik melalui pemetaan kepribadian. Mengapa hal ini menjadi penting?

Dengan komposisi karakter yang tepat, sebuah tim bisa bekerja sama dengan lebih optimal dan sense of belonging mampu tumbuh dengan lebih baik. Hasilnya, kinerja perusahaan semakin maksimal. 

Percayalah, kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan adalah kerja sama tim dari orang-orang yang ada di baliknya. Tanpa ada kerja sama yang bagus, perusahaan akan kesulitan dalam mencapai tujuan bisnisnya. 

Di sisi lain, tes psikologi juga bisa digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi karyawan sekaligus menemukan gaya komunikasi yang tepat. 

Tipe-Tipe Kepribadian

Setelah memahami apa itu DISC personality test  beserta manfaatnya, mari kita pahami lebih lanjut mengenai tipe-tipe kepribadian. Penasaran?

Dominance 

Tipe yang pertama adalah karakter dominance. Seseorang yang terindikasi kepribadian ‘D’ biasanya memiliki sifat yang tegas, assertive, dan mandiri. Individu dengan karakter dominance juga memiliki tekad yang kuat dalam mencapai sesuatu. 

Dengan kata lain, sosok yang berkarakter ‘D’ sangatlah ambisius dalam bekerja. Gaya komunikasi individu dominance cukup straightforward, tidak bertele-tele, dan fokus pada inti pesan atau permasalahan. 

Tidak heran, jika karakter dominance seakan cenderung merasa lebih nyaman dan aman ketika harus dihadapkan dalam sebuah konflik. Akan tetapi, karakter ini juga cukup agresif dan enggan untuk melibatkan orang lain dalam permasalah mereka. 

Influence

DISC personality test mampu mendeteksi seberapa kuat kemampuan individu dalam mempengaruhi orang lain. Karakter ini dinamakan dengan influence. Orang dengan kepribadian ini seringkali terlihat cheerful, suka bersosialisasi, dan mudah akrab dengan orang lain. 

Individu dengan karakter ‘I’ juga senang untuk mengeksplorasi hal-hal baru dari lingkungan sosialnya. Tidak heran mereka selalu menjaga dan menghargai hubungan dengan orang lain. 

Namun, kepribadian ini juga memiliki kekurangannya yaitu sulit fokus karena terlalu senang berkomunikasi dengan orang lain, takut terhadap penolakan, dan lain sebagainya. 

Submission

Tipe kepribadian yang ketiga adalah submission. Karakter ‘S’ biasanya cukup tenang dan sabar ketika harus dihadapkan dengan masalah yang rumit. Sosok dengan kepribadian submission juga cenderung simpatik, menjaga kedamaian lingkungan, setia, dan konsisten. 

Akan tetapi, tipe karakter ini seringkali mengalami kesulitan untuk mengikuti perubahan dan menyampaikan keputusan yang berkaitan dengan konflik pribadi. Mereka lebih nyaman untuk menjaga perasaan orang lain sehingga cenderung menunda-nunda keputusan. 

Compliance

Tipe yang terakhir adalah compliance. Individu dengan karakter ini sering mengandalkan logika berpikir sebelum bertindak. Mereka juga sangat teliti dan perfeksionis dalam mengerjakan sebuah proyek. Tidak jarang, kita akan disebut sebagai analis jika memiliki kecenderungan kepribadian ini. 

Namun, sosok yang compliance biasanya kesulitan untuk mengambil keputusan secara cepat sebab membutuhkan waktu yang lama dalam mengumpulkan informasi. Mereka sering kali menghasilkan solusi yang kompleks untuk masalah sederhana. 

Itulah penjelasan mengenai DISC personality test yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan manajemen sumber daya perusahaan. Kenali Gaya Kepemimpinan dari Profil DISC melalui pelatihan PasarTainer. 

Pelatihan ini bisa bermanfaat untuk pembentukan tim sekaligus upaya untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Kita juga bisa menikmati berbagai Pelatihan Human Capital PasarTrainer yang bisa berguna untuk proses rekrutmen, pengembangan diri, dan lain sebagainya.


Referensi

nsd.co.id


kinobi.tech - Tes Kepribadian DISC


glints.com - Tipe-Tipe Kepribadian DISC

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.