Apa itu Fraud Detection Dan Mengapa Perusahaan Memerlukannya?

Technology Jul 21, 2023

Deteksi penipuan merupakan suatu proses identifikasi terhadap aktivitas atau upaya penipuan. Sistem deteksi diciptakan untuk mencegah terjadinya penipuan sekaligus untuk melindungi perusahaan dan para konsumen dari kerugian finansial yang dapat diakibatkan oleh aktivitas ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini pasartrainer.com bermaksud memberikan pemahaman tentang apa itu fraud detection dan mengapa itu penting bagi perusahaan modern.

Apa sih Fraud Itu?

Fraud adalah kegiatan menipu orang lain untuk mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu hal yang dapat berakibat fatal, yaitu kerugian finansial di masa kini ataupun di masa depan. Fraud sudah ada sejak jaman dulu, di mana orang-orang awam diarahkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mengakses ruang penyimpanan kemudian meletakkan barangnya di sana untuk kemudian diambil oleh sang penipu. Di era digital ini, kegiatan fraud dilakukan secara canggih dan dapat menipu jutaan manusia dalam satu waktu yang sama. Misalnya yaitu dengan memberikan tautan link untuk mengambil data pribadi para pengguna bahkan perusahaan, kemudian memanfaatkannya untuk menguras harta benda yang dimiliki mereka. Oleh karena itu, fraud detection adalah hal yang wajib diterapkan oleh perusahaan di era modern ini.

Apa itu Fraud Detection?

Fraud Detection adalah proses mengidentifikasi apakah suatu transaksi curang atau tidak. Ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti menganalisis perilaku pelanggan atau mencari pola dalam data yang mungkin mengindikasikan kasus penipuan.

Ada beberapa cara untuk mencegah fraud, seperti menggunakan analitik data untuk mengidentifikasi faktor risiko, menyiapkan sistem deteksi, atau melatih karyawan untuk mencari tanda-tanda pola penipuan. Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan, perusahaan dapat melindungi diri dari kerugian finansial dan rusaknya reputasi mereka.

Jenis-Jenis Fraud

Fraud detection adalah langkah awal untuk mendeteksi potensi penipuan. Namun, hal yang perlu diberlakukan pada sistem fraud detection adalah menanamkan konsep atau jenis-jenis fraud itu sendiri agar mudah dikenali.

1. Fraud Aplikasi

Penipuan aplikasi dapat menyebabkan kerugian lebih besar daripada uang. Keamanan data Anda sangat penting untuk reputasi dan keandalan perusahaan Anda. Penipu menggunakan metode penipuan aplikasi untuk menyamar sebagai identitas sintetik atau menyamar sebagai orang lain.

2. Fraud Pemesanan

Fraud pemesanan merupakan penipuan berkedok produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini, para pelaku akan menipu para korbannya dengan menampilkan berbagai produk atau jasa yang ditawarkannya secara profesional, bahkan tidak mencurigakan sama sekali. Namun ketika pembeli telah melakukan transfer sejumlah uang, produk tersebut tidak dikirim dan uang pembeli tidak dikembalikan.

3. Fraud Debit dan Kartu Kredit

Tahukah Anda bahwa Anda dapat terkena penipuan kartu bahkan jika kartu kredit Anda tidak dicuri? Kartu kredit memiliki kelemahan keamanan mudah diakses oleh penipu. Anda harus lebih cepat dari penipu untuk mendeteksi jika kartu Anda memiliki kelemahan keamanan. Anda harus memantau transaksi kartu secara real-time untuk mencegah penipuan kartu.

4. Fraud Internet

Ini adalah salah satu jenis fraud yang paling umum. Salah satu cara perlindungan penipuan internet yang paling efektif adalah menjaga perangkat lunak di komputer dan perangkat seluler Anda tetap mutakhir. Selain itu, Anda harus waspada terhadap email dari sumber yang tidak terpercaya. Anda tidak boleh mengklik tautan atau mengunduh lampiran dalam email dari sumber yang tidak dikenal.

5. Fraud Surat

Itu adalah penipuan untuk mendapatkan uang atau informasi pribadi dari seseorang melalui surat, mencuri email seseorang, dan mengumpulkan uang atau barang. Saat memeriksa email Anda, pastikan email tersebut berasal dari alamat email perusahaan, jangan mengklik tautan di email yang tidak berasal dari sumber terpercaya, jangan mengunduh lampiran dan jangan memberikan informasi-informasi pribadi pada seseorang yang tidak Anda kenal.

6. Fraud Promosi

Promosi adalah alat yang sangat baik untuk membuat pelanggan Anda senang dan mendapatkan pelanggan baru. Penyalahgunaan promosi adalah jenis penipuan online yang melibatkan pelanggan yang memanfaatkan penawaran bisnis. Untuk tidak membiarkan siapapun menyalahgunakan promosi dan diskon Anda, Anda dapat memberikan promosi khusus untuk user ID dan IP.

Rekomendasi Fitur Deteksi & Pencegahan Fraud

Adapun pencegahan fraud dan fitur-fitur fraud detection adalah sebagai berikut:

1. Sistem Aturan yang Dapat Disesuaikan

Platform manajemen penipuan seperti SEON menawarkan kemampuan penyesuaian yang lengkap, di atas solusi pembelajaran mesin blackbox dan whitebox yang menyesuaikan aturan risiko agar sesuai dengan perusahaan Anda secara khusus.

2. Pembelajaran Mesin Whitebox dan Blackbox

Fraud detection adalah tentang menggunakan data bisnis Anda sendiri untuk menyarankan aturan risiko yang tepat. Keakuratan aturan ini meningkat seiring waktu, yang menjadikannya alat yang efektif melawan serangan. Solusi Blackbox melihat poin-poin yang terlalu terperinci untuk dapat ditafsirkan secara konsisten oleh anggota tim penipuan manusia. Sedangkan solusi whitebox akan melakukan yang terbaik untuk memberikan penjelasan yang jelas dalam bentuk pohon keputusan atau penjelasan yang dapat dibaca manusia, yang dapat berguna saat melaporkan mengapa transaksi ditolak atau tidak.

3. Perlindungan dan Kepatuhan Data

Dalam dunia penipuan, pencegahan didasarkan pada pengumpulan data. Dan seperti yang kita ketahui, ini adalah praktik yang semakin mendapat sorotan dari lembaga pemerintah, terutama karena skandal keuangan dan kebangkrutan menggoyahkan kepercayaan konsumen dan menciptakan riak ekonomi.

4. Pengalaman Pengguna

Salah satu fitur solusi pencegahan penipuan yang sering diabaikan yaitu kemudahan penggunaan. Sementara itu fraud detection adalah fitur yang memerlukan masukan yang banyak dari para korban ataupun orang-orang yang memiliki pengalaman fraud.

5. Memantau KPI dan KRI (Indikator Risiko Utama)

Alat fraud detection tentu harus bisa memberikan laporan dan analitik yang cukup bagi tim Anda untuk memantau efisiensinya. Solusi paling kuat juga akan membantu Anda mengembangkan wawasan tentang data Anda sendiri dengan proses yang dibantu pembelajaran mesin. Kemanjuran proses manual, akurasi deteksi, dan ROI adalah semua metrik yang harus Anda lacak untuk mengoptimalkan dan jumlah alur kerja bisnis yang bergerak maju.

6. Integrasi dan Dukungan

Adalah pemahaman yang jelas tentang bagaimana solusi penipuan yang Anda pilih akan berintegrasi dengan platform Anda dapat menghemat waktu berjam-jam dari kesulitan teknis yang mahal.

7. Model Penetapan Harga

Model penetapan harga yang masuk akal sama pentingnya dengan fitur perangkat lunak. Penetapan harga yang dimaksud yaitu dengan menerapkan harga wajar agar sistem fraud detection dapat mengeliminasi produk-produk yang dipasarkan dengan harga yang tidak wajar.

Referensi

Formica. (2022). Introduction to Fraud Detection: Everything You Should Know. Diakses pada 11 Juli 2023 dari: https://www.formica.ai/blog/introduction-to-fraud-detection

Fraud.com. (2023). What is Fraud Detection And Why Is It Needed? Diakses pada 11 Juli 2023 dari: https://www.fraud.com/post/fraud-detection

Kadar, T. (2023). Fraud Detection & Prevention: How to Do It, Types and Solutions. SEON. Diakses pada 11 Juli 2023 dari:

https://seon.io/resources/fraud-detection-and-prevention/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.